Cara Menggunakan Tang Ampere (Clamp Meter)

Cara Menggunakan Tang Ampere (Clamp Meter) - Tang ampere atau disebut juga dengan clamp meter merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengukur arus listrik pada suatu kabel konduktor yang dialiri arus listrik. Cara mengukurnya yakni dengan menggunakan dua rahang penjepit (clamp) tanpa mesti kontak pribadi dengan terminal listriknya. Dengan pengukuran seumpama itu maka tidak perlu mengusik rangkaian listrik yang mau diukur tapi cukup dengan diposisikan di sekeliling kabel listrik yang mau diukur.

Pada umumnya, tang ampere (clamp meter) yang ada di pasaran berfungsi juga selaku multimeter. Selain memiliki dua rahang penjepit, tang ampere yang berfungsi selaku multimeter juga dilengkapi dengan dua probe yang sanggup digunakan untuk mengukur resistansi, tegangan AC dan DC bahkan untuk model tertentu sanggup juga digunakan untuk mengukur frekuensi, Arus Listrik DC, kapasitansi dan suhu.

Prinsip Kerja Tang Ampere (Clamp Meter)

Pada dasarnya untuk menciptakan pengukuran non-kontak kepada arus listrik AC, tang ampere (clamp meter) menggunakan prinsip kerja induksi magnetik. Seperti yang diketahui, Arus AC merupakan arus dengan polaritas yang bolak balik sehingga menyebabkan fluktuasi dinamis di dalam medan magnet yang sepadan dengan pedoman arus listriknya.

Sebuah transformator yang terdapat pada tang ampere (clamp meter) akan mengalami fluktuasi magnet tersebut, lalu mengonversikannya menjadi nilai arus listrik (ampere) dan kesannya sanggup dibaca pada layar clamp meter (tang ampere).

Teknologi pengukuran ini memudahkan siapa pun yang mau mengukur arus listrik AC, utamanya pada arus listrik AC tegangan tinggi.

Cara Mengukur Arus Listrik Dengan Menggunakan Tang Ampere

Cara menggunakan tang ampere (clamp meter) bergotong-royong cukup gampang yakni cuma dengan menjepitkan rahang penjepitnya ke kabel listrik yang mau diukur. Untuk lebih detailnya, berikut merupakan tindakan mengukur arus listrik AC (ampere AC) dengan menggunakan clamp meter (tang ampere).

  • Putar sakelar clamp meter ke posisi ampere meter (biasanya disimbolkan dengan aksara A dengan gelombang sinus di atasnya)
  • Tekan trigger untuk membuka rahang penjepit tang ampere (clamp meter)
  • Jepitkan rahang penjepit ke konduktor kabel yang dialiri arus listrik AC (kabel listrik berada di tengah-tengah rahang penjepit), setelah itu lepaskan trigger clamp meter (tang ampere)
  • Baca nilai arus listrik (ampere) yang timbul pada layar display tang ampere (clamp meter)

Catatan: Jika kabel listrik belum dialiri listrik maka hubungkan apalagi dulu kabel tersebut dengan pedoman listrik dengan cara meng-ON-kan perangkat yang ingin diukur arus listriknya.

Untuk mengukur tegangan dan resistansi caranya nyaris sama dengan multimeter yakni dengan menggunakan probe yang dicolokkan ke terminal COM untuk probe warna hitam dan terminal kasatmata untuk probe yang berwarna merah.

Itulah cara menggunakan tang ampere yang sanggup disampaikan pada potensi kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com