Photosel : Jenis, Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian Dan Aplikasinya

Pada dasarnya, Photocell yakni salah satu jenis resistor, yang sanggup dipakai untuk merubah nilai resistifnya menurut intensitas cahaya. Photosel ini murah, mudah diperoleh dalam banyak sekali ukuran serta spesifikasi. Setiap sensor photosel akan tampil berlainan ketimbang modul lain, bahkan jikalau mereka dari keluarga yang sama.

Sebenarnya, pergantian ini sanggup lebih tinggi, besar, dll. Karena argumentasi ini, mereka tidak sanggup dipakai untuk menyeleksi tingkat cahaya yang sempurna di dalam pabrik candela atau lux. Artikel ini membahas pemahaman photosel yang meliputi prinsip kerja, diagram rangkaian, jenis, dan aplikasinya.

Apa itu Photosel?

Photosel sanggup didefinisikan sebagai; Photocell yakni modul peka cahaya. Ini sanggup dipakai dengan menghubungkan ke rangkaian listrik atau elektronik dalam banyak sekali aplikasi seumpama pencahayaan matahari terbenam sampai matahari terbit yang menyala secara mekanis setiap kali intensitas cahaya rendah.

Ini juga dipakai dalam aplikasi lain seumpama alarm penyusup dan juga pintu otomatis. Karena photocell yakni salah satu jenis sensor, yang sanggup dipakai untuk memungkinkan Anda mencicipi cahaya.

Fitur utama photosel meliputi perangkat yang kecil, berdaya rendah, ekonomis, sungguh mudah digunakan. Karena argumentasi ini, ini sering dipakai dalam gadget, mainan, dan peralatan. Sensor-sensor ini sering disebut selaku Cell Cadmium-Sulfida (CdS). Ini berisikan photo resistor dan LDR.

 Photocell yakni salah satu jenis resistor Photosel : Jenis, Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian dan Aplikasinya

Sensor-sensor ini sesuai untuk aplikasi yang peka kepada cahaya seumpama adanya cahaya atau gelap. Jika lampu blok ada di depan sensor, jikalau ada sesuatu yang mengusik sinar laser, sensor yang memiliki sebagian besar cahaya menghantam.

Konstruksi Photosel

Pembangunan photosel sanggup ditangani dengan tabung gelas yang dievakuasi yang meliputi dua elektroda seumpama pengumpul dan emitor. Bentuk terminal emitor sanggup dalam bentuk silinder semi-berongga. Itu senantiasa dikelola pada potensi negatif.

Bentuk terminal pengumpul sanggup dalam bentuk logam yang sanggup dikelola pada sumbu emitor sebagian silinder. Ini sanggup secara konstan disimpan di terminal positif. Tabung gelas yang dievakuasi sanggup diperbaiki di atas dasar non-logam & pin dipersiapkan di base untuk koneksi eksterior.

Prinsip Kerja Photosel

Prinsip kerja photosel sanggup bergantung pada terjadinya persoalan listrik & pengaruh fotolistrik. Ini sanggup dipakai untuk merubah energi cahaya menjadi energi listrik. Ketika terminal emitor terhubung ke terminal negatif (-ve) & terminal pengumpul terhubung ke terminal faktual (+ve) baterai.

Radiasi frekuensi akan lebih dari frekuensi ambang batas material dalam emitor, dan kemudian emisi foton akan terjadi. Elektron foton terlibat dalam arah kolektor. Di sini terminal pengumpul yakni terminal faktual sehubungan dengan terminal emitor. Oleh sebab itu, pemikiran arus akan ada di dalam rangkaian. Jika intensitas radiasi ditingkatkan, maka arus fotolistrik akan meningkat.

Diagram Rangkaian Photosel

Photosel yang dipakai dalam rangkaian ini dinamai rangkaian penginderaan gelap atau transistor rangkaian diaktifkan. Komponen yang dikehendaki untuk membangun rangkaian utamanya meliputi breadboard, kabel jumper, baterai 9V, LED.

Rangkaian photosel di atas melakukan pekerjaan dalam dua keadaan seumpama saat ada cahaya dan saat gelap. Dalam kasus pertama, resistansi photosel kurang, dan kemudian akan ada pemikiran arus lewat resistor kedua seumpama 22Kilo Ohm & photosel. Di sini, transistor 2N222A melakukan pekerjaan seumpama isolator. Kaprikornus jalur yang tergolong LED1, R1 & transistor akan mati.

 Photocell yakni salah satu jenis resistor Photosel : Jenis, Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian dan Aplikasinya

Dalam kasus kedua, resistansi photosel tinggi, maka jalur rangkaian akan berubah. Kaprikornus resistansi rendah akan ada di sana ke arah base transistor atau lewat photosel.

Setiap kali terminal base dari transistor mendapat daya, maka transistor 2N222A melakukan pekerjaan seumpama konduktor. Jalur tergolong LED, R1 & transistor 2N222A akan AKTIF & LED akan berkedip. Jadi, jikalau terminal base dari transistor mendapat daya, maka transistor akan melakukan pekerjaan seumpama konduktor maka LED akan menyala.

Jenis-jenis Photosel

Photosel tersedia dalam banyak sekali jenis
  • Fotovoltaik
  • Perangkat yang Digabungkan dengan muatan
  • Foto resistor
  • Sel Golay
  • Fotomultiplier

Sel Fotovoltaik

Fungsi utama Sel fotovoltaik yakni merubah energi dari matahari menjadi listrik. Arus yang sanggup dipakai sanggup terjadi setiap kali foton mengalahkan elektron di atas sel menjadi energi yang tinggi.

Perangkat yang Digabungkan dengan Muatan

Perangkat charge-coupled sanggup dipakai oleh komunitas ilmiah sebab ini yakni sensor foto yang sungguh konsisten & tepat. Ketika muatan yang dihasilkan oleh sensor foto sensor sanggup dipakai untuk menyidik banyak sekali hal dari galaksi sampai cuma molekul.

Foto Resistor

LDR (Light Dependent Resistor) yakni salah satu jenis perangkat sensor yang resistivitasnya sanggup dikurangi dengan jumlah cahaya yang terpapar. Meter lampu kamera & beberapa alarm menggunakan foto resistor murah dalam aplikasi mereka.

Sel Golay

Sel Golay utamanya dipakai untuk mencicipi radiasi infrared. Silinder plat logam yang menghitam diisi dengan gas xenon pada satu ujung. Energi infrared yang jatuh di atas plat yang menghitam akan memanaskan gas di dalam silinder & memutar diafragma lentur ke ujung lainnya. Di sini, gerak dipakai untuk mengenali keluaran sumber energi.

Fotomultiplier

Fotomultiplier yakni sensor yang sungguh sensitif. Cahaya yang tidak terang sanggup dikalikan 100 juta kali.

Aplikasi Photosel

Aplikasi photosel meliputi yang berikut ini.
  • Photosel dipakai dalam lampu otomatis untuk mengaktifkan setiap kali gelap, dan aktivasi / penonaktifan lampu jalan utamanya tergantung pada hari apakah itu siang atau malam.
  • Ini dipakai selaku timer dalam perlombaan lari untuk menjumlah kecepatan pelari.
  • Photosel dipakai untuk menjumlah kendaraan di jalan.
  • Ini dipakai selaku pengganti Sel fotovoltaik & resistor variabel.
  • Ini dipakai dalam lux meter untuk menyeleksi intensitas cahaya.
  • Ini dipakai selaku sakelar dan sensor
  • Ini dipakai dalam alarm pencuri untuk melindungi dari pencuri.
  • Ini dipakai dalam robotika, di mana pun mereka mengarahkan robot untuk bersembunyi dari persepsi dalam gelap, atau mengikuti suar atau garis.
  • Ini dipakai dalam pengukur pencahayaan yang sanggup dipakai dengan kamera untuk mengenali waktu pemaparan yang sempurna untuk mendapat foto yang bagus.
  • Photosel dipakai dalam reproduksi bunyi yang sanggup direkam pada film film.
  • Ini dipakai dalam lampu Dusk-ke-Dawn.
Jadi, ini semua mengenai pemahaman photosel. Fungsi utama photocell yakni untuk mendeteksi cahaya saat lampu menyala, atau setiap kali matahari keluar.