Jenis-Jenis Motor Listrik

Seperti kita ketahui, motor listrik memainkan tugas penting dalam setiap sektor industri, dan juga dalam aneka macam aplikasi. Ada aneka macam jenis motor listrik yang tersedia di pasaran. Pemilihan motor ini sanggup ditangani menurut operasi dan tegangan serta aplikasi.

Setiap motor memiliki dua bab penting yakni lilitan medan & lilitan menakutkan dinamo. Fungsi utama lilitan medan yakni untuk menciptakan medan magnet tetap, sedangkan lilitan menakutkan dinamo terlihat menyerupai konduktor yang dikontrol dalam medan magnet.

Karena medan magnet, belitan dinamo menggunakan energi untuk menciptakan torsi yang mencukupi untuk menciptakan poros motor berputar. Saat ini, penjabaran motor DC sanggup ditangani menurut koneksi belitan, yang memiliki arti bagaimana dua coil di motor terhubung satu sama lain.

Jenis-jenis Motor Listrik

Jenis-jenis motor listrik tersedia dalam tiga segmen utama menyerupai motor AC, motor DC, & motor tujuan khusus.

 motor listrik memainkan tugas penting dalam setiap sektor industri Jenis-jenis Motor Listrik

Motor DC

Jenis motor DC utamanya meliputi motor DC Seri, motor DC Shunt, dan motor DC Compound wound & Motor DC Magnet Permanen.

 motor listrik memainkan tugas penting dalam setiap sektor industri Jenis-jenis Motor Listrik

Motor DC Shunt

Motor DC shunt melakukan pekerjaan pada arus searah DC dan gulungan motor listrik ini menyerupai gulungan menakutkan dinamo dan gulungan medan dihubungkan secara paralel yang dimengerti selaku shunt. Motor jenis ini juga disebut motor DC shunt wound, dimana jenis belitannya dimengerti selaku belitan shunt.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Prinsip kerja dan Aplikasi Motor DC Shunt.

Motor Separately Excited

Pada motor separately excited, koneksi stator dan rotor sanggup ditangani dengan menggunakan catu daya yang berbeda. Sehingga motor sanggup dikontrol dari shunt dan belitan menakutkan dinamo sanggup diperkuat untuk menciptakan fluks.

Motor DC Seri

Pada motor seri DC, belitan rotor terhubung secara seri. Prinsip operasi motor listrik ini utamanya tergantung pada aturan elektromagnetik yang sederhana. Hukum ini menyatakan bahwa setiap kali medan magnet sanggup dibikin di sekeliling konduktor & berinteraksi dengan medan eksternal untuk menciptakan gerakan rotasi. Motor-motor ini utamanya digunakan pada motor starter yang digunakan pada lift dan mobil.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Prinsip kerja Motor Seri DC & Aplikasinya
Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana MOTOR DC - Dasar, Jenis & Aplikasi

Motor DC Magnet Permanen (PMDC)

Istilah PMDC yakni kependekan dari "Permanent Magnet Direct Current". Ini yakni salah satu jenis motor DC yang sanggup dibangun dengan magnet permanen untuk menciptakan medan magnet yang diinginkan untuk operasi motor listrik.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Motor DC Magnet Permanen : Konstruksi, Bekerja, dan Aplikasi

Motor Compound DC

Secara umum, motor kompon DC yakni komponen bibit unggul DC seri dan motor shunt. Pada motor jenis ini, bidang menyerupai seri dan shunt hadir. Pada motor listrik jenis ini, stator dan rotor sanggup dihubungkan satu sama lain lewat rangkaian belitan seri & shunt.

Gulungan seri sanggup dirancang dengan beberapa gulungan kabel tembaga lebar, yang berbincang jalur resistansi kecil. Belitan shunt sanggup dirancang dengan beberapa belitan kawat tembaga untuk mendapat tegangan input daya penuh.

Motor AC

Jenis motor AC utamanya meliputi Sinkron, Asinkron dan Motor Induksi.

 motor listrik memainkan tugas penting dalam setiap sektor industri Jenis-jenis Motor Listrik

Motor AC Sinkron

Kerja motor sinkron utamanya tergantung pada supply 3 fasa. Stator pada motor listrik menciptakan arus medan yang berputar dalam kecepatan stabil menurut frekuensi AC. Serta rotor tergantung pada kecepatan yang serupa dari arus stator. Tidak ada celah udara antara kecepatan arus stator dan rotor. Ketika tingkat akurasi rotasi tinggi, maka motor ini sanggup dipraktekkan dalam otomatisasi, robot, dll.

Silakan lihat tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Jenis dan Aplikasi Motor Sinkron.

Motor Induksi

Motor listrik yang mengerjakan kecepatan asinkron dimengerti selaku motor induksi, dan nama alternatif motor ini yakni motor asinkron. Motor induksi utamanya menggunakan induksi elektromagnetik untuk merubah energi dari listrik menjadi mekanik. Berdasarkan konstruksi rotor, motor ini diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni kandang bajing & fasa wound.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih banyak tentang! Jenis dan Kelebihan Motor Induksi

Motor Tujuan Khusus

Motor tujuan khusus utamanya meliputi Motor Servo, Motor Stepper, Motor Induksi Linier, dll.

 motor listrik memainkan tugas penting dalam setiap sektor industri Jenis-jenis Motor Listrik

Motor Stepper

Motor stepper sanggup digunakan untuk menampilkan revolusi sudut langkah, selaku alternatif untuk revolusi stabil. Kita tahu bahwa untuk setiap rotor, seluruh sudut revolusi yakni 180 derajat. Namun, pada motor stepper, sudut putaran sarat sanggup dipisahkan dalam aneka macam langkah menyerupai 10 derajat X 18 langkah.

Ini berarti, dalam siklus revolusi total rotor akan bergerak sedikit demi sedikit delapan belas kali, setiap kali 10 derajat. Motor stepper sanggup dipraktekkan di komplotan, fabrikasi rangkaian, alat kendali proses, generator gerakan biasa, dll.

Silakan lihat tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Jenis Motor Stepper dan aplikasinya

Motor DC Brushless

Motor DC brushless pertama kali dikembangkan untuk meraih kinerja superior dalam ruang yang lebih rendah dibandingkan dengan motor DC brushed. Motor ini lebih rendah jikalau dibandingkan dengan versi AC. Sebuah pengontrol ditanamkan ke dalam motor listrik untuk membuat lebih mudah proses dalam ketiadaan komutator dan slip ring.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Motor DC Brushless - Kelebihan, Aplikasi & Kontrol

Motor Histerisis

Pengoperasian motor histerisis sungguh unik. Rotor motor ini sanggup diinduksi histerisis dan arus eddy untuk menciptakan kerja yang diperlukan. Pengerjaan motor sanggup bergantung pada konstruksi, supply 1 fasa atau sebaliknya supply 3 fasa.

Motor ini berbincang proses yang sungguh mulus dengan kecepatan stabil, menyerupai dengan motor sinkron lainnya. Tingkat kegaduhan motor ini cukup kecil, alasannya yakni argumentasi ini mereka sanggup dipraktekkan dalam aneka macam aplikasi rumit di mana pun motor kedap bunyi digunakan menyerupai pemutar suara, perekam audio, dll.

Motor Reluktansi

Pada dasarnya, motor reluktansi yakni motor sinkron 1-fasa & konstruksi motor ini sungguh sama dengan motor induksi menyerupai jenis angker dinamo. Rotor di motor menyerupai jenis kandang bajing & stator motor tergolong set gulungan menyerupai suplemen dan berliku utama.

Gulungan bantu sungguh berkhasiat pada di saat starting motor. Karena mereka menampilkan operasi level pada kecepatan yang stabil. Motor ini umumnya digunakan dalam aplikasi sinkronisasi yang meliputi generator sinyal, perekam, dll.

Motor Universal

Ini yakni jenis motor khusus dan motor universal ini melakukan pekerjaan pada catu daya AC tunggal atau catu daya DC. Motor universal yakni wound seri di mana medan dan gulungan menakutkan dinamo terhubung secara seri dan dengan demikian menciptakan torsi permulaan yang tinggi.

Motor-motor ini utamanya dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tinggi di atas 3500 rpm. Mereka menggunakan supply AC pada kecepatan rendah dan supply DC dengan tegangan yang sama.

Silakan merujuk ke tautan ini untuk mengenali lebih lanjut wacana Motor Universal

Jadi, ini semua wacana Jenis-jenis Motor Listrik. Saat ini, ada yang berlainan dan fleksibel. Tujuan motor yakni kapan pun diinginkan kendali gerakan, ini yakni opsi terbaik. Motor mesti mendukung penggunaan dan keseluruhan langkah-langkah sistem. Ini pertanyaan untuk Anda, apa itu motor tipe khusus?