Pompa Air 9 Meter Tidak Mau Menghisap Air

Pada demam isu kemarau seumpama ini banyak keluhanan pompa air tidak bisa ngangkat air. Ini disebabkan lantaran turunnya permukaan air yang melampaui batas kekuatan hisap pompa. Hal pertama yang mesti ditangani untuk menentukan penyebabnya yaitu mengukur permukaan air sumur. 

Cara mengukur permukaan air di dlm sumur ini cukup mudah. Pertama siapkan tali kemudian ikat dg sesuatu benda umpamanya batu. Lalu masukan  kedalam sumur hingga terdengar bunyi air yg disebabkan benda yg kita ikat jatuh dlm air. 

Kemudian Tarik keatas talinya sambil diukur. Jika hasil pengukuran ternyata diatas 9 meter itu memiliki arti mesti diganti dg pompa air jet pump atau menanti demam isu hujan turun Heheh,, ya nggak mandi-mandi klo nunggu demam isu penghujan tiba. 

Soalnya acap kali walaupun sudah demam isu penghujan bukan jaminan permukaan air akan naik seumpama sebelumnya. Tapi bila setelah diukur permukaannya masih 6 atau 7 meter memiliki arti bukan dari permukaan air penyebab pompa tidak bisa menghisap air. 

Penyebab lain selain permukaan air dapat dari tozen klep bocor atau saringan tozen klep kotor lantaran karatan. Periksa juga mesin pompanya lantaran dapat jadi dynamonya sudah lemah,  impeller atau sealnya aus. Jika tidak bisa melakukan sendiri lebih baik panggil tukang servis atau di bawa ke bengkel pompa air.