Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas-gas menggunakan sumber panas serta siklus. Gas-gas ini mengalir lewat pipa dengan drum berisi air. Prosedur ini secara efisien mentransmisikan panas dari gas panas ke air, yang secara efisien menciptakan uap.

Fitur utama boiler tabung api meliputi rancangan yang sederhana, gampang dioperasikan serta ongkos pembelian yang rendah. Boiler ini sungguh fleksibel dalam menciptakan tingkat kekuatan rata-rata sampai rendah dengan kapasitas serta kemampuan untuk dikontrol dalam rancangan yang berbeda.

Apa itu Boiler Tabung Api?

Boiler tabung api yakni salah satu boiler yang dirancang paling fundamental dan lama. Boiler ini sungguh terkenal di kala ke-18, dan utamanya berlaku untuk mesin kereta. Dalam boiler jenis ini, pembakaran panas, serta gas, mengalir lewat pipa yang tertutup oleh air.

Boiler ini bisa berupa boiler bertekanan tinggi atau bertekanan rendah. Pengukuran boiler ini sanggup dikerjakan senantiasa dengan diameter luarnya. Secara umum, boiler ini ditujukan untuk tekanan sampai tertinggi 250 psi & sekitar 750 tenaga kuda

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Konstruksi dan Cara Kerja Boiler Tabung Api

Konstruksi boiler tabung api sanggup dilengkapi dengan cangkang silinder, vertikal, kotak api di dasar, ruang untuk air di segmen tengah, dan ruang untuk uap di segmen yang lebih tinggi. perapian-Api terletak di dasar kotak api serta kerikil bara dinyalakan di kotak api.

Untuk batubara yang terbakar, suatu lubang debu diposisikan di dasar perapian untuk menghimpun debu dari batubara yang terbakar, dan acap kali sanggup terlepas. Satu atau banyak tabung silang mengarah ke ruang air yang diposisikan di dalam kotak untuk mengoptimalkan area luar pemanasan untuk mengembangkan pemikiran air.

Cerobong kecil dikaitkan dengan puncak kotak api untuk melepaskan outlet limbah pada ketinggian yang lebih besar. Pembersihan boiler sanggup dikerjakan dengan lubang tangan serta lubang di tabung & shell boiler.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler ini tergolong indikator ketinggian air; pengukur tekanan, keran pengaman keran penghenti uap, & dudukan seumpama lubang got untuk memamerkan keselamatan serta kesederhanaan bekerja. Bahan bakar terbakar di perapian dari tungku di boiler dan gas panas yang dihasilkan diizinkan mengalir di kawasan tabung silang.

Air di bersahabat kotak api tipe silinder juga memperoleh panas lewat radiasi serta konveksi, oleh lantaran itu uap akan dihasilkan. Aliran air dalam boiler akan didasarkan pada perbedaan kepadatan di dalam air yang terbentuk dengan perbedaan suhu.

Jenis Boiler Tabung Api

Berbagai jenis boiler ini tergolong yang berikut ini.

Boiler Tabung Api Cornish

Boiler Cornish pertama diakui oleh seorang insinyur yakni "Trevithick a Cornish". Jenis boiler ini tergolong cangkang bidang silindris, serta pipa cerobong kecil yang menahan metode pemanas, mengalir melaluinya.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Lancashire

Konstruksi boiler Lancashire terkait dengan boiler Cornish tetapi selaku pengganti satu pipa cerobong asap, digunakan dua pipa cerobong asap.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Lokomotif

Boiler lokomotif yakni boiler tidak aktif yang digunakan pada mesin kereta api. Jenis boiler ini bisa menciptakan uap dan juga padat. Desain lokomotif boiler yakni horisontal multi tubular. Kelebihan utama menggunakan boiler jenis ini yakni ongkos rendah untuk konstruksi, instalasi boiler dan kapasitas uap tinggi.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Vertikal

Boiler vertikal yakni boiler sederhana, dan berisikan selubung silinder yang tertutupi potongan air yang lebih besar dan potongan selebihnya akan ditempati dengan uap. Ini berisi tabung silang dan tungku di potongan bawah boiler. Gas pembakaran sehabis memanaskan air dibiarkan lepas ke atmosfer.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Cochran

Boiler Cochran yakni boiler multi-tubular tipe vertikal, dan meliputi beberapa tabung api horizontal. Sistem penghangat yakni salah satu potongan dari konstruksi dan sungguh sempurna.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Scotch Marine

Boiler Scotch Marine yakni boiler yang sungguh terkenal digunakan untuk kapasitas uap tinggi pada kekuatan tinggi. Jenis boiler ini meliputi sejumlah besar tabung berdiameter kecil untuk memamerkan faedah dari tempat pemanasan tinggi pada permukaan. Boiler dinyalakan secara internal dan keluar dari boiler menggunakan cerobong asap ke lingkungan.

Boiler tabung Api dimaksudkan untuk transmisi panas Steam Boiler Tabung Api - Cara Kerja, Jenis Boiler Tabung Api

Boiler Tabung Api Immersion

Boiler jenis perendaman yakni boiler pemikiran tunggal yang diperluas pada tahun 1940 oleh Teknik Penjual. Ini tergolong tabung api saja, berfungsi selaku boiler serta ruang pembakaran. Oleh beberapa pembakar, jarum memasukkan udara yang telah diaduk & gas wajar di bawah tekanan. Itu menjaga tekanan termal panas dan memerlukan pekerjaan kerikil bata sepenuhnya lantaran konstruksinya

Perbedaan antara Boiler Tabung Air dan Boiler Tabung Api

Perbandingan antara dua boiler yakni Boiler tabung air dan Boiler tabung api utamanya meliputi tekanan kerja, jenis bahan, tingkat bikinan uap, standar luas lantai, efisiensi, kombinasi penanganan beban, desain, Instalasi boiler, kemampuan operator, fabrikasi boiler, ongkos pemeliharaan dibahas. di bawah.
  • Dalam tabung api, pemikiran gas buang panas akan lewat pipa dan ditutup dengan air sedangkan, dalam tabung air, pemikiran air akan lewat pipa dan ditutup dengan gas buang panas.
  • Kisaran tabung api tekanan rendah sampai 20 kafe sedangkan dalam tabung air sampai 250 bar.
  • Fluktuasi beban dalam tabung api tidak sanggup dikerjakan sedangkan, dalam tabung air, ia sanggup dikerjakan dengan mudah.
  • Boiler tabung api  ini menempati area lantai lebih banyak untuk output sedangkan, dalam boiler tabung air, ia menempati area lebih sedikit.
  • Boiler Tabung api besar dan tidak gampang untuk dimuat sedangkan, dalam boiler tabung air, itu tidak menjadi masalah.
  • Efisiensi umbi api boiler tabung api meraih t0 75% sedangkan di boiler tabung air meraih 90%
  • Alur arah dalam boiler tabung api tidak dalam arah yang cocok sedangkan, dalam boiler tabung air, mengalir dalam arah yang tepat.
  • Ukuran drum dalam tabung api besar dan cedera yang disebabkan oleh ledakan juga besar sedangkan dalam tabung air jikalau ada tabung air yang rusak maka kita bisa mengubahnya dengan mudah.
  • Desain boiler tabung api sederhana, gampang tegak, dan harga perawatannya rendah sedangkan di boiler tabung air, desainnya rumit, tidak gampang tegak, dan harga perawatannya tinggi.
  • Untuk operasi yang efisien, boiler tabung api memerlukan lebih minim tenaga luar biasa sedangkan boiler tabung air memerlukan tenaga ahli

Kelebihan dan Kekurangan Boiler Tabung Api

Kelebihan dari boiler ini yakni selaku berikut

  • Merancang boiler ini sederhana dan harga perawatannya lebih murah.
  • Ini berlaku untuk industri skala kecil
  • Lebih sedikit luar biasa telah cukup untuk operasi
  • Tidak perlu air murni
  • Perawatan air umpan tidak terlampau esensial untuk boiler ini

Kekurangan dari boiler ini tergolong yang berikut

  • Efisiensi boiler ini sampai 75%
  • Variasi beban tidak bisa
  • Ini menempati lebih banyak area lantai
  • Tekanan kerja boiler ini maksimum 20 bar
  • Penanganan fluktuasi beban tidak mudah.
Jadi, ini semua tentang rancangan Steam boiler tabung api dan jenisnya. Aplikasi boiler ini utamanya melibatkan marinir, kereta api, pabrik, dan industri.