Pompa Dinamik dan pembagiannya

Pompa Dinamik

Dynamic pump atau pompa dinamik terbagi menjadi berbagai macam yakni pompa sentrifugal dan pompa aksial. Pompa-pompa ini beroperasi dengan menciptakan kecepatan fluida tinggi dan mengkonversi kecepatan menjadi tekanan lewat pergantian penampang anutan fluida. Jenis pompa ini lazimnya juga memiliki efisiensi yang lebih rendah ketimbang tipe positive displacement pump, tapi memiliki ongkos yang lebih rendah untuk perawatannya. Pompa dinamik juga sanggup beroperasi pada kecepatan yang tinggi dan debit anutan yang juga tinggi.

1. Pompa Sentrifugal


Sebuah pompa sentrifugal tersusun atas suatu impeler dan susukan inlet di tengah-tengahnya. Dengan konsep ini maka pada di saat impeler berputar, fluida mengalir menuju casing di sekitar impeler selaku jawaban dari gaya sentrifugal. Casing ini berfungsi untuk menurunkan kecepatan anutan fluida sementara kecepatan putar impeler tetap tinggi. Kecepatan fluida dikonversikan menjadi tekanan oleh casingsehingga fluida sanggup menuju titik outletnya. Beberapa laba dari penggunaan pompa sentrifugal yakni anutan yang halus (smooth) di dalam pompa dan tekanan yang seragam pada discharge pompa, ongkos rendah, serta sanggup melakukan pekerjaan pada kecepatan yang tinggi sehingga pada aplikasi berikutnya sanggup dikoneksikan langung dengan turbin uap dan motor elektrik. Penggunaan pompa sentrifugal di dunia meraih angka 80% alasannya merupakan penggunaannya yang sesuai untuk menangani jumlah fluida yang besar ketimbang pompa positive-displacement.

Pompa Sentrifugal
contoh pompa centrifugal merupakan EBARA type FS

2. Pompa Aksial

Pompa aksial juga disebut dengan pompa propeler. Pompa ini menciptakan sebagian besar tekanan dari propeler dan gaya liftingdari sudu kepada fluida. Pompa ini banyak dipakai di metode drainase dan irigasi. Pompa aksial vertikal single-stage lebih lazim digunakan, akan tapi kadang pompa aksial two-stage (dua stage) lebih ekonomis penerapannya. Pompa aksial horisontal dipakai untuk debit anutan fluida yang besar dengan tekanan yang kecil dan lazimnya melibatkan pengaruh sifon dalam alirannya.

Pompa Aksial
contoh pompa axial merupakan ebara type CN