Apa Itu Inverter Panel Surya Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Di tata cara panel surya mana pun, inverter memainkan tugas penting seumpama otak. Fungsi utama dari ini yakni untuk merubah daya DC menjadi daya AC yang dihasilkan dari susunan panel surya. Ini memungkinkan untuk mengawasi tata cara sehingga operator tata cara ini sanggup mengamati bagaimana tata cara ini bekerja.

Jika Anda memikirkan tata cara panel surya untuk rumah Anda, salah satu keputusan utama yang Anda buat yakni jenis inverter yang hendak dipasang. Inverter merubah energi arus searah (DC) yang dihasilkan dari panel surya menjadi energi arus bolak-balik (AC) yang sanggup dipakai untuk perlengkapan di rumah.

Setelah panel itu sendiri, inverter yakni perlengkapan paling penting dalam tata cara tenaga surya. Inverter memamerkan pemberitahuan analitik untuk menolong mengidentifikasi operasi & pemeliharaan untuk memperbaiki duduk permasalahan sistem. Artikel ini membahas citra lazim inverter dalam panel surya.

Apa itu Inverter dalam Panel Surya?

Definisi: Solar inverter sanggup didefinisikan selaku konverter listrik yang merubah keluaran DC (arus searah) yang tidak rata dari panel surya menjadi AC (arus bolak-balik). Arus ini sanggup dipakai untuk banyak sekali aplikasi seumpama di jaringan listrik yang patut atau jaringan listrik di luar jaringan.

Dalam tata cara PV, ini yakni komponen BOS (keseimbangan sistem) berbahaya yang memungkinkan penggunaan perlengkapan bertenaga AC normal. Inverter ini mempunyai beberapa fungsi dengan susunan PV seumpama pelacakan PowerPoint terbaik & proteksi anti-pulau. Jika kita menggunakan tata surya untuk rumah, penyeleksian & pemasangan inverter itu penting. Jadi, inverter yakni perangkat penting dalam tata cara tenaga surya.

IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistors). Ketika perangkat solid-state ini dihubungkan dalam bentuk H-Bridge, maka solid-state akan berosilasi dari daya DC ke daya AC.

 inverter memainkan tugas penting seumpama otak  Apa itu Inverter Panel Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Trafo step-up dipakai sehingga daya AC sanggup diperoleh & sanggup diumpankan ke jaringan. Beberapa pengembang sudah mulai menciptakan inverter tanpa trafo yang mempunyai efisiensi tinggi dibandingkan inverter dengan trafo.

Pada tata cara inverter panel surya apa pun, mikrokontroler yang sudah diprogram dipakai untuk melakukan algoritma yang berlainan dengan tepat. Pengontrol ini memajukan daya keluaran dari panel surya dengan sumbangan algoritma MPPT (Maximum Power Point Tracking).

Jenis Inverter Surya

Klasifikasi inverter surya sanggup ditangani menurut aplikasi yang meliputi berikut ini.

 inverter memainkan tugas penting seumpama otak  Apa itu Inverter Panel Surya dan Bagaimana Cara Kerjanya?

String Inverter

Panel surya jenis ini disusun dalam bentuk string dan banyak string yang disatukan menjadi satu string inverter. Setiap string memegang daya DC di mana ia diubah menjadi daya AC yang dipakai seumpama listrik.

Berdasarkan ukuran pemasangan, Anda mungkin mempunyai banyak inverter string di mana setiap string mendapat daya DC dari beberapa string. Inverter ini cantik untuk instalasi di mana panel disusun pada satu bidang untuk menyingkir dari menghadap ke arah yang berbeda.

Inverter string juga sanggup dipakai dengan pengoptimal daya lantaran ialah elektro daya tingkat modul yang dipasang pada tingkat modul, akibatnya, setiap panel surya memilikinya.

Produsen panel surya menggunakan pengoptimal daya dengan perangkatnya & memasarkan selaku salah satu penyelesaian yang disebut modul pandai sehingga pemasangan sanggup lebih mudah.

Pengoptimal daya memamerkan banyak faedah seumpama microinverter, tetapi lebih murah. Makara ini sanggup menjadi opsi yang bagus di antara menggunakan inverter seumpama inverter string atau mikro inverter.

Central Inverter

Ini terkait dengan inverter string tetapi lebih besar & mendukung string pelengkap panel surya. Daripada melakukan string secara terbuka ke inverter, string tersebut digabungkan bareng dalam kotak penggabung lazim sehingga daya DC mengalir ke arah inverter tengah di mana pun ia diubah menjadi daya AC.

Inverter ini memerlukan koneksi komponen yang tidak perlu, namun, mereka memerlukan ganjal serta kotak penggabung lantaran cocok untuk instalasi besar lewat bikinan yang luar biasa di seluruh larik.

Kisaran inverter ini mulai dari MW sampai ratusan KW dan mereka menanggulangi sampai 500kW untuk setiap area. Ini tidak dipakai di rumah tetapi dipakai secara lazim untuk instalasi komersial besar & pembangkit listrik tenaga surya skala utilitas.

Microinverter

Inverter ini yakni opsi yang bagus untuk tujuan komersial maupun residensial. Sama seumpama pengoptimal daya, ini juga elektronik tingkat modul lantaran satu inverter dipasang di setiap panel. Microinverter merubah daya dari DC ke AC sempurna di panel, sehingga tidak memerlukan inverter tipe string.

Juga, lantaran konversi level panel, jikalau kinerja panel diarsir maka panel sisa tidak akan terlihat. Inverter ini mengawasi fungsi setiap panel, sedangkan inverter string menggambarkan langkah-langkah setiap string untuk menciptakan inverter cantik dalam pemasangan.

Dengan menggunakan inverter ini, ada banyak faedah lantaran mereka mengoptimalkan setiap panel surya secara mandiri. Ini memancarkan lebih banyak energi utamanya jikalau Anda mempunyai suasana naungan yang tidak lengkap.

Inverter berbasis baterai

Pertumbuhan inverter berbasis baterai meningkat dari hari ke hari. Ini searah dan meliputi inverter & pengisi daya baterai. Pengoperasian ini sanggup ditangani dengan sumbangan baterai. Inverter ini terpisah dengan grid-terikat, grid-interactive, dan off-grid, menurut desain & rating UL.

Manfaat utama dari ini adalah, mereka memamerkan operasi tanpa henti untuk beban kritis menurut keadaan jaringan. Dalam semua kejadian, inverter ini menanggulangi daya antara grid & array di saat mengisi baterai, dan mereka mengawasi status baterai & mengontrol bagaimana mereka diisi.

Inverter Hibrid

Inverter ini juga dimengerti selaku inverter multi-mode dan memungkinkan baterai dicolokkan ke tata cara tenaga surya. Ini menghubungkan baterai lewat metode yang dimengerti selaku kopling DC. Elektronik menertibkan pengisian & pemakaian baterai. Makara ada opsi yang cukup lengkap pada inverter ini.

Kelebihan Inverter panel Surya

Manfaat utama inverter surya meliputi yang berikut ini.

  • Energi matahari mengurangi dampak rumah beling serta pergeseran cuaca yang tidak normal.
  • Dengan menggunakan produk tenaga matahari, kita sanggup meminimalisir duit dengan mengurangi tagihan listrik
  • Solar inverter dipakai untuk merubah DC ke AC dan ini yakni sumber energi yang sanggup diandalkan.
  • Inverter ini mempekerjakan usaha kecil dengan mengurangi keperluan & keperluan energi mereka.
  • Ini yakni perangkat multifungsi lantaran sudah diprogram sebelumnya untuk merubah DC ke AC yang menolong pelanggan energi besar.
  • Mudah dikontrol & lebih patut daripada generator.
  • Perawatannya gampang lantaran berfungsi dengan baik bahkan dengan perawatan biasa.

Kekurangan Solar Inverter

Kelemahan utama inverter surya meliputi yang berikut ini.

  • Jenis inverter ini mahal untuk dibeli.
  • Sinar matahari diperlukan untuk menciptakan listrik yang cukup.
  • Ini memerlukan ruang yang besar untuk instalasi.
  • Ini memerlukan baterai untuk melakukan pekerjaan di malam hari untuk menawarkan listrik yang patut untuk rumah, komersial, dll.

Pertanyaan

1). Berapa usang inverter panel surya sanggup bertahan?

Umur inverter surya berkisar antara 10 sampai 20 tahun

2). Apakah panel surya AC atau DC?

Panel surya menciptakan DC

3). Bisakah saya menggunakan panel surya tanpa baterai?

Bisa, itu tidak diharuskan untuk semua orang

4). Bagaimana Anda menertibkan ulang inverter surya?

Dengan menggugah dan mematikan inverter selama 30 menit

5). Apa hal terbaik untuk membersihkan panel surya?

Cara terbaik untuk membersihkan panel surya yakni dengan menggunakan pipa & baskom berisi air sabun.

Jadi, ini semua wacana cara kerja inverter surya. Ini yakni perangkat listrik, dipakai untuk merubah DC ke AC di mana DC dihasilkan dari panel surya. Ini mengontrol tegangan tata surya untuk meraih daya optimal yang tersedia yang dimengerti selaku MPPT (pelacakan titik daya maksimum). Makara MPPT ini melaporkan tata cara kerja & kinerja dengan sumbangan fungsi bawaan seumpama Bluetooth, layar, atau internet.