Konverter Daya Elektronik - Jenis Dan Prinsip Kerja

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listrik dengan memasok tegangan dan arus dalam bentuk yang secara maksimal sesuai untuk beban pengguna.

Konverter daya elektronik terbaru terlibat dalam spektrum aplikasi yang sungguh luas menyerupai catu daya mode-aktif, filter daya aktif, kontrol-gerak-mesin-listrik, metode konversi energi terbarukan yang mendistribusikan pembangkit listrik, metode transmisi AC fleksibel, dan teknologi kendaraan, dll. .

Konverter daya elektronik sanggup didapatkan di mana pun ada keperluan untuk merubah bentuk energi listrik dengan elektronik klasik di mana arus dan tegangan listrik digunakan untuk menenteng informasi, sedangkan dengan elektro daya, mereka menenteng daya.

Beberapa referensi penggunaan untuk metode elektronik daya merupakan konverter DC ke DC yang digunakan di banyak perangkat seluler, menyerupai ponsel atau PDA, dan konverter AC ke DC di komputer dan televisi. Elektronik listrik skala besar digunakan untuk mengendalikan ratusan megawatt pedoman daya di seluruh negara kita. Beberapa konverter dibahas di kali ini.

Konverter Ganda

Konverter ganda merupakan kombinasi penyearah dan inverter di mana konversi AC ke DC terjadi dan disertai oleh DC ke AC di mana beban berada di antaranya. Konverter ganda sanggup berupa 1 phase atau 3 phase.

Konverter ganda berisikan dua jembatan yang berisikan thyristor (SCR) di mana satu untuk tujuan perbaikan di mana arus bolak-balik dikonversi menjadi arus searah yang sanggup diberikan ke beban. Jembatan SCR lain digunakan untuk merubah DC ke AC

Konverter Ganda 1 Phase

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listri Konverter Daya Elektronik - Jenis dan Prinsip Kerja

Konverter ganda 1 phase menggunakan 1 phase selaku sumber yang diberikan ke konverter 1 dari konverter ganda untuk perbaikan yang disertai beban.

Prinsip Kerja

Input AC yang diberikan ke konverter 1 untuk perbaikan dalam proses ini siklus input kasatmata diberikan terhadap set pertama SCR bias maju yang menampilkan DC yang diperbaiki pada siklus positif, serta siklus negatif diberikan untuk mengontrol SCR bias balik yang menampilkan DC pada siklus negatif mengakhiri gelombang sarat sanggup diperbaiki output sanggup diberikan untuk memuat.

Selama proses ini, konverter 2 diblokir menggunakan Induktor. Sebagai SCR cuma mulai berlangsung dikala arus pulsa diberikan ke gerbang dan terus berlangsung hingga supply arus dihentikan. Output dari Jembatan SCR sanggup selaku berikut dikala diberikan ke beban yang berbeda.

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listri Konverter Daya Elektronik - Jenis dan Prinsip Kerja

Karena konverter ganda juga berisikan konversi DC ke AC untuk menjadikannya berfungsi, konverter dua diblokir, input DC menjadi beban ke konversi sumber daya DC.

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listri Konverter Daya Elektronik - Jenis dan Prinsip Kerja

Penembakan/Firing Thyristor (SCR):

Untuk menghasilkan Thyristor (SCR) berjalan, pulsa pemicu mesti diberikan ke gerbangnya secara berbarengan bareng dengan tegangan saluran. Rangkaian penggagas gerbang terpisah mesti disertakan ke jembatan SCR konverter ganda rangkaian penggagas gerbang mesti disinkronkan dengan tegangan sumber, setiap penundaan mengakibatkan zerocross jitter dan frekuensi nol berfluktuasi. Untuk menangkal rangkaian ini mesti disertakan dengan loop lock phase dan pembanding/komparator.

Aplikasi konverter ganda 1 phase

  • Kontrol kecepatan dan kendali arah pada motor DC.

Kontrol kecepatan dan kendali polaritas motor DC menggunakan konverter ganda 1 phase

Konverter ganda 1 phase sanggup digunakan dalam mengendalikan kecepatan dan arah interfacing rotasi dengan microcontroler, kombinasi empat SCR diposisikan di kedua segi motor dan motor merupakan beban. SCR ini sanggup dipicu lewat optocoupler yang terhubung ke port microcontroler.

Rotasi motor sanggup diinisialisasi menggunakan Optocoupler dengan mengontrol satu set SCR untuk menyebabkan yang diposisikan di satu segi dan pergantian arah motor sanggup diraih dengan menyebabkan set lain SCR. Variasi dalam kecepatan motor sanggup diraih dengan menangguhkan sudut tembak SCR.

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listri Konverter Daya Elektronik - Jenis dan Prinsip Kerja

Pemilihan mode dan penyeleksian kecepatan merupakan sakelar yang dihubungkan dengan mikrokontroler dengan menggunakan sakelar ini kecepatan dan rotasi sanggup dipilih.

Konverter AC / AC 1 Phase - Tiga Kaki

Daya elektronik merupakan aplikasi elektronik untuk konversi daya. Subkategori konversi daya merupakan konversi AC ke AC. Pengontrol tegangan AC ke AC merupakan konverter yang mengontrol tegangan, arus, dan daya rata-rata yang dikirim ke beban AC dari sumber AC. Ada dua jenis pengontrol tegangan AC, pengontrol AC 1 phase dan 3 phase.

Konverter AC ke AC 1 phase merupakan konverter yang merubah dari tegangan input AC tetap menjadi tegangan output AC variabel dengan frekuensi yang diinginkan. Mereka digunakan dalam rangkaian gampang menyerupai rangkaian peredupan cahaya, kendali kecepatan motor induksi dan kendali motor traksi dll. Ada banyak teknologi yang ada di AC 1 phase / konverter AC; mereka 1 phase - dua kaki, tiga kaki dan empat kaki.

1 phase - konverter AC dua dan empat kaki memiliki beberapa kelemahan menyerupai - mereka membutuhkan sejumlah besar perangkat daya, rangkaian kendali yang besar, lebih banyak switching dan kerugian menyusut cuma setengah untuk mengontrol 50% dari output. Jadi, untuk menangani kelemahan ini hadir dalam konverter yang digunakan secara konvensional, pendekatan yang lebih baik merupakan penggunaan 1 phase -tiga AC / konverter AC.

1 phase - tiga kaki berisikan 3 kaki dan 6 sakelar. Kaki merupakan lazim untuk segi kisi dan segi muatan. Kaki melaksanakan operasi penyearah dan kisi melaksanakan operasi inverter. Dan dalam hal ini, kami menggunakan teknik Pulse Width Modulation (PWM) untuk mengendalikan output konverter. Konverter 1 phase-tiga kaki ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Tugas utama daya elektro merupakan untuk memproses dan mengendalikan pedoman energi listri Konverter Daya Elektronik - Jenis dan Prinsip Kerja

Selama setengah siklus kasatmata dari tegangan supply, sakelar Qg dan Qa dalam melakukan penyearah dan kami mendapat output yang diperbaiki di kapasitor dan untuk operasi inverter selain sakelar Qg dan Qa ', sakelar Ql di kaki segi beban juga dipicu dan kami mendapat output AC melintasi beban.

Selama separuh siklus negatif, sakelar Qa dan Qg 'di segi grid melakukan implikasi output yang diperbaiki dan untuk operasi inversi selain sakelar Qa dan Qg', sakelar Ql 'juga dipicu dan kami mendapat output ac melintasi beban.

Dengan menggunakan metode PWM tegangan input DC tetap dipasok ke inverter dan tegangan output AC yang terkontrol diperoleh dengan menyesuaikan periode on dan off dari perangkat inverter. Sakelar di rangkaian konverter untuk mendapat operasi yang sempurna dan juga untuk meminimalisir harmonik. Dengan memvariasikan nilai indeks modulasi kita sanggup merubah lebar pulsa sesuai ketentraman kita.

Kelebihan dan Aplikasi Konverter AC 3 - Kaki

  • Tegangan output DC melintasi kapasitor nyaris dua kali lipat ketimbang konverter empat kaki.
  • Peringkat daya dan tegangan rangkaian sanggup ditingkatkan.
  • Output yang serupa sanggup diperoleh dengan meminimalisir kerugian dan sakelar. Karenanya efisiensi dan aspek daya sanggup ditingkatkan.
  • Konverter ini digunakan di rangkaian catu daya tak terputus (UPS) dan elektronik daya untuk mendapat empat operasi kuadran dari drive.