Jenis - Jenis Kabel Listrik

Jenis - Jenis Kabel Listrik

Kabel listrik yakni sebuah elemen yang berfungsi selaku konduktor untuk mengalirkan listrik dari sumber listrik ke benda - benda yang memerlukan arus listrik. Biasanya, konduktor kabel listrik berupa kawat tembaga yang dilapisi dengan isolator. Konduktor yakni material yang sanggup menghantarkan arus listrik sedangkan isolator yakni material yang sulit atau bahkan tidak sanggup menghantarkan arus listrik. Saat ini, terdapat berbagai macam kabel yang digunakan pada rangkaian kelistrikan yakni NYA, NYAF, NYM, NYMHYO, NYMHY, BC dan lain lain..

Kabel NYA

Kabel NYA yakni kabel listrik yang mempunyai konduktor tunggal. Kabel NYA lazimnya digunakan pada instalasi listrik rumah dengan diameter penampang konduktornya berkisar antara 1,5 mm hingga 2,5 mm. Bagian luar konduktor kabel NYA dilapisi dengan isolator PVC. Isolator ini lazimnya diberi warna selaku pembeda antara arus dan dan massa. Warna - warna yang biasa digunakan pada isolatornya yakni merah, hitam, biru, hijau dan kuning strip hijau. Pemasanyan instalasi listrik yang menggunakan kabel jenis NYA diusulkan menggunakan pengaman lagi baik itu menggunakan pipa PVC, pipa fleksibel ataupun pipa union alasannya kabel NYA cuma menggunakan satu lapis isolator PVC. Kabel NYA tergolong ke dalam jenis kabel udara yang artinya kabel NYA ini dilarang ditanam di dalam tanah.

Kabel NYAF

Kabel NYAF yakni kabel listrik dengan inti yang dibikin dari tembaga berupa serabut. Sama menyerupai kabel NYA, kabel NYAF ini juga dilapisi dengan isolator PVC. Kabel NYAF lebih fleksibel dari kabel NYA  sehingga cocok untuk digunakan pada area yang berkelok - kelok. Karena isolasi yang digunakan yakni isolasi tunggal, penggunaan kabel NYAF ini semestinya menggunakan pipa pelindung.

Kabel NYM

Kabel NYM adala kabel yang mempunyai inti (core) lebih dari satu. Kabel NYM ini bergotong-royong yakni kabel NYA yang digabungkan menjadi satu dengan perhiasan selubunga karet dan isolasi putih. Sama menyerupai kabel NYA, kabel NYM juga tergolong kabel udara yang dilarang ditanam di dalam tanah. Kabel NYM sanggup digunanak untuk instalasi listrik rumah maupun gedung perkantoran, hotel dan sebagainya. Jumlah inti kabel NYM berlainan - beda, ada yang 2 inti, 3 inti dan 4 inti yang dilapisi dengan masing - masing isolator. Warna isolator inti kabel NYM dibentuk berlainan - beda dengan tujuan untuk membuat lebih mudah pada di saat pemasanya instalasi. Kabel NYM ini lebih mempunyai dampak dan lebih mahal alasannya dilapisi lagi dengan isolator PVC dan selubung karet.

Kabel NYMHYO

Kabel NYMHYO yakni kabel yang digunakan untuk listrik ajaran rendah menyerupai rangkaian audio video kabel pada rangkaian elektro tertentu dan kabel speaker.

Kabel NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY yakni kabel yang berisikan beberapa kabel inti serabut yang dilapisi denganisolasi PVC. Kabel NYMHY/NYYHY lazimnya dipergunakan untuk istalasi listrik rumah dengan daya 900 watt ke bawah.

Kabel NYY

Kabel NYY yakni kabel yang dirancang untuk sanggup digunakan pada banyak sekali keadaan luar ruangan baik itu keadaan kering maupun lembab, disamping itu kabel NYY juga sanggup digunakan di dalam tanah (ditanam di dalam tanah). Konstruksi isolator kabel NYY kebih mempunyai dampak dan kaku bila daripada kabel NYA dan NYM. Isolator kabel NYY lazimnya dilapisi juga dengan lapisan anti gigitan tikus. Kabel NYY ini lazimnya digunakan untuk instalasi kabel taman. maupun kabel power di industri.

Kabel NYYFGby/NYRGby/NYBY

Kabel NYYFGby/NYRGby/NYBY yakni jenis kabel yang mempunyai lapisan isolator yang tebal dan kuat. Kabel jenis ini sanggup digunakan di dalam tanah tanpa mesti disertakan pelindung tambahan. Jika dilhat dari spesifikasinya, kabel NYYFGby/NYRGby/NYBY ini cuma sanggup ditanam hingga kedalaman 80 cm saja.

Kabel NYCY

Kabel NYCY yakni kabel yang dirancang untuk sanggup digunakan di banyak sekali kawasan baik itu di dalam ruangan (indoor), di luar ruangan (outdoor) dan di dalam tanah serta tahan kepada banyak sekali keadaan cuaca. Kabel NYCY berisikan penghantar konsentris yang dilapisi dengan pita CU kabel.

Kabel BC

Kabel BC yakni kabel yang mempunyai metode konduktansi yang unik dan baik. Penghantar pada kabel BC yang dibikin dari pilinan kabel yang dijadikan satu sehingga konstruksi kabel menjadi lebih mempunyai dampak dan tidak mudah putus. Biasanya, kabel BC digunakan sebagau ground pada bangunan yang tinggi selaku penangkal petir. Kabel BC kebanyakan berskala 6 mm hingga 500 mm.

Kabel AAAC

Kabel AAAC mempunyai metode konduktansi yang menyerupai dengan kabel BC. Kabel AAAC berisikan pilinan kabel yang yang dibikin dari adonan alumunium, magnesium dan silikon. Kabel AAAC mempunyai konstruksi yang sungguh kuat, tahan kepada karat dan sanggup digunakan dalam rentang waktu yang lama. Sama menyerupai kabel BC, kabel AAAC ini juga baik untuk digunakan selaku penangkal petir.

Kabel ACSR

Kabel ACSR yakni kabel yang banyak digunakan pada terusan transmisi tegangan tinggi. Kabel ACSR dipasang melintang antara dua tiang menara distribusi tanpa isolator. Kabel ini yang dibikin dari materi alumunium dengan inti kawat baja. Kabel ACSR sungguh sesuai digunakan untuk terusan listrik tegangan sungguh tinggi.

Kabel ACAR

Kabel ACAR yakni kabel yang nyaris sama dengan kabel ACSR baik itu bentuk maupun fungsinya. Bedanya, kabel ACAR ini material kabelnya diperkuat lagi dengan materi logam adonan sehingga mutu kabel ACAR ini lebih manis daripada kabel ACSR.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com