Pompa Air Tenaga Surya: Rangkaian Jenis Dan Aplikasinya

Saat ini, pasokan air higienis dan konsisten wajib namun jumlah orang dikala ini tak punya ketentuan dasar ini. Pompa air tenaga surya menggunakan metode energi matahari merupakan teknologi yang menawan dengan lingkungan serta sosial untuk memasok air di lokasi terpencil. Makara ini senantiasa merupakan teknologi yang diseleksi secara ekonomi.

Umumnya, tempat-tempat terpencil khususnya bergantung pada mesin diesel, tenaga untuk memasok air. Pompa ini mengambil alih pompa yang ada untuk memamerkan banyak faedah seumpama yang berhubungan dengan cuaca, dan sosial ekonomi. Pompa ini khususnya berlaku di irigasi, dan persediaan air. Artikel ini membahas apa itu pompa air tenaga surya, rangkaian, diagram blok, jenis, dan aplikasi.

Apa itu Pompa Air Tenaga Surya?

Pengertian pompa air tenaga surya adalah, seumpama namanya pompa menggunakan energi matahari untuk berfungsi. Pompa tenaga surya kuat, pemasangannya sederhana, perawatan minimum dikehendaki dan sungguh tidak murah jikalau ketimbang pompa air normal.

Umur pompa ini optimal 20 tahun. Tetapi dari waktu ke waktu panel surya perlu dibersihkan untuk menjalankannya. Jenis pompa ini khususnya digunakan di mana ada dilema listrik atau catu daya yang konsisten tidak sanggup diakses.

pasokan air higienis dan konsisten wajib namun jumlah orang dikala ini tak punya ketent Pompa Air Tenaga Surya: Rangkaian Jenis dan Aplikasinya

Diagram Blok Pompa Air Tenaga Surya

Diagram blok pompa air tenaga surya khususnya meliputi panel surya, pompa air, motor listrik, dan pengontrol. Pompa ini intinya merupakan pompa listrik, dan pompa ini menggunakan listrik yang diterima dari panel surya untuk bekerja.

Panel-panel ini menyimpan energi dari matahari. Motor listrik mengurus arus bolak - balik AC atau arus searah DC. Pengontrol yang digunakan dalam metode ini menyesuaikan daya output serta kecepatan.

pasokan air higienis dan konsisten wajib namun jumlah orang dikala ini tak punya ketent Pompa Air Tenaga Surya: Rangkaian Jenis dan Aplikasinya

Bagaimana Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya?

Ketika energi matahari menjatuhkan sinar matahari pada panel fotovoltaik maka panel surya merubah sinar menjadi energi listrik dengan pinjaman wafer Si yang terpasang di panel fotovoltaik.

Kemudian supply energi matahari ke motor listrik untuk mengoperasikan metode pompa menggunakan kabel. Dengan revolusi poros yang dipasang pada pompa, maka pompa mulai mengambil air tanah dan memasok ke ladang.

pasokan air higienis dan konsisten wajib namun jumlah orang dikala ini tak punya ketent Pompa Air Tenaga Surya: Rangkaian Jenis dan Aplikasinya

Jenis-jenis Pompa Air Tenaga Surya

Pompa air tenaga surya diklasifikasikan menjadi empat jenis yakni pompa air tenaga surya submersible, pompa air tenaga surya permukaan, pompa DC, dan pompa AC.

Pompa Air Tenaga Surya Submersible

Pompa ini sanggup mengangkat air sampai 650 kaki dan muat di dalam sumur besar. Setiap kali kedalaman air di sumur berada di atas 20 kaki dari permukaan maka pompa ini sanggup pribadi mematikan baterai, panel surya, atau sumber daya dalam beberapa kasus.

Umumnya, air dipompa seharian dikala matahari bersinar & air disimpan dalam tangki untuk digunakan kapan pun diperlukan. Disarankan untuk menyimpan air cuma dalam keadaan cuaca yang bagus alasannya merupakan jikalau cuaca tidak baik maka air tidak akan memompa.

Jenis pompa ini khususnya digunakan di tempat-tempat di mana air sanggup diakses pada kedalaman yang lebih besar & di mana pun sumur terbuka tidak ada. Kedalaman yang diusulkan tertinggi untuk pemompaan merupakan 50 meter.

Silakan merujuk tautan untuk tahu lebih banyak ihwal Kontrol Pompa Air Tenaga Surya Submersible Otomatis untuk Irigasi.

pasokan air higienis dan konsisten wajib namun jumlah orang dikala ini tak punya ketent Pompa Air Tenaga Surya: Rangkaian Jenis dan Aplikasinya

Pompa Air Tenaga Surya Permukaan

Pompa ini digunakan di kolam, sumur dangkal, tangki penyimpanan atau pedoman sungai. Jika kedalaman pasokan air di sumur merupakan 20 kaki atau kurang dari 20 kaki dari permukaan. Umumnya, pompa ini tidak sanggup mengambil air yang sungguh tinggi dari sumur dalam, mereka sanggup mendorong air 200 kaki atau di atas jarak. Pompa ini cocok untuk memompa serta mengangkat air dari kedalaman tertinggi 20-meter.

Pompa Air Tenaga Surya DC

Motor yang digunakan dalam jenis pompa ini melakukan pekerjaan dengan arus searah, sehingga tidak perlu untuk inverter atau baterai.

Pompa Air Tenaga Surya AC

Motor yang digunakan dalam jenis pompa ini melakukan pekerjaan dengan AC, yang memiliki arti DC yang dihasilkan oleh panel diubah menjadi AC dengan pinjaman inverter. Konversi ini memunculkan kegagalan daya dari bikinan & pemanfaatan.

Bagaimana Cara Memilih Panel Surya?

Panel surya yang digunakan untuk menyalakan pompa air dijual sendirian. Setiap pembuat panel surya menawarkan tabel yang memamerkan pemberitahuan ihwal berapa banyak amp, watt dan volt daya yang mereka perlukan untuk menciptakan pedoman air yang digemari atau diambil.

Setiap kali Anda memutuskan jenis pompa air tenaga surya yang sesuai, maka manfaatkan grafik itu untuk memperkirakan watt panel yang akurat. Jumlah panel yang diperlukan, serta pompa, khususnya tergantung pada berapa banyak GPD (galon per hari) atau GPM (galon per menit) yang ingin Anda pompa.

Kelebihan Pompa Air Tenaga Surya

Keuntungan pompa air tenaga surya meliputi yang berikut ini.
  • Instalasi pompa air tenaga surya fleksibel & berlaku untuk aneka macam aplikasi.
  • Hal ini memungkinkan orang untuk menanggulangi pasokan air mereka untuk minum, menyiram binatang ternak, irigasi, & aplikasi perumahan lainnya.
  • Secara umum, penggunaan air di animo panas merupakan yang terbaik. Selama animo ini, panel fotovoltaik sanggup menciptakan daya terbesar sehingga lebih banyak air sanggup dipompa ke dalam tangki air.
  • Karena fasilitas pompa air tenaga surya, teknologi surya konsisten, serta memerlukan proteksi kecil.

Kekurangan Pompa Air Tenaga Surya

Kerugian pompa air tenaga surya tergolong yang berikut ini.
  • Itu mahal.
  • Output panel akan tergantung pada cuaca.
  • Ini memerlukan tangki penyimpanan air serta baterai.

Aplikasi Pompa Air Tenaga Surya

Aplikasi pompa air tenaga surya khususnya digunakan di mana memompa air diperlukan.
  • Pasokan air untuk hewan
  • Pasokan air untuk irigasi panen
  • Pasokan air untuk mengolah makanan dan persediaan air minum.
Jadi, ini semua ihwal Pompa Air Tenaga Surya. Dari pemberitahuan di atas, akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa pompa air ini sungguh efisien ketimbang yang tradisional. Pompa ini sungguh digunakan dalam kecil-kecilan untuk petani, peternakan hortikultura, memberi makan ternak, irigasi, kebun, dll. Selanjutnya, pompa ini juga digunakan dalam ekstraksi gas dan minyak.

Info Pemesanan: 


PT. ASHANUA GLOBAL DINAMIKA

Email: info@ashanua.com

https://ashanua.com

Call: 081314734479

produk lainnya : pompa teral ~ pompa terada