Motor Dc Magnet Permanen (Pmdc): Konstruksi, Prinsip Operasi Dan Aplikasi

Kita tahu bahwa motor DC memiliki mengerikan dinamo yang berputar di dalam medan magnet, dan prinsip kerja utama motor DC ini tergantung pada konduktor pembawa arus yang dikontrol dalam medan magnet, dan gaya mekanis akan dialami dengan konduktor.

Motor DC diklasifikasikan ke dalam aneka macam jenis yang melakukan pekerjaan dengan prinsip yang sama. Dengan demikian, konstruksi motor DC sanggup dijalankan dengan membentuk medan magnet dengan segala macam magnet menyerupai elektromagnet atau magnet permanen.

Sebuah PMDC (Permanent Magnet motor DC) merupakan jenis motor DC yang meliputi magnet permanen untuk membentuk medan magnet yang diinginkan untuk operasi motor DC. Artikel ini membahas Karakteristik Motor DC Magnet Permanen atau motor PMDC.

Apa itu Motor DC Magnet Permanen?

Motor DC magnet permanen sanggup didefinisikan selaku motor yang meliputi kutub magnet permanen disebut Motor DC Magnet Permanen. Pada motor ini, magnet sanggup digunakan untuk menciptakan fluks melakukan pekerjaan di dalam celah udara di wilayah gulungan medan.

Struktur rotor menyerupai dengan Motor DC lurus. Rotor Motor DC Magnet Permanen tergolong inti mengerikan dinamo, komutator, & belitan mengerikan dinamo. Biasanya, dalam motor DC konvensional, ada dua jenis belitan menyerupai mengerikan dinamo dan juga Medan/bidang.

Kita tahu bahwa motor DC memiliki mengerikan dinamo yang berputar di dalam medan magnet Motor DC Magnet Permanen (PMDC): Konstruksi, Prinsip Operasi dan Aplikasi

Fungsi utama dari belitan medan merupakan untuk menciptakan fluks magnetik yang berfungsi di dalam celah udara serta wound pada stator motor sementara belitan dinamo sanggup melukai rotor. Sikat karbon tidak aktif didorong pada komutator menyerupai pada motor DC konvensional. Tegangan operasi Motor DC Magnet Permanen merupakan 6 volt, 12 volt, 24 volt supply DC diperoleh dari sumber tegangan.

Konstruksi Motor DC Magnet Permanen

Magnet permanen Motor DC dipertahankan dengan stator baja silinder dan supply ini menyerupai jalur balik untuk fluks magnet. Supply rotor menyerupai mengerikan dinamo, dan itu tergolong segmen komutator, slot berliku, & sikat (brushes) menyerupai pada mesin DC konvensional. Magnet permanen yang digunakan dalam motor ini diklasifikasikan menjadi tiga yakni magnet Alnico, magnet Keramik (ferit), dan magnet Rare-earth.

Kita tahu bahwa motor DC memiliki mengerikan dinamo yang berputar di dalam medan magnet Motor DC Magnet Permanen (PMDC): Konstruksi, Prinsip Operasi dan Aplikasi
  • Magnet Alnico digunakan dalam motor yang memiliki peringkat di kisaran 1kW-150kW.
  • Magnet ferit atau keramik jauh lebih hemat biaya di dalam motor fraksi kw (kilowatt).
  • Magnet ground jarang, dibentuk dengan samarium kobalt serta kobalt besi neodymium.

Prinsip Operasi Motor DC Magnet Permanen

Pada motor ini, medan magnet permanen sanggup dihasilkan dengan magnet permanen yang berkomunikasi dengan medan tegak lurus yang dirangsang oleh fatwa arus dalam belitan rotor; oleh alasannya merupakan itu torsi mekanis sanggup dibuat.

Ketika rotor berputar selaku respons kepada torsi yang dibuat, maka posisi di antara stator serta bidang rotor sanggup dikurangi, dan torsi akan dibalik dalam rotasi 90 derajat. Untuk menjaga torsi yang melakukan pekerjaan pada rotor, Motor DC Magnet Permanen menambahkan komutator, yang disetel ke poros rotor.

Komutator mengaktifkan supply arus ke arah stator sehingga untuk melanjutkan sudut yang stabil = 90, di antara dua bidang. Karena fatwa arus sering diaktifkan di antara belitan menyerupai putaran rotor, maka arus dalam setiap belitan stator sungguh-sungguh bertukar pada frekuensi yang seimbang dengan kutub magnet motor no.of serta kecepatan.

Diagram Rangkaian Motor DC Magnet Permanen

Diagram rangkaian Motor DC Magnet Permanen ditunjukkan di bawah ini. Seperti pada motor DC magnet permanen medan sanggup dihasilkan dengan magnet permanen, maka tidak ada kriteria gulungan bidang gambar dalam rangkaian ekivalen Motor DC Magnet Permanen.

Kita tahu bahwa motor DC memiliki mengerikan dinamo yang berputar di dalam medan magnet Motor DC Magnet Permanen (PMDC): Konstruksi, Prinsip Operasi dan Aplikasi

Supply tegangan ke angker dinamo akan berisi jatuhnya resistansi mengerikan dinamo serta putusnya supply tegangan sanggup terselesaikan dengan ggl balik motor. Oleh alasannya merupakan itu persamaan tegangan motor diberikan oleh,

V = IR + Eb

Dalam persamaan di atas,
I = arus mengerikan dinamo
R = resistansi mengerikan dinamo
Eb = ggl balik
V = tegangan supply.

Karakteristik Motor DC Magnet Permanen

Karakteristik Motor DC Magnet Permanen meliputi:

Kita tahu bahwa motor DC memiliki mengerikan dinamo yang berputar di dalam medan magnet Motor DC Magnet Permanen (PMDC): Konstruksi, Prinsip Operasi dan Aplikasi

Karakteristik Motor DC Magnet Permanen terkait dengan karakteristik motor DC shunt dalam hal kecepatan, torsi, serta arus mengerikan dinamo. Tetapi, karakteristik kecepatan-torsi lebih linier dan konvensional pada jenis motor ini.

Kelebihan dan Kekurangan dari Motor DC Magnet Permanen

Kelebihan dan kelemahan dari Motor DC Magnet Permanen tergolong yang berikut ini.
  • Ukuran motor ini lebih kecil
  • Motor ini lebih murah
  • Motor-motor ini tidak memerlukan belitan medan, dan mereka tidak mengalami kehilangan tembaga di rangkaian medan.
  • Kelemahan utama motor ini adalah, kapasitas pembangkit fluks kerja dalam celah udara terbatas. Namun, alasannya merupakan ekspansi beberapa materi magnetik modern menyerupai Samarium Cobalt & Neodymium Iron Boron, masalah ini sudah diputuskan sampai tingkat tertentu.

Aplikasi Motor DC Magnet Permanen

Aplikasi dari Motor DC Magnet Permanen tergolong yang berikut ini.
  • Motor-motor ini dalam beberapa aplikasi beragam dari fraksi ke banyak tenaga kuda. Ini dirancang dengan 200 kW untuk digunakan di aneka macam industri.
  • Ini berlaku di kendaraan beroda empat untuk mengoperasikan wiper beling depan serta mesin cuci, untuk naik ke jendela bawah, untuk menggerakkan blower untuk pendingin udara serta pemanas.
  • Ini digunakan dalam drive komputer, industri mainan.
  • Motor ini sanggup digunakan dalam mixer makanan, sikat gigi listrik, dan penyedot abu yang sanggup dipindahkan.
  • Ini digunakan dalam alat listrik yang berkhasiat menyerupai pemangkas lindung nilai, mesin bor, dll.
Jadi, ini semua wacana Motor DC Magnet Permanen. Dari isu di atas akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa motor ini sanggup digunakan secara luas di mana motor kecil diinginkan & juga kendali yang sungguh efisien tidak diperlukan, menyerupai mainan, mesin cuci, starter mobil, wiper, AC, disk drive komputer, blower panas, dll.