Steam Boiler Tabung Air - Cara Kerja, Jenis-Jenis Boiler Tabung Air

Boiler tabung air khususnya dipakai untuk menciptakan uap dengan suhu tinggi serta tekanan. Struktur internal boiler ini tergolong drum uap kecil, tabung lebar kecil. Komponen dari boiler ini menciptakan uap volume tinggi untuk aplikasi berkapasitas tinggi.

Boiler ini merupakan boiler yang paling kerap digunakan, yang sudah mengambil alih beberapa boiler seumpama tabung api alasannya merupakan beberapa argumentasi seumpama berat tabung ini lebih sedikit, proses pengerjaan uap lebih cepat, desain khusus, efisiensi tinggi.

Tabung air sebelumnya meliputi susunan satu-satunya drum oleh header yang dihubungkan oleh tabung pendek lurus dan pipa bengkok. Gas panas akan mengalir di atas pipa dalam sekali jalan saja. Artikel ini membahas pemahaman boiler tabung air, cara kerja steam boiler tabung air, dan jenisnya.

Apa itu Boiler Tabung Air?

Boiler tabung air sanggup didefinisikan selaku steam boiler (boiler uap) di mana fatwa air dalam tabung, serta gas panas, melampirkan tabung. Tidak seumpama boiler tabung api, boiler ini meraih tekanan tinggi, serta kesanggupan uap tinggi, sanggup dicapai. Ini alasannya merupakan tekanan tangensial yang terkondensasi pada tabung yang dipahami selaku tekanan melingkar.

Boiler tabung air khususnya dipakai untuk menciptakan uap dengan suhu tinggi serta tekan Steam Boiler Tabung Air - Cara Kerja, Jenis-Jenis Boiler Tabung Air

Komponen Boiler Tabung Air

Boiler tabung air sanggup dibangun dengan shell boiler, burner, mud drum atau mud cincin, tungku, katup pengaman, saringan, beling pandang, katup periksa pakan, katup penghenti uap, dll.
  • Boiler Shell: Kerangka ini merupakan bab silinder eksternal dari wadah bertekanan.
  • Mud Drum: Ini merupakan ruang berupa silinder di dasar ruang air. Kotoran seumpama lumpur, sedimen, dan yang lain akan dikumpulkan.
  • Filter: Ini merupakan jenis perangkat selaku penyaring untuk menahan bagian padat membiarkan fluida mengalir.
  • Sight Glass: Sebuah tabung beling dipakai pada boiler tipe uap untuk memamerkan gejala level air yang sanggup diperhatikan dalam boiler.
  • Security Valve: Katup Pengaman keran pegas yang terbuka dikala paksa mengambil lokasi katup. Ini sanggup dipakai untuk menghentikan gaya yang tidak perlu dari konstruksi boiler
  • Boiler: Ini merupakan ruang yang dikelilingi untuk pembakaran materi bakar.
  • Feed-test Tap: Tap Uji Umpan Air gaya tinggi mengalir lewat keran ini, yang terlepas ke boiler dan memasok air ke boiler jenis air.
  • Steam-Stop Tap: Ini menertibkan pasokan fatwa uap di luar.
  • Burner: Ini merupakan salah satu jenis perangkat untuk permulaan udara dan materi bakar menjadi boiler pada kecepatan yang disukai. Ini merupakan alat yang terpenting untuk menembakkan gas atau minyak.

Cara Kerja Boiler Tabung Air

Cara kerja dari boiler tabung air merupakan menyita panas (sirkulasi air alami). Pada dasarnya, boiler jenis ini meliputi dua drum yakni steam, lower atau mud drum. Tabung air diagram boiler ditunjukkan di bawah, dan dua drum tersebut terkait lewat dua tabung seumpama downcomer dan riser.

Pada awalnya, air dipasok ke dalam drum jenis uap dengan pemberian pompa air. Setiap kali materi bakar dibakar, maka gas panas akan dihasilkan yang diizinkan untuk memasok di bab shell boiler. Gas panas yang dihasilkan oleh materi bakar akan mengambil alih panas dengan air; air meningkat menjadi uap. Karena, suhu air meningkat, fokus akan meningkat secara otomatis.

Jelas, fokus uap akan lebih rendah ketimbang air. Makara dalam drum uap, air, dan juga uap, terbagi terang alasannya merupakan kombinasi konsentrasi. Di sini perjalanan uap akan naik ke atas alasannya merupakan fokus rendah serta air akan bergerak ke bawah alasannya merupakan fokus tinggi.

Aliran air panas di dasar drum uap akan dipasok ke dalam drum lumpur lewat tabung downcomer serta untuk memanaskan air dalam drum jenis lumpur. Setiap kali pasokan air pendingin dimulai ke drum jenis uap alasannya merupakan fokus tinggi dari air dingin, dan itu bergerak ke bawah dalam tabung tipe downcomer bersahabat drum lumpur.

Ketika mentransfer air panas dari drum jenis lumpur ke drum jenis uap menggunakan riser tubes, maka hal itu berakibat pada sirkulasi air wajar di boiler jenis tabung air. Sebagai uap suplemen dihasilkan dalam boiler maka gaya dalam drum memajukan & pasokan air ke drum menyusut yang condong meminimalisir fatwa uap. Dengan cara yang sama, di saat laju bikinan uap meminimalisir gaya dalam boiler tabung-air berkurang, & suplai air ke dalam boiler memajukan yang condong memajukan laju produksi. Seperti ini, boiler tabung air menertibkan bikinan uap.

Jenis-jenis Boiler Tabung Air

Jenis-jenis boiler tabung air merupakan selaku berikut.
  • Boiler Vertikal Sederhana
  • Boiler Stirling
  • Boiler Babcock dan Wilcox

Boiler Vertikal Sederhana

Ini merupakan salah satu jenis boiler tabung air. Dalam tipe boiler ini, sumbu arah tegak lurus kepada posisi. Komponen utama dari boiler ini tergolong lubang abu, grate, feed cek tap, lubang api, tungku, cross box, lubang tangan, steker, meteran air, shell silinder, ruang uap, lubang, pengukur tekanan, uap stop tap, keamanan tap, cerobong asap.

Dalam jenis boiler ini, menggunakan materi bakar lubang api disertakan ke dalam perapian yang dihancurkan oleh api untuk menciptakan gas hangat. Lubang debu merupakan untuk menghimpun debu yang dikonversi dari materi bakar. Gas panas meningkat tinggi dan memasok panas ke air di dalam kotak silang, kemudian bergerak keluar menggunakan cerobong asap.

Boiler tabung air khususnya dipakai untuk menciptakan uap dengan suhu tinggi serta tekan Steam Boiler Tabung Air - Cara Kerja, Jenis-Jenis Boiler Tabung Air

Ketika air memanas dan menciptakan uap selaku jawaban dari pemanasan air kemudian dikumpulkan di ruang uap boiler. Uap dikumpulkan hingga kekuatan yang meyakinkan ditaklukkan & uap bergerak keluar untuk mengaktifkan mesin atau turbin. Boiler ini dipakai dalam kendaraan yang digerakkan tenaga uap serta mesin bergerak seumpama mesin uap kereta api, traktor uap, sekop uap, dan derek uap.

Boiler Stirling

Boiler Stirling merupakan salah satu jenis boiler tabung air, yang dipakai untuk menciptakan uap (50.000 kg uap / jam dan tekanan 60 kgf / cm2) di area besar pabrik stasioner. Jenis boiler ini berisikan 3 drum uap serta 2 drum lumpur. Drum uap terletak di bab atas boiler sedangkan drum lumpur terletak di dasar pengaturan. Drum uap dan drum lumpur terhubung lewat bank tabung bengkok.

Boiler tabung air khususnya dipakai untuk menciptakan uap dengan suhu tinggi serta tekan Steam Boiler Tabung Air - Cara Kerja, Jenis-Jenis Boiler Tabung Air

Ketika tabung diputar maka tekanan mekanis jawaban perpanjangan pipa sepanjang pemanasan tidak sanggup menghipnotis sistem. Dua drum serta tabung dirancang dari baja yang mau mendukung metode total.

Susunan boiler Stirling ditutup dengan tembok bata. Di sini, penataan watu bata akan menyingkir dari pembuangan panas di sekitarnya

Babcock dan Wilcox Boiler

Ini merupakan boiler tabung air lurus horisontal; ini memiliki drum uap yang yang dibikin dari baja. Dua ujung drum dikaitkan dengan serangkaian dua ujung header dengan pipa riser pendek. Ini dibuang pada sudut 15° ke sumbu horizontal drum uap. Pembuangan susunan tabung menolong dalam penyediaan air, dan ketinggian air dalam drum ditandai dengan indikator ketinggian air.

Boiler tabung air khususnya dipakai untuk menciptakan uap dengan suhu tinggi serta tekan Steam Boiler Tabung Air - Cara Kerja, Jenis-Jenis Boiler Tabung Air

Pintu api di boiler air akan terletak di bab bawah dan materi bakarnya akan disuplai lewat pintu ini dan terbakar di perapian. Bahan bakar yang terbakar akan menciptakan gas panas yang dipaksa di perapian untuk memasok ke atas dengan plat penyekat.

Di bab bawah boiler air, pengumpul lumpur terletak untuk menetralisir partikel lumpur menggunakan blow down cock. Oleh alasannya merupakan itu, sirkulasi air tanpa henti dari drum uap ke tabung air dijaga oleh arus konvektif alasannya merupakan perbedaan fokus dan disebut sirkulasi normal.

Jadi, ini semua wacana desain boiler tabung air, cara kerja steam boiler tabung air, dan jenisnya. Dari pemberitahuan di atas akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa semua bagian boiler tabung air cuma tersedia untuk memeriksa, memperbaiki dan membersihkan. Tetapi mereka memerlukan fokus yang hati-hati.