Motor Universal

Motor universal yakni motor listrik seri wound yang sanggup beroperasi pada daya AC dan DC. Ini jauh seimbang dengan Motor DC seri tetapi motor seri menyebarkan torsi kurang ketika melakukan pekerjaan dari supply AC ketimbang ketika melakukan pekerjaan dari supply DC yang setara. Arah rotasi sanggup diubah dengan menukar koneksi ke bidang sehubungan dengan jangkar menyerupai pada Motor DC seri.

Motor universal yakni motor listrik seri wound yang sanggup beroperasi pada daya AC dan DC Motor Universal

Cara kerja motor universal menyerupai dengan Motor DC seri. Di segi lain, motor universal dirancang untuk operasi AC. Itu kompeten untuk melakukan pekerjaan pada arus AC atau DC. Dengan cara ini perkembangannya sedikit berbeda. Belitan medan dan Belitan dinamo terhubung secara seri; kedua belitan diberi energi ketika tegangan dipraktekkan ke motor. Belitan medan dan seram menciptakan medan magnet yang mengakibatkan seram berputar.

Motor universal sederhana lazimnya tidak punya remunerasi dan Belitan pengganti; mereka mempunyai dua kutub yang menonjol dengan belitan eksitasi. Respons antara medan magnet disebabkan oleh daya AC atau DC.

Motor universal menciptakan torsi listrik seimbang dengan kuadrat arus supply. Karena arus yang serupa mengalir lewat belitan medan dan angker, maka pembalikan ac dari konkret ke negatif, atau dari negatif ke positif, secara simultan akan memengaruhi polaritas fluks medan dan arah arus lewat angker. Ini mempunyai arti bahwa arah torsi yang dikembangkan akan tetap positif, dan rotasi akan berlanjut ke arah yang sama.

Dengan demikian, motor universal sanggup berlangsung baik pada dc dan ac. Makara torsi listrik mempunyai arah torsi yang serupa pada setiap arus polaritas dan juga pada daya AC. Torsi permulaan motor universal diputuskan oleh arus yang mengalir lewat belitan dinamo dan medan. Akibatnya, torsi permulaan pada daya AC akan lebih rendah ketimbang torsi permulaan pada daya DC.

Karakteristik motor universal sungguh menyerupai dengan Motor DC seri, tetapi motor seri menyebarkan torsi lebih minim dikala beroperasi dari catu daya AC ketimbang ketika melakukan pekerjaan dari catu daya DC yang setara.

Ada banyak sekali aplikasi di mana motor universal digunakan, menyerupai bor listrik, mesin cuci, blower dan perlengkapan dapur dll. Dan mereka juga dipakai untuk banyak sekali tujuan di mana kendali kecepatan dan mutu kecepatan tinggi diperperlukan. Kami sanggup mendapatkan motor universal dalam waktu kurang dari 1000 watt juga. Motor universal dari peringkat daya kuda yang diberikan secara signifikan lebih kecil ketimbang jenis motor AC yang lain yang beroperasi pada frekuensi yang sama.

Kontrol kecepatan Motor Universal sanggup dimungkinkan dengan mengikuti cara-cara ini
  • Kontrol Sudut Phase
  • Kontrol PWM Pemotong
Dalam sistem kendali sudut phase Kontrol kecepatan diraih dengan memvariasikan sudut tembak untuk TRIAC. Kontrol sudut phase yakni penyelesaian yang sungguh ekonomis ongkos tetapi tidak terlampau efisien. Dalam sistem modulasi PWM, tegangan jalan masuk AC diperbaiki pada frekuensi tinggi oleh perangkat Power MOSFET atau IGBT untuk menciptakan tegangan yang beragam untuk motor.

Dalam sistem ini untuk mengendalikan motor dengan menawarkan kendali kecepatan yang stabil, menghambat arus besar dan menggambar arus harmonik minimum dari supply utama ac diperlukan. Untuk menyanggupi tolok ukur ini menggunakan pemotong AC dengan arus dan umpan balik kecepatan lebih disukai.

Penggerak motor universal AC mengontrol kecepatan rotasi dengan cara mem-parsialkan phase-sudut. Metode ini berisikan merubah tegangan RMS yang dipraktekkan pada motor. Dalam hal ini, tegangan yakni fungsi dari sudut tembak Triac. Kontrol kecepatan terus menerus dari motor universal yang berlangsung pada DC sungguh mudah dijalankan dengan menggunakan rangkaian thyristor (SCR).

Sebuah thyristor (SCR) memasok motor selama setengah siklus listrik positif. Baik SCR dan kontrolnya terhubung sedemikian rupa sehingga motor-GGL mengkompensasi kombinasi beban motor untuk menyesuaikan kecepatan. Teknik modulasi lebar pulsa (PWM), juga dimengerti selaku pemotong pencetus dipakai untuk mengendalikan tegangan yang dipraktekkan pada motor.

Dengan kombinasi siklus kerja PWM, tegangan efektif yang terlihat oleh motor sanggup diubah. Keuntungan modulasi PWM sehubungan dengan parsialisasi phase-sudut yakni efisiensi yang lebih tinggi, lebih minim noise akustik, dan sikap EMC yang lebih baik, tetapi sanggup mempunyai pengaruh pada durasi masa pakai sikat (brush).

Dalam aplikasi di bawah ini, belitan medan dan seram motor dihubungkan secara seri lewat komutator angker. Oleh lantaran itu motor universal juga dimengerti selaku motor AC seri atau motor AC komutator. Motor universal sanggup dikelola baik selaku pencetus phase-sudut. Dalam aplikasi ini, kami menggunakan teknik kendali phase-sudut untuk mengontrol tegangan yang diberikan ke motor.

Pergeseran phase pulsa gerbang memungkinkan tegangan efektif, yang dilihat oleh motor menjadi bervariasi. Penggerak phase-sudut cuma memerlukan TRIAC. Ini yakni belahan dari keluarga SCR dan terkait bersahabat dengan penyearrah yang dikelola silikon. Namun, tidak menyerupai SCR, yang ialah perangkat searah yang sanggup mengalirkan arus cuma dalam satu arah, TRIAC yakni dua arah dan dengan demikian arus sanggup mengalir ke arah mana pun, ini lebih sering terlihat di rangkaian menyerupai pencetus motor.

MOC3021 yakni Optocoupler. Optocoupler menghubungkan segi input dan output dengan seberkas cahaya yang dimodulasi oleh arus input. Ini merubah sinyal input yang memiliki faedah menjadi cahaya, mengirimkannya melintasi jalan masuk dielektrik, menangkap cahaya di segi output dan menggantinya kembali menjadi sinyal listrik.

Ini lazimnya tiba dalam paket IC 6-pin atau 8-pin kecil, tetapi intinya ialah kombinasi dari dua perangkat yang berlawanan pemancar optik, lazimnya LED gallium arsenide dan peserta optik menyerupai photo transistor atau Diac yang dipicu oleh cahaya. Keduanya dipisahkan oleh penghalang transparan yang membatasi fatwa arus listrik di antara keduanya, tetapi tidak memungkinkan lewatnya cahaya.

Seri MOC3020 berisikan Dioda pemancar infrared gallium arsenide, yang secara optik dipasangkan dengan sakelar bilateral silikon.