Thyratron : Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian Dan Aplikasinya

Thyratron pertama berasal dari tabung vakum menyerupai UV-200 pada 1920-an. Tabung-tabung ini tergolong sejumlah kecil gas argon yang mengembangkan sensitivitasnya menyerupai detektor sinyal radio dan juga tabung relai LRS Jerman. Secara umum, Irving Langmuir, serta GS Meikle dari GE, disebut selaku peneliti paling permulaan yang menyelediki perbaikan terkontrol dalam tabung gas pada tahun 1914.

Pada tahun 1928, Thyratron pertama dan komersial muncul. Nama komponen menyerupai Thyristor diambil dengan memadukan nama thyratron dan juga transistor. Thyristor sudah merubah tabung ini di sebagian besar aplikasi daya rendah & menengah.

Thyratron pertama berasal dari tabung vakum menyerupai UV Thyratron : Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian dan Aplikasinya

Apa itu Thyratron?

Thyratron yaitu salah satu jenis tabung yang diisi dengan gas dan digunakan menyerupai penyearah terkontrol serta sakelar listrik daya tinggi. Tabung ini menanggulangi arus tinggi menyerupai tabung vakum keras.

Setiap kali gas di dalam tabung terionisasi maka multiplikasi elektron sanggup terjadi. Kejadian ini disebut Townsend discharge. Gas-gas yang digunakan dalam tabung ini utamanya termasuk xenon, uap merkuri, neon, dan hidrogen. Tidak menyerupai tabung vakum, tabung ini tidak sanggup digunakan untuk memperkuat sinyal secara linear.

Thyratron pertama berasal dari tabung vakum menyerupai UV Thyratron : Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian dan Aplikasinya

Diagram Rangkaian Thyratron

Thyratron tube yaitu model terkontrol dari lampu neon & dirancang khusus untuk menawarkan supply arus ke beban. Simbol titik di dalam bulat menyeleksi isian gas. Di atas, thyratron memungkinkan ajaran arus di seluruh beban cuma dalam satu arah sementara digerakkan oleh tegangan kendali DC kecil yang terhubung di antara grid dan juga katoda.

Thyratron pertama berasal dari tabung vakum menyerupai UV Thyratron : Prinsip Kerja, Diagram Rangkaian dan Aplikasinya

Sumber daya untuk menampung yaitu AC, yang memberi tanda wacana bagaimana tabung ini akan dinonaktifkan setelah diaktifkan: alasannya tegangan AC kadang mengalir lewat kondisi 0V di antara setengah siklus, dan ajaran arus di seluruh beban yang ditenagai oleh AC juga acap kali mesti berhenti.

Aliran singkat arus di antara siklus-siklus ini akan memamerkan waktu gas tabung menjadi dingin, memungkinkannya untuk kembali ke kondisi "off" menyerupai biasanya. Transmisi sanggup dimulai lagi cuma jikalau tegangan yang cukup dipraktekkan menggunakan sumber daya AC & jikalau tegangan kendali DC mengizinkannya. Tegangan beban dalam penampilan Osiloskop akan terlihat menyerupai bentuk gelombang berikut.

Prinsip Kerja Thyratron

Thyratron hidrogen melakukan pekerjaan menurut prinsip pensakelaran yang diraih lewat transmisi dari isolasi gas netral ke konduksi gas terionisasi. Ini yaitu sakelar listrik yang menggunakan daya puncak tinggi.

Dengan menggunakan prinsip ini, cuma tabung thyratron yang hendak dirancang untuk menertibkan pada tegangan tinggi menggunakan pulsa arus puncak tinggi serta tingkat pengulangan tinggi.

Kemampuan pribadi tabung ini akan membuatnya sakelar yang cocok untuk sumber gelombang mikro menyerupai magnetron dan juga klystron. Selain itu, tabung ini besar lengan berkuasa secara elektrik.

Aplikasi Thyratron

Aplikasi thyratron tergolong yang berikut.
  • Tabung ini bertegangan tinggi dan sakelar kerja cepat. Ini digunakan dalam aneka macam aplikasi menyerupai laser, radar & penggunaan ilmiah
  • Tabung ini digunakan selaku sakelar listrik.
  • Tabung ini digunakan selaku penyearah terkontrol kotak
  • Tabung ini digunakan menyerupai generator sweep gigi gergaji di Televisi serta perlengkapan radar.
Jadi, ini semua wacana Thyratron. Dari gunjingan di atas, akhirnya, kita sanggup menyimpulkan bahwa tabung ini digunakan dalam radar, laser, dll.