Perbedaan Motor Induksi 1 Fasa Dan 3 Fasa

Apa itu Motor Induksi?

Motor dengan belitan cuma baju besi pelindung disebut motor induksi. Sebuah motor induksi yakni mesin listrik yang paling sederhana dari sudut konstruksi pandang, dalam sebagian besar kasus. Motor induksi melakukan pekerjaan menurut prinsip induksi di mana medan elektro-magnetik diinduksi ke dalam rotor dikala memutar medan magnet stator memotong rotor stasioner.

Mesin induksi sejauh ini ialah jenis motor yang paling biasa digunakan dalam pengaturan industri, komersial atau perumahan. Ini yakni motor AC 3 fasa. Fitur karakteristiknya adalah:
  • Sederhana dan konstruksi keras
  • Biaya rendah dan perawatan minimum
  • Ketergantungan yang tinggi dan kecakapan yang cukup tinggi
  • Tidak perlu motor starter perhiasan dan kewajiban tidak disinkronkan

Bagian-bagian Motor Induksi

Motor induksi intinya mempunyai dua bagian: Stator dan Rotor.

Stator

Stator berisikan banyak sekali cap dengan slot untuk menenteng gulungan 3 fasa. Wound untuk sejumlah kutub yang berbeda. Gulungan dibagi 120 derajat secara geometris. Dua jenis rotor yang digunakan dalam motor Induksi: rotor Sangkar bajing dan rotor Wound. Tidak diperlukan arus medan DC untuk melaksanakan mesin. Tegangan rotor diinduksi dalam belitan rotor ketimbang secara fisik dihubungkan dengan kabel.

 Motor dengan belitan cuma baju besi pelindung disebut motor induksi Perbedaan Motor Induksi 1 Fasa dan 3 Fasa

Rotor

Rotor yakni bab yang berputar dari rangkaian elektromagnetik. Jenis rotor yang paling biasa yakni rotor kandang tupai. Rotor berisikan inti laminasi silinder dengan slot paralel yang diposisikan secara aksial untuk menenteng konduktor. Setiap slot menenteng batang tembaga, aluminium, atau paduan.

Rotor dari motor induksi 3 fasa sering juga tersirat selaku angker. Tujuan di belakang nama ini yakni bentuk mengerikan rotor yang digunakan dalam perangkat listrik yang cukup awal. Dalam perlengkapan listrik, belitan mengerikan akan diinduksi oleh medan magnet, walaupun rotor mengambil bab ini dalam motor induksi 3 fasa.

Motor induksi mempunyai stator fisik yang serupa dengan mesin sinkron dengan pengembangan rotor alternatif. Motor induksi sanggup melakukan pekerjaan selaku motor atau generator. Di segi lain, mereka secara fundamental digunakan selaku motor induksi.

Ada dua Jenis Motor Induksi

Motor Induksi 1 Fasa

Motor induksi 1 fasa tidak mulai-sendiri. Ketika motor terhubung ke catu daya 1 fasa, belitan utama menenteng arus bolak-balik. Adalah logis bahwa jenis mesin pemeliharaan yang termurah dan paling dikurangi mesti digunakan paling teratur.

Ini yakni jenis yang berlainan menurut cara mereka mengawali alasannya yakni ini bukan mengawali sendiri. Yaitu split phase, shaded pole dan motor kapasitor. Sekali lagi motor kapasitor yakni kapasitor start, kapasitor berlangsung dan motor kapasitor permanen. Motor kapasitor permanen ditunjukkan di bawah ini.

 Motor dengan belitan cuma baju besi pelindung disebut motor induksi Perbedaan Motor Induksi 1 Fasa dan 3 Fasa

Pada motor jenis ini, belitan permulaan sanggup mempunyai kapasitor seri dan / atau sakelar sentrifugal. Ketika tegangan supply diterapkan, arus di belitan utama tertinggal tegangan supply alasannya yakni impedansi belitan utama. Dan arus di permulaan belitan mengarah / tertinggal tegangan supply tergantung pada impedansi prosedur awal.

Sudut di antara dua belitan yakni perbedaan fasa yang cukup untuk memamerkan medan magnet berputar untuk menciptakan torsi awal. Titik dikala motor meraih 70% sampai 80% dari kecepatan sinkron, sakelar sentrifugal pada poros motor terbuka dan memutus belitan starting.

Aplikasi Motor Induksi 1 Fasa

Ini digunakan dalam aplikasi daya rendah dan banyak digunakan dalam aplikasi domestik maupun industri. Dan beberapa di antaranya disebutkan di bawah ini
  • Pompa
  • Kompresor
  • Kipas kecil
  • Mixer
  • Mainan
  • Pembersih vakum kecepatan tinggi
  • Alat cukur listrik
  • Mesin bor

Motor Induksi 3 Fasa

Motor ini mengawali sendiri (otomatis) dan tidak menggunakan kapasitor, belitan start, sakelar sentrifugal, atau perangkat penghubung lainnya. Motor induksi 3 fasa AC banyak digunakan dalam aplikasi industri dan komersial. Ini mempunyai dua jenis, kandang bajing dan motor ring slip.

Motor kandang bajing banyak digunakan alasannya yakni konstruksi keras dan konsep sederhana. Motor ring slip memerlukan Resistor eksternal untuk mempunyai torsi permulaan yang tinggi.

Motor induksi ini banyak digunakan dalam industri dan perlengkapan rumah tangga alasannya yakni ini keras dalam konstruksi yang memerlukan perawatan nyaris tidak ada, bahwa mereka relatif murah, dan memerlukan supply cuma ke stator.

Aplikasi Motor Induksi 3 fasa

  • Untuk mengangkat
  • Derek
  • Kerekan
  • Kipas pembuangan berkapasitas besar
  • Penggerak mesin bubut
  • Penghancur
  • Pabrik ekstraksi minyak
  • Tekstil dan lain lain

Kelebihan Motor Induksi

Konstruksi motor dan cara daya listrik disupply semua memamerkan motor induksi beberapa laba ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Dan mari kita lihat secara singkat.

Biaya Rendah

Mesin induksi sungguh murah bila dibandingkan dengan motor DC dan motor sinkron. Ini alasannya yakni konsep motor induksi yang sederhana. Oleh alasannya yakni itu, motor ini sungguh digemari untuk aplikasi kecepatan tetap dalam aplikasi industri dan untuk aplikasi komersial dan domestik di mana daya susukan AC sanggup dengan gampang dipasang.

Biaya Perawatan yang Rendah

Motor induksi yakni motor bebas perawatan tidak seumpama motor DC dan motor sinkron. Konstruksi motor induksi sungguh sederhana dan alhasil perawatan juga mudah, sehingga ongkos perawatannya rendah.

Kemudahan Operasi

Pengoperasian motor induksi sungguh sederhana alasannya yakni tidak ada konektor listrik ke rotor yang memasok daya dan arus yang diinduksi oleh gerakan transformator yang melakukan pekerjaan pada rotor alasannya yakni resistansi yang rendah dari kumparan yang berputar. Motor induksi yakni motor yang mengawali sendiri. Ini sanggup menghemat upaya yang diperlukan untuk pemeliharaan.

Variasi Kecepatan

Variasi kecepatan motor induksi nyaris konstan. Kecepatan lazimnya bermacam-macam cuma dengan beberapa persen pergi dari tanpa beban ke beban terukur.

Torsi Awal Tinggi

Torsi putar motor induksi sungguh tinggi yang menciptakan motor berkhasiat untuk operasi di mana beban dipraktekkan sebelum motor start. Motor induksi 3 fasa akan mempunyai torsi mulai sendiri tidak seumpama motor sinkron. Namun, motor induksi 1 fasa tidak mempunyai torsi start sendiri dan dibentuk berputar menggunakan beberapa alat bantu.

Daya Tahan

Keuntungan utama lain dari motor induksi yakni daya tahannya. Ini membuatnya mesin yang ideal untuk banyak kegunaan. Ini menciptakan motor sanggup berlangsung selama beberapa tahun tanpa ongkos dan perawatan.

Semua keistimewaan ini menciptakan motor induksi digunakan dalam banyak aplikasi seumpama industri, domestik dan dalam banyak aplikasi.