Apa Itu Generator Ac: Konstruksi & Prinsip Kerjanya

Generator AC yaitu perangkat yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik bolak-balik untuk penggunaan yang tepat. Berdasarkan jenis input dayanya, ada dua jenis generator - generator AC dan generator DC. Slip ring digunakan pada generator AC untuk menciptakan arus bolak-balik, sedangkan arus searah digunakan pada generator DC.

Generator AC digunakan pada pembangkit listrik, skuter listrik, bahtera layar, sepeda, dan lain sebagainya. Input ke generator AC lazimnya energi mekanik yang disuplai oleh turbin uap dan gas & mesin pembakaran internal. Generator AC mempunyai kegunaan dalam turbin angin, pembangkit listrik tenaga air kecil, atau dalam meminimalisir fatwa gas bertekanan tinggi ke tekanan rendah.

Apa itu Generator AC?

Definisi: Generator AC yaitu mesin yang merubah energi mekanik menjadi energi listrik dalam bentuk ggl alternatif. Generator AC sederhana melakukan pekerjaan menurut prinsip Hukum Faraday Induksi Elektromagnetik. Ia memiliki gulungan kawat yang berputar dalam medan magnet.

Prinsip Kerja Generator AC

Prinsip kerja generator AC biasa disebut selaku alternator yang melakukan pekerjaan menurut prinsip Hukum Faraday Induksi Elektromagnetik. Pergerakan konduktor dalam medan magnet yang seragam merubah fluks magnet yang dihubungkan dengan kumparan, sehingga memunculkan ggl.

Stator yaitu komponen stasioner yang secara efisien menahan belitan dinamo. Tujuan belitan jangkar yaitu untuk menenteng arus ke beban dan beban sanggup berupa perlengkapan eksternal yang memakan daya listrik. Ini berisikan tiga bab utama:

  • Rangka Stator - Ini yaitu rangka luar yang digunakan untuk menahan inti stator serta belitan angker.
  • Inti Stator - Dilaminasi dengan baja atau besi untuk meminimalisir kehilangan arus eddy. Slot dibentuk di bab interior inti untuk menahan gulungan angker.
  • Gulungan angker - Gulungan mengerikan dililitkan pada slot inti angker.

Rotor

Rotor yaitu bab yang berputar dari generator AC. Ini berisikan belitan medan magnet. Supply DC digunakan untuk memagnetisasi kutub magnet. Setiap ujung belitan medan magnet dipasang pada cincin selip. Kombinasi ini terhubung ke poros biasa wilayah rotor berputar. Dua jenis rotor tersebut yaitu rotor kutub yang menonjol dan rotor kutub silinder.

Rotor Kutub Salient

Jenis rotor kutub yang menonjol (salient) ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Dalam jenis rotor ini, jumlah kutub yang diproyeksikan, yang dipahami selaku kutub yang menonjol dengan basisnya disematkan ke rotor sanggup diamati. Mereka digunakan dalam aplikasi kecepatan rendah dan menengah.

generator DC, arus listrik mengalir dalam satu arah.

2). Apakah alternator kendaraan beroda empat memiliki AC atau DC?

Terutama, arus AC dihasilkan dalam dinamo berputar dan menggunakan komutator dan sikat untuk menggantinya menjadi DC.

3). Prinsip kerja generator AC yang mana?

Ia melakukan pekerjaan menurut prinsip Hukum Faraday mengenai Induksi Elektromagnetik.

4). Sebutkan jenis Generator AC.

Generator AC Sinkron dan Asinkron

5). Apakah baterai AC atau DC?

Baterai yaitu DC alasannya yaitu mengalirkan arus cuma dalam satu arah.

Pada postingan kali ini kita membahas mengenai generator AC dan prinsip kerjanya. Pembaca sanggup mendapatkan pengetahuan mengenai Generator AC, jenis, konstruksi, dan aplikasi.