Membangun Internet Of Things (Iot) Menggunakan Raspberry Pi

Internet of Things atau Internet untuk segala, sudah meningkat selama beberapa dekade. Alat Internet pertama, umpamanya yakni mesin minuman bersoda atau (coke) di Carnegie Melon University pada permulaan 1980-an.

Programmer mungkin lebih terhubung ke mesin lalu ke internet, menyidik status mesin dan menyimpulkan apakah akan ada minuman cuek yang menanti mereka, apakah mesti mereka menentukan untuk melakukan perjalanan ke mesin. Artikel ini menampilkan citra lazim wacana IOT menggunakan Raspberry Pi.

IOT menggunakan Raspberry Pi

IOT menggunakan raspberry pi khususnya tergolong apa itu IOT, Raspberry pi, metodologi konsep IOT, dll.

Apa itu Internet of Things?

Internet of Things (IOT) yakni skenario di mana objek, hewan atau orang ditawarkan dengan pengidentifikasi tunggal dan kesanggupan untuk secara otomatis mentransfer dan kesanggupan untuk secara otomatis mentransfer data lebih ke jaringan tanpa membutuhkan komunikasi manusia-ke-manusia atau insan ke -Komputer. IOT sudah meningkat dari konferensi teknologi nirkabel (wireless), metode mikro-elektromekanis (MEMS) dan internet.

Internet of Things atau Internet untuk segala Membangun Internet of Things (IOT) Menggunakan Raspberry Pi

Metodologi Desain IOT

Semua aplikasi web dikembangkan secara orisinil dalam Bahasa Pemrograman Java. Ini tergolong teknologi java yang menyerupai dengan JSP, servelts, hibernate, dan layanan web dll., Versi modern dari net beans IDE intinya dipakai untuk pengembangan aplikasi web.

Teknologi aksesori menyerupai bootstrap, skrip java, jQuery dan yang lainya dipakai untuk menanggulangi UI dan validasi segi klien. API yang ditawarkan Cisco dipakai untuk membuatkan aplikasi yang terkait dengan telepon IP Cisco.

Internet of Things atau Internet untuk segala Membangun Internet of Things (IOT) Menggunakan Raspberry Pi

Lima langkah dipakai dalam aplikasi web
  • Menginstal server Web Apache
  • Buat metode database My SQL
  • Aplikasi web yang dikembangkan untuk GUI (Graphical User Interface)
  • Tulis banyak PHP, skrip JAVA, CSS dan Program Python untuk Aplikasi Web
  • Host aplikasi Web di server Web

Raspberry Pi

Sejarah Raspberry Pi intinya diperkenalkan pada tahun 2006. Konsep utamanya didasarkan pada Atmel ATmega644 yang dirancang khusus untuk penggunaan pendidikan dan ditujukan untuk Python. Raspberry Pi berskala kecil, dari komputer papan ukuran tunggal berskala kartu kredit, yang dikembangkan di Inggris Raya (Inggris) oleh suatu yayasan berjulukan Raspberry Pi.

Moto utama yayasan ini yakni untuk mengiklankan pengajaran ilmu komputer dasar di lembaga-lembaga pendidikan dan juga di negara-negara berkembang. Generasi pertama Raspberry (Pi 1) dirilis pada tahun 2012, yang memiliki dua jenis model yakni model A dan model B.

Internet of Things atau Internet untuk segala Membangun Internet of Things (IOT) Menggunakan Raspberry Pi

Pada tahun selanjutnya model A+ dan B+ dirilis. Sekali lagi pada tahun 2015, Raspberry Pi2 model B dirilis dan setahun lalu Raspberry Pi3 model B dirilis di pasar.

Raspberry Pi sanggup dicolokkan ke TV, Monitor komputer, dan menggunakan keyboard dan mouse standar. Ini ramah pengguna sebab sanggup dikerjakan oleh semua kalangan umur. Itu melakukan semua yang Anda inginkan dari komputer desktop untuk melakukan menyerupai pengolah kata, menjelajahi spreadsheet internet, bermain game sampai memutar video definisi tinggi.

Ini dipakai dalam banyak aplikasi menyerupai dalam beragam proyek pembuat digital, mesin musik, detektor induk ke stasiun cuaca dan tweeting rumah burung dengan kamera infrared.

Semua model fitur pada metode broadcom pada chip (SOC), yang mencakup unit pemrosesan grafis chip GPU (Video Core IV), ARM yang kompatibel dan CPU. Kecepatan CPU berkisar dari 700 MHz sampai 1.2 GHz untuk Pi 3 dan memori on board berkisar dari 256 MB sampai 1 GB RAM.

Sistem operasi disimpan dalam kartu SD digital yang kondusif dan memori jadwal dalam ukuran MicroSDHC atau SDHC. Kebanyakan papan memiliki satu sampai empat slot USB, output video komposit, HDMI dan jack telepon 3.5 mm untuk audio. Beberapa model memiliki WiFi dan Bluetooth.

Raspberry Pi Foundation menawarkan Arch Linux ARM dan distribusi Debian untuk diunduh, dan mengiklankan Python selaku bahasa pemrograman utama, dengan pertolongan untuk BBC BASIC, Java, C, Perl, Ruby, PHP, Squeak Smalltalk, C++, dll.

Berikut ini yakni hal penting untuk memulai
  • Kabel video mudah-mudahan sesuai dengan TV atau monitor yang digunakan
  • Kartu SD yang berisi metode Operasi Linux
  • Catu daya (lihat Bagian 1.6 di bawah)
  • Keyboard USB
  • TV atau monitor (dengan input DVI, HDMI, Komposit atau SCART)
Tambahan opsional yang diusulkan termasuk
  • Koneksi internet, Model B saja: kabel LAN (Ethernet)
  • Mouse USB
  • Hub USB yang didukung
  • Koneksi internet, Model A atau B: adaptor USB WiFi

Apa itu Sistem pada Chip?

Sistem pada chip yakni IC kompleks yang mengintegrasikan elemen fungsional ke dalam satu chip atau chipset. Ini yakni prosesor yang sanggup diprogram pada memori chip, mempercepat fungsi perangkat keras, perangkat lunak, perangkat keras dan elemen analog.

Internet of Things atau Internet untuk segala Membangun Internet of Things (IOT) Menggunakan Raspberry Pi

Manfaat SoC

  • Konsumsi daya yang lebih rendah
  • Mengurangi ukuran
  • Mengurangi ongkos metode keseluruhan
  • Meningkatkan kinerja

Perangkat Gateway Internet

Internet Gateway Device memiliki kesanggupan untuk merutekan data yang mendekati dari jaringan WSN ke internet dan Kirim data yang tiba dari internet ke jaringan WSN. Ini menyerupai router Wi-Fi untuk IoT.

Pada perangkat gateway internet kami menggunakan raspberry pi model B, ia memiliki CPU quad-core ARM Cortex-A7 yang berlangsung pada 900MHz (untuk kenaikan penyajian 6x pada generasi pertama Raspberry Pi Model B +) dan 1GB LPDDR2 SDRAM (untuk Peningkatan memori 2x). Dan ya, ada kompatibilitas total dengan Raspberry Pi1 yang kami dapatkan. SoC gres Broadcom, BCM2836, yakni aspek kunci.

Lima langkah menggunakan Perangkat Gateway Internet
  • Sistem operasi Port Linux pada raspberry Pi
  • Ubah Linux untuk melakukan pekerjaan dengan Prototipe
  • Mengembangkan Perpustakaan Python untuk Komunikasi RPI dengan Xbee ZB
  • Menulis Program dari sensor dan Kontrol perangkat
  • Buat fungsionalitas WI-FI pada RPI untuk Koneksi Internet

WSN Nodes

Jaringan sensor nirkabel (WSN) berisikan tiga elemen utama: node, gateway, dan perangkat lunak. Antarmuka node pengukuran yang tersebar secara spasial dengan sensor untuk mengawasi aset atau lingkungannya.

Informasi yang diperoleh dikirim secara nirkabel ke gateway, yang menawarkan koneksi ke globe berkabel wilayah Anda sanggup mengumpulkan, prosedur, menganalisis, dan menyuguhkan gunjingan pengukuran Anda menggunakan perangkat lunak.

Router yakni tipe individu dari simpul dimensi yang sanggup Anda pakai untuk memperluas jarak dan ketergantungan pada WSN. Sensor sanggup tersebar di jalan, kendaraan, rumah sakit, gedung, orang dan memungkinkan aplikasi yang berlainan menyerupai layanan medis, operasi medan perang, respons bencana, pemberian kejadian dan pemantauan lingkungan.

Aplikasi IOT

  • Keamanan cuaca dan suhu cam
  • Dokter yang melakukan pekerjaan dengan alat bantu dengan raspberry pi
  • Sensual topi pemantauan mutu udara
  • Bir dan lemari es anggur kedahsyatan
  • Bel internet raspberry pi
  • Internet toilet
  • Latih ilmu sikap tikus Anda di rumah
  • Bel pintu pintar
  • Microwave raspberry pi
Ini semua wacana IOT menggunakan Raspberry Pi. Saat ini, IOT berisikan sekumpulan jaringan berlainan yang dibentuk khusus. Mobil masa kini, dimaksudkan misalnya, memiliki beberapa jaringan untuk menertibkan fungsi mesin, fitur keselamatan, metode komunikasi, dan sebagainya.

Bangunan komersial dan perumahan juga memiliki banyak sekali metode kendali untuk pemanasan, ventilasi, dan keadaan udara (HVAC), layanan telepon, keamanan, dan pencahayaan.

Seiring berkembangnya IOT, jaringan ini, dan banyak yang lain akan terhubung dengan kesanggupan keamanan, analitik, dan administrasi tambahan. Ini akan memungkinkan IOT menjadi lebih memiliki pengaruh dalam apa yang sanggup menolong orang mencapainya.