Ic Lm311: Konfigurasi Pin, Diagram Rangkaian, Dan Aplikasi

IC LM311 yakni salah satu jenis rangkaian terintegrasi, dan sanggup dibangun dengan satu komparator. IC ini utamanya digunakan untuk membandingkan tegangan input dan tentukan nilai superior.

Berdasarkan rancangan ini cuma opsi elektronik yang sanggup dibuat. Oleh sebab itu, komparator atau pembanding sanggup digunakan untuk membangun banyak sekali rangkaian elektronik, sehingga IC ini memainkan tugas penting dalam banyak rangkaian.

Sebelum mendesain rangkaian berbasis LM311, kita mesti tahu wacana pin out IC LM311, sehingga kita sanggup mengenali fungsi utama setiap pin di IC. Artikel ini membahas apa itu IC LM311? Konfigurasi pin, diagram rangkaian, dan aplikasi.

Apa itu IC LM311?

Pada dasarnya, IC LM311 yakni salah satu jenis komparator atau pembanding tegangan dengan kecepatan tinggi. Tegangan pengoperasian IC ini berkisar antara -15Volt sampai 15Volt. IC ini juga sanggup berfungsi dengan 5Volts untuk metode logika.

Level output IC memiliki logika MOS atau rangkaian level kompatibilitas TTL, RTL, DTL. IC ini sanggup digunakan untuk menggerakkan Solenoida, Lampu, Relai, dll. Namun, saat berlainan dengan Op-amp lainnya, koneksi pin IC LM311 berbeda.

 yakni salah satu jenis rangkaian terintegrasi IC LM311: Konfigurasi Pin, Diagram Rangkaian, dan Aplikasi

Konfigurasi Pin IC LM311

Konfigurasi pin IC LM311 dibahas di bawah ini.

 yakni salah satu jenis rangkaian terintegrasi IC LM311: Konfigurasi Pin, Diagram Rangkaian, dan Aplikasi
  • Pin1 (Emitor Out): Pin ini yakni pin emitor dari transistor output
  • Pin2 (IN +: Input Non-Inverting): IN + Pin komparator sanggup diberikan ke tegangan variabel untuk membandingkan tegangan.
  • Pin3 (Input Inverting-IN): Pin-IN sanggup diberikan pada tegangan yang disetel yang kontras dengan input Non-Inverting
  • Pin 4 (VCC-) Ground Pin: Pin GND ini sanggup dihubungkan ke terminal GND sistem
  • Pin5 (Balance): Keseimbangan pin sanggup digunakan untuk mematikan tegangan offset DC
  • Pin6 (Strob/Balance): Pin ini utamanya digunakan untuk mematikan fase output daya
  • Pin7 (Kolektor Output): Pin ini yakni terminal pengumpul output daya dari transistor
  • Pin8 (VCC +): Pin ini menampilkan tegangan pengoperasian ke Op-amp. Untuk IC LM311, tegangan operasi sampai +15V.

Spesifikasi dan Fitur IC LM311

Fitur dan spesifikasi IC LM311 meliputi catu daya tunggal dan catu daya ganda.
  • Supply tunggal IC LM311 berkisar dari 5V sampai 30V
  • Supply ganda IC ini berkisar dari -±2.5V sampai ±15V
  • Arus maksimum IC ini yakni 7.5mA
  • Supply tunggal dari dua Op-amp memungkinkan operasi yang konsisten
  • Kemampuan driving beban berkisar sampai 50V & 50 mA
  • IC ini sanggup mendorong sebagian besar muatan TTL & MOS
  • Output daya sanggup diisolasi dari Ground Sistem

Paket LM311 dengan Dimensi

Paket ini sanggup didefinisikan selaku versi perangkat yang berbeda, dan ini digunakan untuk memisahkan produk modern ketimbang sebelumnya. Setiap paket sanggup dialokasikan dengan ukuran yang berlainan untuk membedakannya secara sederhana. Paket LM311 dengan dimensi ditunjukkan di bawah ini.
Paket
Part no
Dimensi (Unit)
SO (8)
LM311PS
6.2X5.3 mm
SOIC (8)
LM311
4,9 X 3,91 mm
PDIP (8)
LM311P
9,8 X 6,35 mm
LM311PW
TSSOP (8)
3 X 4,4 mm

Diagram Rangkain IC LM311

Rangkaian IC LM311 yakni diagram rangkaian lampu malam dengan kerja dibahas di bawah ini. Rangkaian ini sanggup dibangun dengan beberapa komponen elektronik yang meliputi IC LM311, Photo resistor, Potensiometer, LED, dan catu daya DC. Makara dengan menggunakan komponen-komponen ini, rangkaian dasar ini sanggup dirancang.

Fungsi utama dari rangkaian lampu malam ini adalah, LED akan menyala di waktu malam dan LED akan mati di waktu pagi hari. Rangkaian sanggup dioperasikan oleh potensiometer dalam dua situasi.

 yakni salah satu jenis rangkaian terintegrasi IC LM311: Konfigurasi Pin, Diagram Rangkaian, dan Aplikasi

Rangkaian lampu malam ini berikutnya membandingkan tegangan rujukan lewat tegangan yang dihasilkan dari pembagi tegangan di antara resistor 33KΩ dan juga suatu Foto resistor. Konsep ini sungguh sederhana.

Setiap kali Foto resistor mendeteksi cahaya terang, maka resistansi akan turun di bawah 30KΩ. Jadi, sebagian besar tegangan akan dialokasikan ke resistor 33KΩ & tegangan yang tersisa akan memasok ke Foto resistor.

Oleh sebab itu, tegangan yang dihasilkan dari pembagi tegangan bisa lebih rendah dari tegangan referensi. Jadi, output bisa ditarik ke ground, itu memiliki arti LED tidak akan mendapat daya. Tetapi, pada waktu malam hari, resistansi Foto resistor sungguh tinggi, sehingga sebagian besar tegangan diberikan di atasnya.

Oleh sebab itu, tegangan yang dihasilkan dari rangkaian pembagi tegangan akan melampaui tegangan referensi. Jadi, output bisa ditarik jauh di atas ground ke Vcc, serta LED akan menyala.

Aplikasi dari IC LM311

Aplikasi IC LM311 utamanya meliputi yang berikut ini.
  • Rangkaian Pembanding (komparator) Tegangan
  • IC ini digunakan untuk menggerakkan Lampu, Relay, Motor, dll
  • Detektor tegangan puncak
  • Rangkaian Osilator
  • Zero Crossing Detector
  • Peringatan/perlindungan Tegangan Tinggi
Jadi, ini semua wacana lembar data IC LM311. IC ini memiliki dua input menyerupai Op-amp Inverting dan input Op-amp Non-Inverting.

Pada Op-amp tipikal, pin-2 yakni input inverting & pin3 yakni input non-inverting. Namun, di IC LM311, input dibalik menyerupai pin-2 yakni input non-inverting & pin-3 yakni input inverting.