Istilah - Ungkapan Pada Monitor Yang Mesti Diketahui

Istilah Istilah Pada Monitor - Komputer yakni perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data sehingga menciptakan info yang diinginkan. Data – data yang dihasilkan biasanya ditampilkan pada suatu display yang disebut dengan monitor. Monitor memiliki tipe, ukuran dan karakteristik yang berlawanan antara satu dan lainnya.

Berbeda dengan perangkat laptop yang memiliki layar monitor yang menyatu, monitor komputer dibeli secara terpisah. Agar mendapat monitor dengan spesifkasi terbaik ada baiknya kita mesti mengetahui karakteristik monitor yang mau dibeli. Memahami karakteristik monitor pastinya kita mesti mengerti perumpamaan – perumpamaan pada monitor komputer. Istilah – perumpamaan pada komputer di bawah ini sanggup dijadikan selaku wawasan dasar pada dikala akan berbelanja suatu monitor. Berikut perumpamaan – perumpamaan pada monitor komputer tersebut.

1. Pixels

Pixels ialah bagian gambar. Tampilan pada monitor berisikan pixel atau titik kecil yang dikelola lewat baris melalui layar. Tiap pixel mengandung tiga warna yakni merah, hijau dan biru (RGB).

2. Dot Pitch

Dot pitch yakni ukuran seberapa akrab titik fosfor dalam layar. Kualitas tampilan  monitor akan menjadi lebih baik jika dot pitchnya makin baik. Semakin kecil angka dot pitchnya maka kualitasnya akan makin bagus. Saat ini pada biasanya monitor cuma memiliki 0,25 dot pitch dan ada beberapa yang memiliki 0,22 dot pitch yang memamerkan resolusi yang lebih bagus. 

3. Refresh Rate

Refresh rate yakni tingkat performa layar direfresh. Refresh rate dijumlah dalam hertz (Hz) setiap detik. Tampilan layar akan makin stabil jika refresh ratenya makin tinggi. Kalau kita amati suatu layar pada monitor komputer yang sedang menyala, layar tersebut terlihat membisu tapi bergotong-royong layar tersebut senantiasa berkedip setiap kali elektron menabrak dot/titik berlapis fosfor. Refresh rate disebut juga selaku frekuensi vertikal atau refresh rate vertikal.

4. Color Depth

Color depth yakni nomor untuk warna yang berlawanan dalam tiap pixel yang sanggup ditampilkan. Color depth diukur dalam bit. Semakin tinggi kedalamannya maka kian banyak warna yang sanggup ditampilkan.

5. Video RAM (VRAM)

VRAM yakni memori yang dimiliki oleh video card (kartu video). Semakin tinggi VRAM dalam video card maka kian banyak warna yang sanggup ditampilkan. Video card juga mengantarkan sinyal refresh untuk mengatur refresh rate.

6. Resolution

Resolusi setiap monitor bermacam-macam tergantung nomor pixelnya. Resolusi suatu monitor makin baik jika kian banyak pixel pada layar. Resolusi yang tinggi memamerkan pengaruh gambar yang makin tajam. Resolusi layar terendah pada PC terbaru yakni 640 x 480 pixel yang dinamakan VGA (Video Graphic Array). Saat ini telah tiba SVGA (Super Video Graphic Array) dan XGA (Extended Graphic Array) dengan resolusi meraih 1600 x 1200.

7. Monitor Screen Size

Monitor screen size atau ukuran layar monitor dijumlah dalam inchi. Ukuran paling lazim dari monitor komputer yakni 14”, 15”, 17” 19” dan 21”. Monitor screen size dijumlah secara diagonal yakni dari salah satu sudut layar ke sudut layar yang lain dengan arah diagonal. Jika akan mencari layar monitor untuk komputer amati ukuran layarnya alasannya yakni ukuran yang terlihat bergotong-royong lebih kecil dari ukuran yang dihitung.

8. Display Warna

Warna pada layar komputer diciptakan dengan merubah – ubah intensitas cahaya dari tiga warna dasar. Seniman grafis dan fotografer profesional biasanya memutuskan warna 24 dan 32 bit. Sedangkan untuk aplikasi yang lain biasanya cukup dengan warna 16 bit. Berikut yakni rangkuman dari kedalaman warna yang sering digunakan:

256 warna : 8 bit warna

• 65536 warna : 16 bit warna, dimengerti juga selaku 65K atau HiColor

• 16 million warna : 24 bit warna, dimengerti juga selaku True Color

• 4 billion warna : 32 bit warna, Dikenal juga selaku True Color

Untuk mendapat resolusi tinggi dan refresh rate yang tinggi juga diharapkan monitor dan video card berkualitas tinggi.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com