Jenis - Jenis Arang

Jenis - Jenis Arang - Arang yakni residu hitam yang berisikan karbon tidak murni. Arang dihasilkan dengan menetralisir kandungan air dan komponen volatile dari binatang atau tumbuhan. Pada umumnya, arang dihasilkan dengan memanaskan kayu, tulang ataupun benda lainnya. Arang memiliki ciri ringan, berwarna hitam, gampang hancur dan seumpama kerikil bara. Arang berisikan 85% hingga 98% karbon dan sisanya yakni debu dan materi kimia lainnya.

Ada beberapa macam arang yang hingga di sekarang ini dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Jenis - jenis arang tersebut di antaranya adalah:

Arang Kayu

Arang kayu yakni arang yang berbahan dasar kayu. Saat ini arang kayu ialah arang yang banyak digunakan untuk keperluan mengolah makanan mirip menghasilkan olahan satai.

Selain digunakan untuk keperluan memasak, kandungan karbon pada arang kayu sanggup digunakan untuk menjernihkan air, digunakan dalam bidang kesehatan dan masih banyak fungsi lainnya.

Kayu yang digunakan untuk menghasilkan arang yakni kayu yang belum membusuk sedangkan kayu yang telah membusuk tidak sanggup digunakan untuk menghasilkan arang.

Arang Serbuk Gergaji

Arang serbuk gergaji yakni arang yang dihasilkan dari serbuk gergaji. Serbuk gergaji sanggup didapatkan dengan gampang di kawasan - kawasan pengrajin kayu.

Biasanya serbuk gergaji tidak dimanfaatkan oleh pengrajin kayu lantaran harga serbuk gergaji relatif murah.

Serbuk gergaji selain sanggup digunakan untuk dijadikan arang juga sanggup digunakan untuk adonan pupuk atau digunakan selaku briket arang.

Arang Sekam Padi

Arang sekam padi yakni arang yang dihasilkan dari sekam padi. Arang sekam padi biasanya digunakan untuk pupuk dan materi baku briket arang.

Sekam padi sanggup diperoleh di kawasan penggilingan padi. Sekam padi yang halus sanggup digunakan untuk pakan ternak sementara sekam padi yang agresif sanggup digunakan untuk menghasilkan arang atau dijadikan pupuk.

Sekam padi sanggup menyerap dan menyimpan air selaku cadangan makanan sehingga sekam padi sanggup digunakan selaku adonan pupuk dan media tanam persemaian.

Arang Tempurung Kelapa

Arang tempurung kelapa yakni arang dengan materi dasar tempurung kelapa. Tempurung kelapa yang hendak dijadikan arang mesti tempurung kelapa yang berasal dari kelapa yang benar - benar renta lantaran lebih padat dan kandungan airnya lebih minim bila ketimbang tempurung kelapa yang masih muda.

Arang tempurung kelapa memiliki harga yang tinggi, ini disebabkan lantaran sulitnya mendapat materi baku tempurung kelapa.

Arang Serasah

Arang serasah yakni arang yang yang dibikin dari sampah dedaunan (serasah). Jika ketimbang materi yang lainnya, serasah ialah materi untuk menghasilkan arang yang paling gampang ditemukan. Arang serasah juga sanggup dijadikan briket arang.

Briket Arang

Briket arang yakni arang yang yang dibikin dari jenis arang tertentu yang dihaluskan lalu dicetak sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghasilkan briket arang, materi briket dicampurkan dengan tepung kanji selaku media pengikatnya.

Briket arang sanggup memperpanjang rentang waktu pembakaran dan pengurangan biaya. Arang yang sanggup digunakan selaku materi briket yakni arang sekam, arang serbuk gergaji dan arang serasah. Arang - arang tersebut akan cepat habis bila digunakan secara pribadi dan akan menjadi lebih infinit bila diubah menjadi briket arang.

Untuk arang tempurung kelapa yang dijadikan briket arang, biasanya berasal dari tempurung kelapa yang telah remuk sedangkan untuk tempurung kelapa yang tidak remuk tidak dijadikan briket arang.

Itulah jenis jenis arang yang digunakan insan hingga di saat ini, biar bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com