Penyebab Pompa Air Jet Pump Tidak Keluar Air

Jika sebelumnya saya diskusikan pompa 9 m kali ini saya coba diskusikan pompa air jet pump. Pompa air jet pump memiliki 2 pipa yang mesti masuk ke sumur. 2 pipa ini berfungsi untuk sirkulasi air, pada ujung pipa terdapat mata jet. Alat ini yg menghasilkan sirkulasi sambil menghisap air makanya kalo alat ini buntu/tersumbat tidak dapat menghisap air. 

Selain mata jet yg tersumbat setelan stop kran atau ball valve juga bisa menyebabkan air tidak keluar alasannya merupakan jikalau ball valve di buka full maka tekanan untuk sirkulasi menjadi lemah kecuali pada sumur yg memiliki permukaan dangkal, walaupun di buka full tetap mengeluarkan air alasannya merupakan intinya jikalau pompa jetpump ini jikalau mengunakan 1 pipa bisa menghisap air pada kedalaman  optimal 9 m. langkah permulaan yg mesti dilakukan jikalau pompa jet pump tidak dapat hisap:

- Buka tabung preasure tank atau dop (jika tidak menggunakan tanki) kemudian lihat disitu terdapat air atau tidak, jikalau tidak ada air kemungkinan pipa hisap atau tozen klep bocor. Cobalah untuk mengisi air pancingan jikalau memerlukan banyak air kemungkinan kerusakan pada tozen klep. Itu mempunyai arti pipa mesti diangkat agar bisa mengubah tozen klep.

- Periksa ball valve jikalau terbuka full coba agak ditutup dan liat apakah airnya naik atau tutup full dahulu dan liat preasurnya naik atau tidak jikalau tidak naik dilema bukan dari situ

- Periksa mesin pompa khususnya putaran dynamo kemudian panasnya wajar atau tidak jikalau panasnya tidak wajar mempunyai arti kerusakan ada pada dynamo.

- Setelah mengusut dynamo periksa impeller kemungkinan impeller pecah atau buntu sekalian cek sealnya. Karena  jika sealnya bocor jg bisa menyebabkan pompa tidak dapat hisap air.

- Jika semua langkah diatas sudah di chek dan kesudahannya cantik semua bisa kita simpulkan dilema ada pada mata jet yg tersumbat atau saringan tozen klep kotor. Jika dilema ini terjadi mau nggak mau pipa yg ada di dlm sumur mesti diangkat untuk kemudian mata jet di bersihkan, sekalian cek tozen klep dan saringanya.

- Jangan lupa juga untuk mengukur permukaan air alasannya merupakan jikalau permukaan airnya terlalu dalam walaupun menggunakan pompa jetpump air tidak akan keluar. Meskipun menggunakan pompa dg daya hisap 30 meter bahwasanya pompa itu tidak dapat menghisap air hingga kedalaman 30 m. bayangkan aja jikalau pada permukaan 15 meter cuma 1 kran keluar air maka  semakin kedalam kian kecil air yg keluar.

 Berikut ini bagan sirkukasi pada mata jet:



Sumbatan bisanya terletak pada nozle mata jet untuk membersihkanya pipa dan venturinya mesti di buka. siram dg air higienis hingga tidak ada benda yg menyumbat nozle mata jet. 


Demikian warta yang sanggup kami sampaikan tentang penyebab permasalahan pompa air jet pump tidak keluar air. Ada baiknya permasalahan ini dilakukan oleh Vendor yang memang terlatih di bidangnya tetapi tidak ada salahnya bila anda ingin menjajal nya sendiri tetapi kesalahan (error) tidak menjadi tanggung jawab kami. Dan tidak ada salahnya bila ini sanggup menjadi wawasan kita. Sekian. Terimakasih.