Apa Itu Dioda Zener Breakdown Dan Avalanche Breakdown Dan Perbedaannya

Dioda Breakdown sanggup didefinisikan sebagai; itu yakni komponen listrik dua terminal, dan terminal yakni anoda serta katoda. Ada berbagai jenis dioda yang tersedia di pasaran yang dibentuk dengan objek semikonduktor yakni Si (Silicon) & Ge (Germanium).

Fungsi dasar dari Dioda adalah, memungkinkan fatwa arus cuma dalam satu arah dan blok dalam arah sebaliknya. Breakdown (Gangguan) listrik sanggup terjadi untuk materi apa pun menyerupai konduktor, logam, isolator; semikonduktor alasannya yakni dua jenis insiden menyerupai Zener serta Avalanche.

Perbedaan utama antara keduanya yakni terjadinya mekanismenya alasannya yakni medan listrik yang tinggi dan tumbukan elektron yang mengalir oleh atom. Kedua Breakdown sanggup terjadi secara bersamaan. Artikel ini menampilkan pemahaman wacana perbedaan antara Zener Breakdown serta avalanche breakdown.

Apa itu Dioda Zener breakdown dan Avalanche breakdown?

Konsep Zener Breakdown dan Avalanche Breakdown utamanya meliputi tinjauan lazim wacana dioda Zener, Zener Breakdown, dioda Avalanche, Avalanche Breakdown, dan perbedaan utamanya.

Apa itu Dioda Zener?

Dioda Zener sanggup didefinisikan sebagai; itu yakni jenis dioda khusus dikala kita bandingkan dengan dioda lain. Aliran arus pada dioda ini akan berada di arah maju atau di arah sebaliknya. Dioda Zener meliputi individu dan didoping junction-PN, yang dimaksudkan untuk melakukan dalam arah bias terbalik dikala tegangan tertentu tercapai.

Dioda ini berisi tegangan breakdown terbalik untuk konduksi arus serta operasi kontinu dalam mode bias balik tanpa dihancurkan. Selain itu, penurunan tegangan pada dioda akan tetap stabil pada rentang tegangan yang luas, dan salah satu karakteristik utama akan menciptakan dioda ini cocok untuk digunakan dalam pengaturan tegangan.

Silakan merujuk tautan untuk mengenali lebih lanjut wacana Prinsip Kerja dan Aplikasi Dioda Zener.

Dioda Breakdown sanggup didefinisikan selaku  Apa itu Dioda Zener Breakdown dan Avalanche Breakdown dan Perbedaannya

Apa itu Zener Breakdown?

Zener Breakdown utamanya terjadi alasannya yakni medan listrik yang tinggi. Ketika medan listrik tinggi dipraktekkan melintasi dioda persimpangan PN, maka elektron mulai mengalir melintasi persimpangan PN. Akibatnya, perluas arus kecil dalam bias terbalik.

Ketika elektron bergerak meningkat melampaui kapasitas pengenal dioda, maka avalanche breakdown akan terjadi untuk memecah persimpangan. Oleh alasannya yakni itu, fatwa arus di dioda tidak lengkap dioda tidak akan menghancurkan persimpangan PN. Namun, avalanche akan menghancurkan persimpangan.

Apa itu Dioda Avalanche?

Dioda avalanche dimaksudkan untuk mengalami Breakdown pada tegangan bias balik tertentu. Persimpangan (junction) dioda ini utamanya dirancang untuk menyingkir dari fokus arus sehingga dioda tidak akan rusak dengan Breakdown.

Dioda avalanche digunakan selaku katup penunjang untuk mengontrol tekanan metode untuk menyelamatkan dari tegangan lebih. Simbol dioda ini, serta dioda Zener, serupa.

Silakan merujuk tautan untuk mengenali lebih lanjut wacana Konstruksi dan Cara Kerja dioda Avalanche

Dioda Breakdown sanggup didefinisikan selaku  Apa itu Dioda Zener Breakdown dan Avalanche Breakdown dan Perbedaannya

Apa itu Avalanche Breakdown?

Avalanche breakdown terjadi alasannya yakni arus saturasi dalam bias terbalik. Makara dikala kita memperbesar tegangan balik, maka medan listrik akan otomatis bertambah. Jika tegangan balik dan lebar lapisan penipisan yakni Va & d, maka medan listrik yang dihasilkan sanggup diukur menggunakan rumus Ea = Va / d.

Mekanisme ini akan terjadi di persimpangan PN yang didoping ringan di mana area penipisan agak luas. Kepadatan doping mengendalikan tegangan tembus. Koefisien temperatur metode avalanche meningkat, maka koefisien temperatur besarnya akan meningkat dengan naiknya tegangan tembus.

Perbedaan antara Zener dan Avalanche breakdown

  • Perbedaan antara Zener dan avalanche tergolong yang berikut ini.
  • Rincian Zener sanggup didefinisikan selaku fatwa elektron melintasi penghalang material jenis pita valensi ke pita konduksi materi tipe-n yang diisi secara merata.
  • Breakdown akhir avalanche yakni terjadinya kenaikan fatwa arus listrik atau elektron dalam materi isolasi atau semikonduktor dengan menampilkan tegangan tinggi.
  • Daerah penipisan Zener tipis sedangkan avalanche tebal.
  • Koneksi Zener tidak-menghancurkan sedangkan avalanche hancur.
  • Medan listrik Zener mempunyai efek sedangkan avalanche lemah.
  • Pemecahan Zener menciptakan elektron sedangkan avalanche menciptakan lubang (holes) serta elektron.
Dioda Breakdown sanggup didefinisikan selaku  Apa itu Dioda Zener Breakdown dan Avalanche Breakdown dan Perbedaannya
  • Doping Zener berat sedangkan Avalanche rendah.
  • Potensi kebalikan dari Zener rendah sedangkan Avalanche tinggi.
  • Koefisien suhu Zener yakni negatif sedangkan Avalanche positif.
  • Ionisasi Zener yakni alasannya yakni medan listrik sedangkan Avalanche yakni tabrakan.
  • Koefisien suhu Zener yakni negatif sedangkan Avalanchenya positif.
  • Tegangan breakdown (Vz) dari Zener berbanding terbalik dengan suhu (berkisar dari 5v sampai 8v) sedangkan Avalanche berbanding lurus dengan suhu (Vz> 8V).
  • Setelah Zener Breakdown yakni tegangan tetap konstan sedangkan Avalanche yakni tegangan bervariasi.
  • Kurva karakteristik V-I Zener breakdown mempunyai yang tajam sedangkan Avalanche tidak mempunyai kurva yang tajam.
  • Tegangan breakdown dari Zener menyusut dikala suhu meningkat sedangkan Avalanche meningkat dikala suhu meningkat.
Jadi, ini semua wacana Zener Breakdown dan Avalanche Breakdown. Dari isu di atas akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa secara lazim ada dua gangguan yang berlainan yang dibedakan menurut fokus bias doping di persimpangan atau junction-PN.

Setiap kali persimpangan PN didoping sungguh tinggi maka pemecahan Zener akan terjadi sedangkan avalanche breakdown akan terjadi alasannya yakni persimpangan PN yang didoping ringan.