Rangkaian Sensor Ldr Dan Cara Kerja Ldr (Light Dependent Resistor)

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara manual dalam beberapa kesempatan. Tetapi proses mengontrol perlengkapan sanggup membuat pemborosan daya lantaran kecerobohan insan atau kondisi yang tidak biasa.

Untuk menangani persoalan ini, kita sanggup menggunakan rangkaian sensor LDR untuk mengontrol beban menurut intensitas cahaya. Foto-Resistor atau sensor LDR yakni perangkat yang yang dibikin dari materi semikonduktor resistansi tinggi. Artikel ini menampilkan citra biasa mengenai apa itu LDR, rangkaian sensor LDR, dan cara kerja LDR.

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara m Rangkaian Sensor LDR dan Cara Kerja LDR (Light Dependent Resistor)

Kontruksi LDR Sensor Cahaya

Konstruksi LDR meliputi materi peka cahaya yang diposisikan pada substrat isolasi seumpama keramik. Bahan diposisikan dalam bentuk zigzag untuk mendapat peringkat daya dan ketahanan yang dibutuhkan. Area zigzag memisahkan area logam yang diposisikan menjadi dua wilayah.

Di mana kontak Ohmic dibentuk baik di segi area. Resistansi kontak mesti sesedikit mungkin untuk menentukan bahwa resistansi, utamanya beraneka ragam lantaran dampak cahaya saja. Penggunaan materi timbal & kadmium dikesampingkan lantaran berbahaya bagi lingkungan.

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara m Rangkaian Sensor LDR dan Cara Kerja LDR (Light Dependent Resistor)

Cara Kerja LDR

Cara kerja Sensor LDR yakni konduktivitas foto, yang tidak lain yakni fenomena optik. Ketika cahaya diserap oleh material maka konduktivitas material berkurang. Ketika cahaya jatuh pada LDR, maka elektron dalam pita valensi material sungguh ingin ke pita konduksi.

Tetapi, foton dalam cahaya yang tiba mesti memiliki energi lebih tinggi dibandingkan dengan celah pita materi untuk menghasilkan elektron melompat dari satu pita ke pita yang lain (valensi sampai konduksi).

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara m Rangkaian Sensor LDR dan Cara Kerja LDR (Light Dependent Resistor)

Karenanya, di saat cahaya memiliki energi yang cukup, lebih banyak elektron yang terpesona pada pita konduksi yang memiliki nilai dalam sejumlah besar pembawa muatan. Ketika dampak dari proses ini dan ajaran arus mulai mengalir lebih banyak, resistansi perangkat berkurang.

Rangkaian Sensor LDR

Rangkaian sensor LDR yakni rangkaian elektronik yang dibangun dengan LDR, Relay, Transistor Darlington, Dioda, & Resistor yang ditunjukkan pada diagram rangkaian di bawah ini. Supply tegangan diberikan ke beban

Tegangan DC yang dikehendaki dari rangkaian LDR disupply dari rangkaian penyearah jembatan atau baterai. Rangkaian ini merubah supply AC menjadi DC. Rangkaian penyearah jembatan menggunakan transformator step-down untuk menurunkan tegangan dari 220v ke 12v. Dioda dihubungkan dalam bentuk jembatan yang digunakan untuk merubah tegangan AC menjadi DC.

Regulator tegangan digunakan untuk merubah 12v DC-6V DC, dan kemudian, tegangan DC ini disupply ke seluruh rangkaian. Supply AC 220v untuk penyearah jembatan dan beban mesti dijaga terus menerus untuk operasi berkesinambungan dari rangkaian sensor LDR.

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara m Rangkaian Sensor LDR dan Cara Kerja LDR (Light Dependent Resistor)

Di waktu pagi, sensor ini memiliki resistansi rendah sekitar 100Ω. Dengan demikian, catu daya mengalir lewat sensor LDR & ground lewat variabel resistor dan resistor seumpama yang ditunjukkan pada rangkaian sensor LDR di atas.

Hal ini disebabkan oleh resistansi yang dipersiapkan oleh sensor LDR di siang hari atau di saat cahaya jatuh pada sensor LDR, maka itu kurang dibandingkan dengan resistansi dari serpihan yang tersisa dari rangkaian sensor. Kami berhati-hati kepada prinsip arus, bahwa ajaran arus senantiasa mengalir di jalur resistansi rendah.

Oleh lantaran itu, coil relay tidak mendapat supply yang cukup untuk diperkuat. Karenanya, lampu dimatikan di siang hari. Dengan cara yang sama, pada waktu malam hari, resistansi sensor LDR meningkat ke nilai tinggi (20MΩ). Dengan demikian, lantaran resistansi yang tinggi dari resistor, ajaran arus rendah atau nyaris nol.

Sekarang, ajaran arus lewat jalur resistansi rendah sehingga mengembangkan tegangan base transistor Darlington untuk meraih lebih dari 1.4v. Ketika transistor Darlington dipicu, coil relay mendapatkan supply yang cukup untuk mendapat energi, dan karenanya, lampu beralih di malam hari.

Aplikasi Sensor LDR

Sensor LDR yakni perangkat sederhana dan berbiaya rendah. Perangkat ini digunakan di mana ada keperluan untuk mencicipi ada dan tidak adanya cahaya yang diperlukan. Resistor ini digunakan selaku sensor cahaya dan aplikasi sensor LDR utamanya meliputi kunci alarm, lampu jalan, meter intensitas cahaya, rangkaian alarm pencuri.

Untuk lebih mengetahui rancangan ini, di sini kami sudah menerangkan satu proyek yaitu; meminimalisir daya lampu jalan yang dikendalikan intensitas menggunakan sensor LDR.

Penghematan Daya Intensitas Lampu Jalan menggunakan Sensor LDR

Saat ini, penerangan jalan raya dijalankan lewat lampu HID tetapi, konsumsi energi lampu ini tinggi dan juga tidak ada prosedur khusus untuk menyalakan/mematikan lampu dari matahari terbit sampai matahari terbenam.

Untuk menangani persoalan ini, berikut yakni sistem alternatif menggunakan LED yakni pengurangan energi lampu jalan yang dikendalikan intensitas menggunakan sensor LDR.

Pengontrolan lampu dan perlengkapan rumah tangga biasanya dioperasikan dan dipelihara secara m Rangkaian Sensor LDR dan Cara Kerja LDR (Light Dependent Resistor)

Sistem yang disarankan dibangun untuk menangani kehabisan dari lampu HID dikala ini. Sistem yang disarankan menyeleksi penggunaan dioda LED selaku sumber cahaya dan kendali intensitas yang sanggup diubahsuaikan sesuai dengan kebutuhan. Lampu ini menyantap daya yang lebih kecil serta masa pakai lampu ini lebih dibandingkan dengan lampu HID konvensional.

Fitur terpenting dari proyek ini adalah, intensitas cahaya sanggup diatur sesuai dengan keperluan selama waktu malam hari, yang sulit dipercayai pada lampu HID. LDR digunakan untuk mendeteksi cahaya dan persoalan LDR menyusut secara drastis sesuai dengan cahaya di siang hari, yang terbentuk selaku sinyal input daya ke pengontrol.

Sekelompok LED digunakan untuk menghasilkan lampu jalan dan menggunakan mikrokontroler dalam proyek diprogram dengan arahan yang mengontrol intensitas cahaya menurut sinyal PWM (modulasi lebar pulsa) yang dihasilkan.

Intensitas cahaya dijaga tetap tinggi pada malam hari, dan lantaran kemudian lintas di jalan condong turun pada jam sibuk, intensitas juga turun secara sedikit demi sedikit sampai pagi hari. Akhirnya lampu LED dimatikan pada jam 6 pagi, dan berlanjut lagi pada jam 6 sore. Proses ini akan berlanjut.

Selanjutnya, proyek ini sanggup dikembangkan dengan mencampurnya dengan panel surya, yang merubah intensitas energi matahari menjadi tegangan yang setara dan energi matahari digunakan untuk memberi makan lampu di jalan raya.

Dengan demikian, ini semua mengenai cara kerja LDR dan diagram rangkaian sensor LDR dan aplikasinya. Kami harap Anda mendapat rancangan yang lebih baik lewat postingan ini.