Pengertian Termostat Dan Prinsip Kerja Thermostat

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos'e-Hoover, termostat Anderson, termostat Berendsen, dan termostat Langevin (stokastik). Thermostat sungguh penting untuk menentukan bahwa metode pendingin AC yang dipasang di rumah Anda berfungsi optimal.

Perangkat ini disetel untuk menggugah atau mematikan pendingin AC (Air Conditioning), menyeimbangkan panas metode dan juga memungkinkan Anda menyeleksi suhu yang mesti ditetapkan. Artikel ini membahas wacana pemahaman termostat, prinsip kerja thermostat, jenis thermostat, dan investigasi thermostat.

Apa itu Termostat?

Sebuah termostat intinya menggugah dan mematikan metode pemanas. Mendeteksi dengan mencicipi suhu udara, menyala di saat pemanasan suhu udara turun di bawah pengaturan termostat, dan mati di saat suhu yang ditetapkan sudah mencapai.

Dengan memutar termostat ruangan ke pengaturan yang lebih tinggi yang tidak akan membangun panas di dalam ruangan. Seberapa cepat ruangan memanas tergantung pada konsep metode pemanas.

Misalnya ukuran boiler dan radiator. Memutar termostat ruangan ke pengaturan yang lebih rendah akan menghasilkan, ruangan sanggup dikontrol pada suhu yang lebih rendah dan meminimalisir energi. Sistem penghangat tidak berfungsi bila sakelar waktu atau sakelar pemrogram mati.

Pengertian Termostat

Rangkaian sederhana termostat elektronik menggunakan IC LM356 ditunjukkan di bawah ini. IC ini sederhana, berdaya rendah, output ganda, dan termostat presisi. IC LM56 mempunyai banyak sekali fitur berharga menyerupai sensor suhu interior, dua pembanding tegangan internal, rujukan tegangan internal, dll. Di sini VT1 dan VT2 yakni dua titik suhu-trip yang stabil yang terbentuk dengan memisahkan IC LM356.

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat

Tiga resistor eksternal menyerupai R1, R2 dan R3 digunakan untuk tegangan rujukan internal 1.250V. Ada dua output untuk IC LM356 yakni output1 dan output2, Setiap kali suhu meningkat di atas T1 maka output menjadi rendah. Demikian pula, suhu menurun di bawah T1 maka outputnya menjadi tinggi.

Dengan cara yang serupa output2 juga menjadi tinggi di saat suhu di bawah T2 dan menjadi lebih rendah di saat suhu naik T2.Di sini, dengan menghubungkan beban penghangat dan relai pendingin L1 dan L2 kita sanggup membangun rangkaian termostat elektronik sederhana yang sanggup dibangun.

Nilai tiga Resistor R1, R2 dan R3 untuk titik perjalanan yang dikehendaki VT1 & VT2 sanggup dijumlah menggunakan persamaan berikut.

VT1 = 1.250VX R1 / R1 + R2 + R3
VT2 = 1.250VX (R1 + R2) / R1 + R2 + R3

Dimana,
R1 + R2 + R3 = 27 kilo ohm
T2 atau VT1 = = 395 mV  alasannya yakni itu
R1 = VT1 / (1.25V) X 27 k Ohm
R2 = VT2 / (1.25V) X 27 k Ohm –R1
R3 = 27 k Ohm –R1 -R2

Prinsip Kerja Thermostat

Sensor suhu dalam termostat mekanik berisikan dua keping logam yang tertutup bersama. Setiap jenis logam mempunyai tingkat kemajuan yang berlawanan di saat dipanaskan dan didinginkan, yang mengontrol suhu termostat. Ketika Anda menertibkan suhu pada termostat mekanik, panas dikontrol di saat kekuatan suhu menanti meraih titik setel, maka penghangat akan dimatikan.

Pemanas akan berbalik terbalik sekali lagi di saat suhu kamar turun di bawah suhu yang dikontrol dan siklus berulang. Karena termostat mekanik sempurna dalam 2 dan 5 derajat, tergantung pada model, yang diterjemahkan menjadi pergantian suhu beberapa derajat.

Termostat elektronik tergolong sensor digital yang jauh lebih sempurna dan reaktif. Ayunan suhu dengan termostat elektronik jauh lebih kecil. Banyak dari mereka berada dalam 1 derajat suhu, yang sanggup dikontrol pada termostat.

Jenis Thermostat

Jenis thermostat tersedia dalam lima jenis dasar
  • Jenis thermostat tegangan linear
  • Jenis thermostat bertegangan rendah
  • Jenis thermostat yang sanggup diprogram
  • Jenis thermostat Mekanik
  • Jenis thermostat elektronik

Jenis Thermostat Line-Voltage

Jenis thermostat ini digunakan dalam metode penghangat tunggal, serta metode radiator dan bantalan tiang. Termostat tegangan-line dipasang pada seri dengan pemanas, biasanya pada 240V. Dalam jenis koneksi ini, arus mengalir ke seluruh termostat dan ke pemanas.

Sayangnya, termostat itu sendiri mesti meraih suhu ruang yang disetel, menyebabkannya mati sebelum penghangat mesti menenteng seluruh ruangan untuk menertibkan suhu.

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat

Jenis Thermostat Line-Voltage Rendah

Termostat bertegangan rendah lebih bisa mengendalikan arus udara. Termostat ini digunakan di beberapa metode HVAC sentra yang menggunakan listrik, gas, dan oli. Mereka juga sanggup digunakan dalam metode penghangat air, khususnya di katup zona, dan dalam metode kesatuan listrik.

Dengan termostat bertegangan rendah, Anda tidak hanya sanggup mengontrol arus dengan tepat, tapi juga lebih gampang menggunakan kendali yang sanggup diprogram. Ini terjadi secara terstruktur alasannya yakni mereka beroperasi antara 50V dan 24V, berlawanan dengan 240V yang digunakan untuk termostat tegangan-line.

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat
Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat

Jika Anda sudah menginstal termostat yang sanggup diprogram, Anda sanggup mempunyai suhu sendiri di rumah Anda secara otomatis diselaraskan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Ini memiliki arti bahwa Anda akan menjaga waktu meminimalisir energi alasannya yakni Anda sanggup membiarkan perangkat menurunkan suhu di rumah Anda bila tidak ada dan memperbesar panas di saat dibutuhkan.

Termostat yang sanggup diprogram sanggup dibeli dalam sejumlah model. Yang lebih sederhana memungkinkan Anda untuk memprogram, pengaturan suhu siang dan malam hari, sedangkan yang lebih rumit sanggup diprogram untuk menyesuaikan suhu secara berlawanan untuk hari dan waktu yang berlawanan dalam seminggu.

Thermostat Mekanik

Ini mungkin termostat paling murah dan termudah yang sanggup Anda pasang. Mereka juga memperlihatkan bellow yang diisi uap atau strip bi-logam, yang bereaksi kepada kombinasi suhu. Termostat mekanik careful, tidak sanggup diandalkan, utamanya versi paling murah yang menciptakan penggunaan strip bi-logam.

Kelemahan utama yang mungkin Anda alami dengan termostat ini adalah, ia mesti bertindak dengan respons lambat dari strip bi-logam, yang mungkin menciptakan kombinasi suhu utama, lebih dari atau di bawah titik setel yang disukai.

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat

Thermostat Elektronik

Berbeda dengan thermostat mekanis, ini yakni termostat yang menggunakan perangkat elektronik untuk mendeteksi suhu dan lalu mulai mengontrol metode penghangat Anda. Mereka lebih singkat merespons kombinasi suhu. Anda sanggup mempunyai termostat elektronik juga untuk tegangan kanal atau untuk kebutuhan tegangan rendah.

Perangkat ini akan memberi Anda banyak fasilitas dengan fitur yang menyerupai dengan kesanggupan pemrograman dan kemunduran otomatis. Untuk argumentasi ini, termostat elektronik lebih mahal ketimbang alternatif mekanik.

Teknik terkenal untuk mengontrol suhu berisikan termostat Nos Pengertian Termostat dan Prinsip Kerja Thermostat

Aplikasi Thermostat

Termostat digunakan untuk memonitor dan mengontrol suhu area dalam. Termostat elektronik akan mencicipi suhu, menyerupai dengan Termistor atau Termokopel, dan mengembalikan sinyal listrik ke metode pemanas, penganginan, dan pendingin udara (HVAC) lainnya, fungsi yang representatif (mis. Pemanasan, pendinginan, dll.) mesti diaktifkan.

Karena tidak mempunyai bentuk termostat, metode HVAC tidak akan mempunyai umpan balik atau kontrol, menjadikannya mahal, boros, dan tidak sanggup menjaga suhu yang stabil.

Termostat elektronik yang melacak waktu terbatas dan hari dalam sepekan sanggup diprogram dengan profil suhu yang menolong mengurangi ongkos energi dan menaikkan kenyamanan. Termostat digunakan dalam perangkat nirkabel.

Pada postingan di atas kita sudah membahas apa itu termostat (thermostat) dan bagaimana termostat melakukan pekerjaan dan prinsip kerja thermostat terlibat di dalamnya.

5 jenis termostat yakni Linear-voltage, termostat low-voltage, termostat yang sanggup diprogram, termostat mekanik kesannya termostat elektronik diterangkan secara rinci. Semua jenis termostat ini bekerja, mekanisme, dan metode operasi dibahas dalam postingan dan juga aplikasi termostat real time.