Pengertian Pompa Air Untuk Keperluan Industri






Pompa yakni mesin yang berfungsi memindahkan cairan dari permukaan yang rendah ke permukaan yang lebih tinggi atau mengirim cairan dari kawasan yang bertekanan rendah ke kawasan yang bertekanan lebih tinggi.


Fungsi Pompa Air

 
Water pump atau pompa air ialah unsur yang bertugas/berfunsi untuk menyerap sekaligus mendorong air yang terdapat pada metode pendinginan sehingga sanggup bersikulisasi pada mesin.


Pemakaian mesin pompa air atau water pump sungguh dipercaya di rumah tinggal, perkantoran, dan sebagainya. Fungsinya sungguh menolong Anda dalam mendapat air bersih, untuk menyanggupi banyak sekali keperluan harian. Mesin tersebut akan menyerap dan mendorong air, lalu disalurkan pada pipa menuju kran atau kawasan penampungan air.



Memperbaiki Pompa Air Berdasarkan Kerusakannya
 






1. POMPA AIR MATI TOTAL


Jika pompa air mati total penanganan yang pertama yakni dengan menganalisa saklar dan kabel, ada kemungkinan kabel / saklar rusak sehingga arus listrik tidak tersambung, anda sanggup mengeceknya menggunakan multimeter, avometer, atau tespen.
Setelah ditentukan tidak ada problem pada saklar dan kabel, maka berikutnya yakni menilik penggalan dalam pompa air, namun anda mesti mengenali jalur gulungan2 pada pompa air, kerusakan yang terjadi umpamanya pelumas kering sehingga pompa tidak sanggup berputar, atau karetnya kering (aus).

2. POMPA AIR HIDUP TAPI AIR TIDAK MENGALIR


"Penyakit" yang satu ini sering terjadi pada Pompa air, dimana Pompa air menyala namun air tidak sanggup mengalir. Hal ini lazimnya ada 2 penyebab, pertama air tidak terjangkau oleh pipa dan kedua alasannya yakni adanya udara yang masuk pada pipa penggalan penyedot (bocor) atau masuk angin, hal ini sanggup juga terjadi alasannya yakni saringan rusak atau impeler tidak presisi lagi yang membuat tidak sanggup menawan air.

Cara memperbaikinya cek penggalan pipa penyedot dan juga saringannya, bila tidak ada problem memiliki arti anda mesti menilik penggalan blok & impeler.

3. POMPA AIR HANYA BERDENGUN


Untuk problem ini, lazimnya ada kotoran atau kerak pada penggalan impeler atau klahar dalam dinamo, ini juga sanggup terjadi pada kapasitor nonpolar. Untuk memperbaikinya semestinya dibersihkan pada penggalan unsur tersebut.

4. POMPA AIR NYETRUM / KONSLET


Jika pompa air nyetrum, ada kemungkinan konslet pada tegangan fuse (ditespen nyala). Untuk memperbaikinya coba cek menggunakan Multimeter (biasanya ada gulungan lecet).

Itulah cara memperbaiki pompa air yang rusak / mati. Satu hal lagi yang lazimnya terjadi pada pompa air, yakni tekanan air lemah / loyo. Ini biasa terjadi alasannya yakni adanya pipa penyedot yang bocor, dinamo gulungan konslet atau kapasitor rusak. Jika yang mempunyai permasalahan gulungan dinamo atau pipa penyedot maka sanggup diperbaiki, namun bila kapasitor rusak maka mesti ganti yang baru.


Bila Anda Sedang Mencari Pompa Untuk Kebutuhan Industri Anda Bisa Menghubungi Kami
☎081314734479 , atau Kirim Email ke

✉Email: info@ashanua.com

PT. ASHANUA GLOBAL DINAMIKA