Dioda Schottky Prinsip Kerja Dan Aplikasinya

Dioda Schottky merupakan salah satu jenis elemen elektronik, yang juga dipahami selaku dioda penghalang (barrier diode). Ini banyak digunakan dalam aplikasi yang berlawanan menyerupai mixer, dalam aplikasi frekuensi radio, dan selaku penyearah dalam aplikasi daya. Ini merupakan dioda tegangan rendah. Penurunan daya lebih rendah ketimbang dioda PN-junction.

Dioda Schottky dinamai sesuai nama ilmuwan Schottky. Dioda ini kadang-kadang juga disebut selaku dioda pembawa panas atau dioda elektron panas dan bahkan dioda penghalang permukaan. Artikel ini membahas ihwal apa itu dioda Schottky, konstruksi, aplikasi, karakteristik, dan keunggulan.

Apa itu Dioda Schottky?

Dioda Schottky merupakan salah satu jenis elemen elektronik Dioda Schottky Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Dioda Schottky juga dipahami selaku dioda pembawa panas; itu merupakan dioda semikonduktor dengan agresi switching yang sungguh cepat, tapi penurunan tegangan maju rendah. Ketika arus mengalir lewat dioda, ada penurunan tegangan kecil di terminal dioda.

Dalam dioda normal, penurunan tegangan antara 0.6 sampai 1.7 volt, sementara di dioda Schottky penurunan tegangan lazimnya berkisar antara 0.15 dan 0.45 volt. Penurunan tegangan yang lebih rendah ini menyediakan kecepatan switching yang lebih tinggi dan efisiensi metode yang lebih baik.

Dalam dioda Schottky, persimpangan semikonduktor-logam terbentuk antara semikonduktor dan logam, sehingga bikin penghalang Schottky. Semikonduktor tipe-N bertindak selaku katoda dan segi logam bertindak selaku anoda dioda.

Konstruksi Dioda Schottky

Ini merupakan persimpangan unilateral. Sambungan semikonduktor logam dibikin di satu ujung dan kontak semikonduktor logam yang lain terbentuk di ujung lainnya. Ini merupakan kontak dua arah Ohmic yang ideal tanpa potensi yang ada antara logam dan semikonduktor dan tidak meluruskan. Potensi built in melintasi barrier Schottky rangkaian terbuka mencirikan dioda schottky.

Dioda Schottky merupakan salah satu jenis elemen elektronik Dioda Schottky Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Dioda schottky merupakan fungsi dari penurunan suhu. Ini menurun dan mengembangkan fokus doping suhu di semikonduktor tipe N. Untuk tujuan pembuatan, logam dioda Schottky menyerupai molybdenum, platinum, chromium, tungsten Aluminium, emas, dll., Digunakan dan semikonduktor yang digunakan merupakan tipe N.

Dioda Schottky

Dioda Schottky juga dipahami selaku Schottky atau dioda pembawa panas. Dioda Schottky merupakan semikonduktor logam. Persimpangan dibikin dengan menenteng kontak logam dengan materi semikonduktor tipe N yang didoping cukup. Dioda Schottky merupakan perangkat searah yang mengalirkan arus cuma dalam satu arah (Aliran arus konvensional dari logam ke semikonduktor)

Dioda Schottky merupakan salah satu jenis elemen elektronik Dioda Schottky Prinsip Kerja dan Aplikasinya

Karakteristik V-I Dioda Schottky

Karakteristik V-I dari dioda Schottky ada di bawah ini

Dioda Schottky merupakan salah satu jenis elemen elektronik Dioda Schottky Prinsip Kerja dan Aplikasinya
  • Penurunan tegangan maju dioda Schottky sungguh minim ketimbang dioda PN-junction normal.
  • Penurunan tegangan maju berkisar dari 0.3 volt sampai 0.5 volt.
  • Penurunan tegangan maju dioda Schottky yang dibikin dari silikon.
  • Penurunan tegangan maju meningkat pada di saat yang serupa mengembangkan fokus doping semikonduktor tipe N.
  • Karakteristik V-I dari dioda penghalang Schottky sungguh curam ketimbang karakteristik V-I dioda PN-junction wajar sebab fokus tinggi dari pembawa arus.

Arus Komponen di Dioda Schottky

Kondisi arus dioda Schottky merupakan lewat pembawa mayoritas, yang merupakan elektron dalam semikonduktor tipe N. Rumus di dioda Schottky adalah

IT = IDifusi + ITunneling + IEmisi termionik

Di mana IDifusi merupakan arus difusi sebab gradien fokus dan kepadatan arus difusi Jn = Dn*q*dn/dx untuk elektron, di mana Dn merupakan konstanta difusi elektron, q merupakan muatan elektronik = 1.6*1019 coulomb, dn / dx merupakan gradien fokus untuk elektron.

I Tunneling merupakan arus tunneling sebab tunneling kuantum mekanis lewat penghalang. Probabilitas tunneling meningkat dengan penurunan penghalang atau dibangun dalam potensi dan penurunan lebar lapisan deplesi. Arus ini berbanding lurus dengan probabilitas tunneling.

IEmisi termionik merupakan arus akhir arus emisi termionik. Karena agitasi panas, beberapa pembawa memiliki energi yang serupa atau lebih besar dari energi pita konduksi ke antarmuka logam-semikonduktor, dan ajaran arus. Ini dipahami selaku arus emisi termionik.

Karena arah arus yang mengalir lewat dioda penghalang Schottky merupakan lewat pembawa muatan mayoritas. Oleh sebab itu, sungguh sesuai untuk aplikasi switching kecepatan tinggi sebab tegangan maju sungguh minim dan waktu pemulihan terbalik sungguh singkat.

Aplikasi Dioda Schottky

Dioda Schottky digunakan untuk aplikasi penjepitan tegangan dan pencegahan saturasi transistor sebab kepadatan arus yang tinggi di dioda Schottky. Ini juga menjadi penurunan tegangan maju rendah di dioda Schottky, terbuang dalam panas yang lebih sedikit, membuatnya opsi yang efisien untuk aplikasi yang sensitif dan sungguh efisien.

Karena dioda Schottky digunakan dalam metode fotovoltaik yang berdiri sendiri untuk menghambat baterai dari tujuan pemakaian untuk panel surya di malam hari serta dalam metode yang terhubung ke jaringan, mengandung banyak string yang terhubung dalam koneksi paralel. Dioda Schottky juga digunakan selaku penyearah dalam catu daya.

Kelebihan Dioda Schottky

Dioda Schottky digunakan dalam banyak aplikasi ketimbang jenis dioda lain yang tidak berkinerja baik.
  • Tegangan hidup rendah: Tegangan hidup untuk dioda merupakan antara 0.2 dan 0.3 volt. Untuk dioda silikon bertentangan dengan 0.6 sampai 0.7 volt dari dioda silikon standar.
  • Waktu pemulihan cepat: Waktu pemulihan cepat mempunyai arti sejumlah kecil muatan tersimpan yang sanggup digunakan untuk aplikasi switching kecepatan tinggi.
  • Kapasitansi sambungan rendah: Ini menempati area yang sungguh kecil, setelah hasil yang diperoleh dari kontak titik kawat silikon. Karena level kapasitansi sungguh kecil.

Fitur Dioda Schottky

Fitur-fitur dioda Schottky utamanya termasuk yang berikut ini
  • Efisiensi lebih tinggi
  • Penurunan tegangan maju rendah
  • Kapasitansi rendah
  • Paket pemasangan permukaan profil rendah, ultra-kecil
  • Cincin pelindung terintegrasi untuk bantuan stres
Dengan demikian, ini semua ihwal Dioda Schottky Pengertian dan prinsip kerja serta aplikasinya. Kami harap Anda mendapat pengertian yang lebih baik ihwal rancangan ini.