Relay Bucholz Dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, Dan Aplikasinya

Relay Bucholz pertama kali dipraktekkan pada tahun 1921 oleh “Max Bucholz. Relay ini yakni perangkat keselamatan yang digunakan di bidang-bidang seumpama transmisi daya, serta distribusi.

Relay ini sudah disimpan pada beberapa transformator berisi minyak, dan digunakan selaku alat pelindung untuk kegagalan listrik pada transformator seumpama kebocoran arus, pelepasan fraksional, titik panas dan lengkung yakni fenomena yang menciptakan agresi isolasi degradasi minyak dengan menciptakan pemikiran berbahaya gas dalam tangki transformator.

Ketika trafo sudah dekat, maka ia mempunyai pengaruh ekonomi yang besar pada operasi jaringan catu daya. Dengan demikian, ini berencana untuk memutuskan pengukuran yang sempurna dari keadaan transformator.

Apa itu Relay Bucholz?

Relay Bucholz yakni perangkat keselamatan yang umumnya digunakan pada Relay keselamatan yang diaktifkan minyak dan gas.

Tujuan Relay Bucholz yakni untuk menyediakan pertolongan terhadap transformator dari aneka macam kesalahan yang terjadi pada transformator seumpama Hubungan pendek (konsleting), antar belokan, inti, gres mulai, dll. Relay ini akan mencicipi kesalahan ini dan menutup rangkaian alarm. Diagram Bucholz ditampilkan di bawah ini.

Relay Bucholz pertama kali dipraktekkan pada tahun  Relay Bucholz dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasinya

Fitur utama Relay Bucholz meliputi konsistensi yang terbukti di lapangan, Tidak ada alarm palsu, desainnya kuat, rancangan khusus untuk aplikasi OLTC, transformator kedap udara dan transformator dengan konservator dengan tas karet, dll.

Prinsip Kerja Relay Bucholz

Prinsip kerja dan operasi Relay Bucholz sungguh sederhana. Fungsi relay ini tergantung pada fenomena mekanis, yang artinya diaktifkan secara mekanis. Ketika akan ada kesalahan internal kecil di transformator seumpama kesalahan isolasi di antara belokan, berhenti melakukan pekerjaan pada inti transformator, suhu inti tinggi, minyak transformator akan membusuk dalam beraneka ragam gas hidrokarbon, Co, dan CO2.

Analisis gas relay Bucholz dihasilkan alasannya yakni peluruhan minyak transformator akan menumpuk di bab yang lebih tinggi dari wadah Bucholz yang mengakibatkan penurunan level minyak di dalamnya.

Relay Bucholz pertama kali dipraktekkan pada tahun  Relay Bucholz dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasinya

Ini mempunyai arti menurunkan lokasi pelampung dan dengan demikian memutar sakelar merkuri. Sakelar kontak berhenti dan rangkaian alarm menguat. Kadang-kadang alasannya yakni keluarnya minyak pada tangki utama, gelembung udara sanggup menumpuk di bab atas wadah relay Bucholz yang juga sanggup mengakibatkan setetes level minyak di dalamnya dan rangkaian alarm akan menguat.

Dengan menghimpun gas-gas yang terakumulasi dari kantong-kantong di puncak relay dan dengan memeriksanya, orang sanggup menghendaki jenis kesalahan pada transformator. Berbagai jenis kesalahan diikuti dengan pemikiran minyak yang mengenai baffle plate dan sumber sakelar merkuri dari bagian minor untuk ditutup.

Sakelar ini menggetarkan rangkaian trip pemutus sirkuit yang bersekutu dengan transformator dan tanpa penundaan mengisolasi transformator yang rusak dari metode tenaga listrik yang tersisa dari inter tripping pemutus sirkuit yang dihubungkan dengan kedua segi LV dan HV transformator. Beginilah cara kerja relay Bucholz.

Konstruksi Relay Bucholz

Relay Bucholz berisikan dua elemen, yakni bagian atas, dan bagian bawah. Di mana bagian atas meliputi sakelar jenis merkuri yang terhubung ke pelampung. Demikian pula, bagian bawah berisikan sakelar merkuri yang meningkat pada flap jenis berengsel yang terletak di garis lurus pemikiran minyak. Di sini, pemikiran minyak dari transformator ke konservatori yang bersinggungan dengan pelampung lainnya.

Relay Bucholz pertama kali dipraktekkan pada tahun  Relay Bucholz dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasinya

Bagaimana Cara Kerjanya?

Setiap kali terjadi kesalahan kecil dalam perangkat listrik, panas dihasilkan oleh arus gangguan. Panas yang dibentuk mengakibatkan dekomposisi gelembung minyak dan gas perangkat listrik dibuat. Gelembung gas ini berlangsung ke arah atas dan diperoleh terkumpul di dalam relay Bucholz.

Gas yang terkumpul memindahkan minyak dalam relay Bucholz dan oleh alasannya yakni itu perpindahannya serupa dengan jumlah gas yang dikumpulkan. Dislokasi oli mengakibatkan float yang lebih tinggi menutup sakelar merkuri yang lebih tinggi untuk menghubungkan rangkaian alarm.

Karenanya, begitu kesalahan kecil terjadi, maka alarm akan diaktifkan. Kuantitas gas yang dikumpulkan menyeleksi kekerasan yang terjadi. Di seluruh kesalahan kecil, pengerjaan gas tidak cukup untuk memindahkan float yang lebih rendah. Karenanya, di seluruh patahan kecil, float bawah tidak akan berubah.

Selama kesalahan utama, seumpama bab earth short, panas yang dihasilkan tinggi dan jumlah gas yang dibentuk terlalu besar. Jumlah gas yang sungguh besar ini sanggup mengalir ke atas secara merata, tetapi gerakannya cukup tinggi untuk memiringkan pelampung minor di dalam relay Bucholz.

Selama problem ini, pelampung yang lebih rendah sanggup mengambil sakelar merkuri yang lebih rendah yang sanggup mengakibatkan trip trafo dari supply.

Kelebihan dan Kekurangan Relay Bucholz

Kelebihan Relay Bucholz

  • Relay ini menyeleksi kesalahan antar belokan yang terjadi alasannya yakni pemanasan inti dan menolong dalam pencegahan kesalahan yang ketat.
  • Lingkungan dan kekerasan dari kesalahan akan menyeleksi tanpa memisahkan terpisah dari transformator dengan menilik sampel udara.

Kekurangan Relay Bucholz

  • Relay seperti ini berlaku untuk transformator yang diserap oli.
  • Relay ini cuma sanggup mendeteksi di saat level oli di bawah.
  • Relay ini tidak melindungi kabel penghubung. Kaprikornus keselamatan terpisah diinginkan untuk kabel.
  • Ini mempunyai waktu respons yang tinggi.
  • Waktu operasi paling tidak dari relay Bucholz yakni 0.1 detik.

Aplikasi Relay Bucholz

Berbagai jenis kesalahan transformator sanggup dilindungi oleh relay Bucholz dan yang diidentifikasi oleh alarm. Aplikasi relay Buccholz meliputi yang berikut ini.

Relay Bucholz pertama kali dipraktekkan pada tahun  Relay Bucholz dalam Transformator, Prinsip Kerja, Konstruksi, dan Aplikasinya
  • Relay Bucholz sanggup digunakan pada di saat Masuknya gelembung udara dalam minyak
  • Kegagalan isolasi baut Inti
  • Relay Bucholz sanggup digunakan di mana penghematan level oli akan rendah alasannya yakni kebocoran
  • Relay ini sanggup digunakan pada kontak listrik yang longgar dan buruk
  • Bushing menembus
  • Hubungan pendek (konsleting) antar tahap
  • Korsleting Gulungan

Kondisi Operasi Relay Bucholz

Relay Bucholz melakukan pekerjaan di tiga keadaan yaitu;
  • Kapan saja gelembung gas terbentuk di dalam transformator alasannya yakni kesalahan parah.
  • Setiap kali jumlah minyak dalam trafo turun.
  • Setiap kali minyak dalam transformator mengalir dengan segera dari tangki konservasi ke tangki utama atau dari tangki utama ke tangki konservasi.

Prosedur Pengujian Relay Bucholz

Berbagai jenis mekanisme pengujian relay Bucholz meliputi yang berikut ini.

Tes Kebocoran

Relay Bucholz sanggup dibungkus dengan minyak pada suhu 9°C dan dengan kekuatan batangan dan diverifikasi untuk pemikiran keluar sehabis 30 menit.

Tes Listrik

Koneksi isolasi pembumian sanggup memutuskan pada tegangan 2000V selama 1 menit.

Tes Fungsional

Pengujian relay Bucholz sanggup dilaksanakan pada unit pengujian terkontrol PLC yang dirancang khusus, serta semua keadaan jawaban metode kontak akan diverifikasi.

Tindakan Pencegahan untuk Instalasi Relay Bucholz

  • Sambungan konduktor mesti mempunyai sambungan kertas di saat mengontak terminal, bukan karet alasannya yakni sanggup rusak oleh coil.
  • Pelampung transformator mesti menilik kekakuan udara dengan, misalnya, merendamnya dalam minyak hangat untuk menciptakan kekuatan berlebih di dalamnya.
  • Pipa sambungan dan epilog relay mesti mempunyai kemiringan 1.5-3% dan tak punya bab luar yang memproyeksikan untuk memutuskan gas yang masuk ke konservator bersih.
Jadi, ini semua tentang relay Buccholz, prinsip kerja, konstruksi, Aplikasi dll. Dari manual relay Bucholz di atas, akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa relay ini tidak responsif terhadap tekanan eksternal. Tidak perlu melakukan service di seluruh fungsi.