Bagian - Bab Dial Indikator

Bagian - Bagian Dial Indikator

Dial indikator atau dial gauge yakni alat ukur mekanik berupa dial (jam analog) yang merubah gerak translasi naik turun spindel menjadi gerak putar. Dial indikator sanggup digunakan untuk mengukur kerataan permukaan, kebengkokan poros, kebulatan poros silinder, keolengan benda kerja dan lain sebagainya. Dial indikator tergolong ke dalam alat ukur presisi.

Dial indikator ialah alat ukur yang menggunakan alat bantu yakni magnetic base atau dial stand pada di saat digunakan untuk mengukur alasannya yakni dial indikator ialah alat ukur yang tidak sanggup bangun sendiri.

Dial indikator atau dial gauge berisikan beberapa bab yakni selaku berikut:

1. Outer Ring

Outer ring yakni bab dial indikator  yang berfungsi untuk mengkalibrasi skala utama. Cara mengkalibrasi dengan outer ring yakni dengan memutarkan outer ring ke kiri atau ke kanan dengan demikian posisi angka nol tidak senantiasa berada di atas atau di bawah tapi sanggup dimana saja sesuai dengan yang diharapkan pada di saat proses pengukuran benda kerja.

2. Skrup Pengunci (Fine Adjustment)

Skrup pengunci berfungsi untuk mengunci outer ring di saat final dikalibrasi biar posisinya tidak berubah lagi.

3. Jarum Panjang (Jarum Penunjuk ketelitian)

Jarum panjang berfungsi untuk menandakan nilai kecermatan (nilai terkecil) dari hasil pengukuran. Contoh jika skala kecermatan dial gauge 0,01 dan jarum panjang bergerak dari angka 0 - 20 maka nilai dari pergerakan jarum panjang tersebut yakni 0,01 mm X 20 = 0,2 mm.

4. Jarum Pendek (Jarum Penunjuk ukuran utama)

Jarum pendek memiliki ruas - ruas pembagi dengan nilai 1 untuk setiap ruas. Jika jarum panjang berputar satu putaran maka jarum pendek akan berputar sebanyak 1 ruas.

5. Batas Toleransi

Pada dial indikator terdapat dua buah batas toleransi yang sanggup digeser ke kiri dan ke kanan sesuai dengan kebutuhan. Batas toleransi ini digunakan untuk memudahkan menyeleksi batas pergerakan jarum panjang apakah melampaui batas toleransi atau tidak.

6. Stem

Stem yakni komponen dial indikator yang berfungsi selaku daerah naik turun spindel.

7, Spindel

Spindel yakni bab dial indikator yang mau bersinggungan eksklusif dengan benda kerja. Spindel akan bergerak naik turun pada di saat bersinggungan dengan benda kerja dan benda kerja digerakan. Dengan kata lain, spindel berfungsi selaku media input data ke dial indikator.

8. Magnetic Switch

Magnetic switch yakni alat bantu dial indikator yang berfungsi selaku dudukan atau landasan dial indikator. Magnetic switch memiliki switch on/off untuk menggugah dan mematikan fungsi magnet.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com