Kapasitor Bypass, Fungsi Dan Aplikasinya

Kapasitor Bypass dipraktekkan antara pin catu daya VCC dan GND dari rangkaian terintegrasi. Mereka meminimalisir kegaduhan catu daya dan hasil dari lonjakan pada jalur supply. Mereka juga menyediakan permintaan arus pribadi dari rangkaian terintegrasi kapan pun ia berganti.

Catatan aplikasi menerangkan aneka macam sifat kapasitor bypass dan menyediakan tutorial penggunaannya. Artikel ini membahas wacana kapasitor bypass, fungsi dan aplikasinya.

Apa itu Kapasitor Bypass?

Kapasitor bypass merupakan kapasitor yang memendekkan sinyal AC ke ground sedemikian rupa sehingga kegaduhan AC yang ada pada sinyal DC dihilangkan menciptakan sinyal DC yang jauh lebih higienis dan murni.

Kapasitor bypass intinya mem-bypass noise AC yang mungkin ada pada sinyal DC, penyaringan dari AC sehingga menjadi bersih, sinyal DC murni melalui tanpa beberapa riak AC.

Kapasitor yang digunakan untuk melakukan arus bolak - balik selaku unsur atau golongan komponen. Secara terorganisir AC dihapus dari variasi AC/DC; DC kemudian dibebaskan untuk melalui unsur yang dilewati.

Kapasitor Bypass dipraktekkan antara pin catu daya VCC dan GND dari rangkaian terintegrasi Kapasitor Bypass, Fungsi dan Aplikasinya

Kapasitor Bypass Emitor

Ketika resistansi emitor disertakan dalam amplifier CE (Common Emitter), peningkatan tegangan berkurang, tetapi impedansi input meningkat. Setiap kali kapasitor bypass dihubungkan secara paralel dengan resistansi emitor, peningkatan tegangan amplifier CE meningkat. Jika kapasitor bypass dilepas, degenerasi ekstrem dihasilkan di rangkaian amplifier dan tegangan yang didapat akan berkurang.

Kapasitor Bypass dipraktekkan antara pin catu daya VCC dan GND dari rangkaian terintegrasi Kapasitor Bypass, Fungsi dan Aplikasinya

Kapasitor Bypass Katoda

Sebuah Resistor katoda dalam pre amp triode khas dilewati dalam suatu kapasitor besar untuk menetralisir bentuk umpan balik negatif disebut selaku degenerasi katoda, yang secara signifikan memajukan gain.

Kapasitor Bypass dipraktekkan antara pin catu daya VCC dan GND dari rangkaian terintegrasi Kapasitor Bypass, Fungsi dan Aplikasinya

Ketika suatu kapasitor cukup besar, ia bertindak selaku arus pendek untuk frekuensi audio dan menetralisir umpan balik negatif, tetapi bertindak selaku rangkaian terbuka untuk DC, dengan demikian menjaga bias kisi DC.

Treble boost sanggup diperkenalkan dengan memakai nilai kapasitor yang lebih rendah, yang bertindak selaku korsleting untuk frekuensi tinggi tetapi memungkinkan umpan balik negatif untuk melemahkan bass.

Ini sering dijalankan di kanal terang preamp. Jika gain suplemen tidak diinginkan, menurut gain keseluruhan amplifier dari jack input ke power amp, kapasitor sanggup dihilangkan sepenuhnya.

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Bypass

Saat ini kita tahu mengapa dan kapan kita perlu memakai kapasitor bypass, tetapi kita masih perlu mengenali nilai kapasitor yang cocok untuk menggunakannya untuk perangkat tertentu. Nilai karakteristik diperhitungkan untuk kapasitor bypass tergolong 0.1 μF dan 1 μF. Semakin tinggi frekuensinya, kian kecil nilainya; sedangkan kian rendah frekuensinya, kian besar nilainya.

f = frac12tR

Di sini tR = waktu naik

Parameter yang paling signifikan untuk diseleksi selaku kapasitor bypass yang cocok merupakan kapasitasnya untuk memasok arus pribadi dikala dibutuhkan. Untuk memutuskan ukuran kapasitor untuk perangkat tertentu, kami menambahkan sistem berikut:

Pertama, ukuran kapasitor bypass sanggup dijumlah memakai persamaan berikut:

C = frac1*N*DeltatdeltaV

I = jumlah arus yang diperlukan untuk mengubah satu output dari rendah ke tinggi
N = mengubah jumlah output
∆t = waktu yang diperlukan untuk mengisi daya garis oleh kapasitor
∆V = penurunan toleransi dalam VCC

Nilai-nilai yang diberikan dalam rumus mesti diketahui, di mana ∆t dan ∆V sanggup diasumsikan.

Satu lagi cara untuk mengenali ukuran kapasitor bypass merupakan dengan mengkalkulasikan arus maksimumnya dengan laju pergantian tegangan pulsa tertinggi yang ditentukan. Laju pergantian tegangan pulsa paling besar dikelola oleh beberapa produsen kapasitor.

I = CfracdVdt

Fungsi Kapasitor Bypass

Bypass kapasitor digunakan selaku bypass sinyal AC ke ground.
Kapasitor terhubung antara ground dan kabel.
Untuk sinyal AC, kapasitor berkinerja pendek dan memintasnya.
DC yang melalui kapasitor bertingkah selaku terbuka untuk DC.
DC disupply pribadi ke IC.

Karakteristik yang didapat dari kapasitor bypass adalah

• Memiliki impedansi rendah.
• Mengali arus listrik dengan baik.
• Hal ini sanggup mencegah arus kebisingan.
• Secara efektif meminimalisir arus kebisingan.

Kapasitor Bypass digunakan dalam

• Pengkondisian daya dan koreksi aspek daya
• Kalender jam real time dengan EEPROM
Konverter DC ke DC
• Referensi Tegangan
• Penguat DSL
• Coupling dan Decoupling sinyal
High pass filter dan Low pass filter

Kesimpulan pada titik ini jelas: Kapasitor bypass diperlukan untuk menurunkan kegaduhan frekuensi tinggi pada rel catu daya yang disebabkan oleh rangkaian lain. Induktansi kapasitor bypass lebih merupakan aspek penentu dalam efisiensi bypass ketimbang nilai kapasitansi.

Oleh lantaran itu, pilih kapasitor bypass menurut nilai induktansi seri dan distribusikan elemen bypass ke seluruh PCB. Namun, fokuskan elemen pintas yang akrab dengan IC yang menuntut arus besar lewat transien, bahkan jikalau Anda memiliki daya yang berdampak dan pesawat ground.

Jaga kapasitor bypass sedekat mungkin ke IC. Kapasitor bypass mesti memamerkan resistansi seri dan induktansi yang sungguh minim - yang efektif pada frekuensi sungguh tinggi.