Apa Itu Penguat Umpan Balik (Feedback Amplifier): Jenis, Karakteristik, Dan Aplikasi

Sebuah rangkaian penguat (amplifier) cuma digunakan untuk memajukan kekuatan sinyal. Meskipun dikala memperkuat, kekuatan sinyal input sanggup ditingkatkan apakah itu tergolong isu atau isu dengan kegaduhan atau noise.

Kebisingan ini sanggup dimasukkan ke dalam penguat alasannya yaitu kecenderungan kuatnya jikalau tidak, medan magnet dan listrik juga tersesat. Dengan demikian, setiap penguat gain tinggi bertanggung jawab dalam outputnya untuk menampilkan noise bareng dengan sinyal, yang sungguh diperlukan.

Dalam rangkaian penguat, tingkat kegaduhan akan menyusut secara signifikan dengan pinjaman umpan balik negatif dengan memperkenalkan fraksi output dalam oposisi fase kepada sinyal input. Artikel ini membahas pemahaman wacana apa yang ialah penguat umpan balik, jenis, dan topologi.

Apa itu Penguat Umpan Balik?

Penguat umpan balik sanggup didefinisikan selaku penguat yang memiliki umpan balik jalur yang ada antara output daya input. Dalam penguat jenis ini, umpan balik yaitu batas-batas yang mengkalkulasikan jumlah umpan balik yang diberikan dalam penguat berikut. Faktor umpan balik yaitu rasio sinyal umpan balik dan sinyal input.

 cuma digunakan untuk memajukan kekuatan sinyal Apa itu Penguat Umpan Balik (Feedback Amplifier): Jenis, Karakteristik, dan Aplikasi

Jenis Penguat Umpan Balik

Prosedur memperkenalkan beberapa perangkat fraksi energi output kembali ke input daya disebut selaku Umpan Balik. Ini utamanya digunakan untuk meminimalisir kegaduhan serta menciptakan operasi penguat konstan. Penguat ini sanggup diklasifikasikan menjadi dua jenis menurut pada sinyal umpan balik menolong menyerupai penguat umpan balik aktual & negatif.

 cuma digunakan untuk memajukan kekuatan sinyal Apa itu Penguat Umpan Balik (Feedback Amplifier): Jenis, Karakteristik, dan Aplikasi

Penguat Umpan Balik Positif

Umpan balik aktual sanggup didefinisikan selaku di saat arus umpan balik jikalau tegangan dipraktekkan untuk memajukan tegangan input daya, maka itu dinamakan umpan balik positif. Umpan balik pribadi yaitu nama lain dari umpan balik aktual ini.

Karena umpan balik aktual menciptakan distorsi yang tidak perlu; itu tidak sering digunakan dalam penguat. Tapi, itu memperkuat kekuatan sinyal orisinil dan sanggup digunakan dalam rangkaian Osilator.

Penguat Umpan Balik Negatif

Umpan balik negatif sanggup didefinisikan selaku jikalau arus umpan balik jikalau tegangan sanggup dipraktekkan untuk meminimalisir penguat input daya, maka itu disebut umpan balik negatif. Umpan balik inverse yaitu nama lain dari umpan balik negatif ini. Umpan balik seperti ini secara terencana digunakan dalam rangkaian penguat.

Topologi Penguat Umpan Balik

Ada empat topologi penguat dasar untuk menghubungkan sinyal umpan balik. Baik arus maupun tegangan sanggup menjadi umpan balik ke input dalam seri jikalau tidak secara paralel.

 cuma digunakan untuk memajukan kekuatan sinyal Apa itu Penguat Umpan Balik (Feedback Amplifier): Jenis, Karakteristik, dan Aplikasi
  • Penguat Umpan Balik Tegangan Seri
  • Penguat Umpan Balik Tegangan Shunt
  • Penguat Umpan Balik Arus Seri
  • Penguat Umpan Balik Arus Shunt

Penguat Umpan Balik Tegangan Seri

Dalam tipe rangkaian ini, sebagian dari tegangan output daya sanggup dipraktekkan ke tegangan input secara seri lewat rangkaian umpan balik. Diagram blok dari penguat umpan balik tegangan seri ditunjukkan di bawah ini, yang menampilkan bahwa rangkaian umpan balik terletak di shunt lewat output walaupun seri lewat input.

Ketika rangkaian umpan balik dihubungkan secara shunt lewat output, maka impedansi output daya akan menyusut dan impedansi input daya diperbesar alasannya yaitu koneksi seri dengan input.

Penguat Umpan Balik Tegangan Shunt

Dalam jenis rangkaian ini, sebagian dari tegangan output daya sanggup dipraktekkan ke tegangan input secara paralel dengan lewat rangkaian umpan balik. Diagram blok penguat-umpan balik tegangan shunt ditunjukkan di bawah ini, dengan itu terang bahwa rangkaian umpan balik terletak di shunt lewat fasilitas output maupun input.

Ketika rangkaian umpan balik disatukan dalam shunt lewat output daya serta input, maka baik impedansi output daya & impedansi input daya akan berkurang.

Penguat Umpan Balik Arus Seri

Dalam tipe rangkaian ini, sebagian dari tegangan output daya dipraktekkan pada tegangan input daya secara seri lewat rangkaian umpan balik. Diagram blok dari penguat umpan balik arus seri ditunjukkan di bawah ini, yang dengannya terang bahwa rangkaian umpan balik terletak dalam rangkaian dengan cara output serta input.

Ketika rangkaian umpan balik dihubungkan secara seri lewat output daya dan juga input, maka impedansi output daya & impedansi input daya akan meningkat.

Penguat Umpan Balik Arus Shunt

Dalam jenis rangkaian ini, sebagian dari tegangan output daya dipraktekkan pada tegangan input daya yang dihubung-kan lewat rangkaian umpan balik. Diagram blok penguat-umpan balik arus shunt ditunjukkan di bawah ini, yang terang bahwa rangkaian umpan balik terletak di shunt lewat output dan input.

Ketika rangkaian umpan balik dihubungkan secara seri lewat output daya tetapi secara paralel dengan input, maka impedansi output daya akan meningkat & alasannya yaitu koneksi paralel dengan input daya, impedansi input daya akan berkurang.

Karakteristik Penguat

Karakteristik penguat yang dipengaruhi oleh aneka macam umpan balik negatif tercantum dalam tabel berikut.
Topologi
Umpan Balik
Resistansi input
Resistansi  output
Tegangan Seri

Meningkat
Rif = Ri*(1+A*β)
Menurun
Rof = Ro/(1+A*β)
Arus Seri
Meningkan
Rif = Ri*(1+A*β)
Meningkat
Rof = Ro*(1+A*β)
Arus Shunt
Menurun
Rif = Ri/(1+A*β)
Meningkat
Rof = Ro*(1+A*β)
Tegangan Shunt
Menurun
Rif = Ri*(1+A*β)
Menurun
Rof = Ro/(1+A*β)

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan penguat ini antara lain selaku berikut.
  • Gain Penguat (Amplifier) sanggup distabilkan oleh umpan balik negatif
  • Konfigurasi umpan balik tertentu sanggup ditingkatkan oleh resistansi input.
  • Resistansi output akan menyusut untuk konfigurasi umpan balik tertentu.
  • Titik operasi distabilkan.
  • Kekurangan dari penguat ini yaitu penghematan gain.

Aplikasi Penguat Umpan Balik

Aplikasi penguat umpan balik negatif termasuk berikut ini.
  • Penguat Elektronik
  • RPS (catu daya yang diatur)
  • Penguat bandwidth besar
Jadi, ini semua wacana penguat umpan balik, jenis, dan topologi. Dari isu di atas akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa, Ketika umpan balik aktual memajukan gain amplifier, ia memiliki beberapa kehabisan menyerupai meningkatnya distorsi dan juga rasa tidak aman.

Karena kehabisan ini, umpan balik seperti ini tidak dianjurkan untuk penguat(amplifier). Jadi, di saat umpan balik aktual cukup besar, maka ia mengarahkan ke osilasi.

Demikian pula, di saat gain dari penguat umpan balik negatif berkurang, akan ada beberapa faedah menyerupai Stabilitas gain akan ditingkatkan, penghematan kegaduhan dan distorsi, peningkatan impedansi input daya, penurunan impedansi output daya. Karena faedah ini, umpan balik seperti ini sering digunakan dalam amplifier.