Jenis Jenis Komputer Menurut Kesanggupan Dan Ukuran Penanganan Data

Jenis Jenis Komputer - Komputer merupakan perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data sesuai dengan mekanisme yang sudah dirumuskan. Saat ini komputer tersedia dengan banyak sekali jenis, baik dari sisi ukuran penanganan data maupun dari sisi kesanggupan penanganan datanya.

Pada goresan pena kali ini akan diterangkan perihal jenis jenis komputer menurut kesanggupan dan ukuran penanganan data.

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Kemampuan Penanganan Data

Berdasarkan kesanggupan penanganan data, komputer dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Komputer analog
  • Komputer digital
  • Komputer hibrida

1. Komputer Analog

Komputer analog dirancang untuk memproses data analog. Data analog merupakan data kontinu yang berubah terus menerus dan tidak sanggup memiliki nilai diskrit. Kita sanggup menyampaikan bahwa komputer analog dipakai di mana kita tidak senantiasa memerlukan nilai niscaya seumpama kecepatan, suhu, tekanan, dan arus.

Komputer analog pribadi menemukan data dari alat pengukur tanpa apalagi dulu menggantinya menjadi angka dan kode. Mereka mengukur pergantian terus menerus dalam kuantitas fisik dan biasanya menciptakan output selaku pembacaan pada dial atau skala. Speedometer dan termometer air raksa merupakan pola komputer analog.

Keuntungan memakai komputer analog:

  • Memungkinkan operasi dan komputasi real-time pada di saat yang serupa dan representasi terus menerus dari semua data dalam kemarahan mesin analog.
  • Dalam beberapa aplikasi, memungkinkan melaksanakan perkiraan tanpa mengambil santunan transduser untuk merubah input atau output ke bentuk elektronik digital dan sebaliknya.
  • Pemrogram sanggup menskalakan duduk kasus untuk rentang dinamis komputer analog. Ini memamerkan pengetahuan ihwal duduk kasus dan menolong mengerti kesalahan dan efeknya.

Jenis Jenis Komputer Analog

a. Slide Rules

Slide rules merupakan salah satu jenis komputer analog mekanis yang paling sederhana. Slide rules dikembangkan untuk melaksanakan perkiraan matematika dasar. Slide rules yang dibikin dari dua batang. Untuk melaksanakan perhitungan, batang hash digeser sejajar dengan tanda pada batang lain.

b. Differential Analysers

Differential analysers dikembangkan untuk melaksanakan perkiraan diferensial. Differential analysers melaksanakan integrasi memakai mekanisme roda dan cakram untuk menyelesaikan perkiraan diferensial.

c. Castle Clock

Castle clock Ditemukan oleh Al-Jarazi. Castle clock bisa menyimpan instruksi pemrograman. Tingginya sekitar 11 kaki dan dilengkapi dengan performa waktu, zodiak, dan orbit matahari dan bulan. Perangkat ini juga memungkinkan pengguna untuk menertibkan panjang hari sesuai isu terkini di saat ini.

d. Electronic Analogue Computer

Jenis komputer analog ini, sinyal listrik mengalir lewat kapasitor dan resistor untuk mensimulasikan fenomena fisik. Di sini, interaksi mekanis unsur tidak terjadi. Tegangan sinyal listrik menciptakan performa yang sesuai.

2. Komputer Digital

Komputer digital dirancang untuk melaksanakan perkiraan dan operasi logis dengan kecepatan tinggi. Komputer digital menemukan data mentah selaku input dalam bentuk digit atau bilangan biner (0 dan 1) dan memprosesnya dengan aktivitas yang disimpan dalam memorinya untuk menciptakan output. Semua komputer terbaru seumpama laptop, desktop tergolong ponsel pandai yang kita gunakan di rumah atau kantor merupakan komputer digital.

Kelebihan komputer digital :

  • Memungkinkan Anda untuk menyimpan sejumlah besar warta dan mengambilnya dengan gampang kapan pun Anda membutuhkannya.
  • Anda sanggup dengan gampang menyertakan fitur gres ke metode digital dengan lebih mudah.
  • Aplikasi yang berlawanan sanggup dipakai dalam metode digital cuma dengan merubah aktivitas tanpa menciptakan pergantian pada perangkat keras
  • Biaya perangkat keras lebih hemat biaya alasannya perkembangan teknologi IC.
  • Menawarkan kecepatan tinggi alasannya data diproses secara digital.
  • Sangat andal alasannya memakai kode koreksi kesalahan.
  • Reproduksibilitas hasil lebih tinggi alasannya output tidak terpengaruh oleh kebisingan, suhu, kelembaban, dan properti lain dari komponennya.

3. Komputer Hybrid

Komputer hybrid memiliki fitur komputer analog dan digital. Komputer hybrid cepat seumpama komputer analog dan memiliki memori dan akurasi seumpama komputer digital. Komputer hybrid sanggup memproses data kontinu dan diskrit. Komputer hybrid menemukan sinyal analog dan menggantinya menjadi bentuk digital sebelum diproses. Jadi, komputer hybrid banyak dipakai dalam aplikasi khusus di mana data analog dan digital diproses. Misalnya, prosesor dipakai di pompa bensin yang merubah pengukuran anutan materi bakar menjadi kuantitas dan harga. Demikian pula, komputer hybrid dipakai di pesawat terbang, rumah sakit, dan aplikasi ilmiah.

Keuntungan memakai komputer hybrid:

  • Kecepatan komputasinya sungguh tinggi alasannya konfigurasi semua-paralel dari subsistem analog.
  • Menghasilkan hasil yang sempurna dan cepat yang lebih akurat dan bermanfaat.
  • Memiliki kesanggupan untuk memecahkan dan mengurus persamaan besar secara real-time.
  • Membantu dalam pemrosesan data online.

Jenis Jenis Komputer Berdasarkan Ukuran Pengolahan Data

Berdasarkan ukurannya, komputer sanggup dibagi menjadi lima jenis yaitu:

1. Superkomputer

Superkomputer merupakan komputer paling besar dan tercepat. Superkomputer dirancang untuk memproses sejumlah besar data. Sebuah superkomputer sanggup memproses triliunan instruksi dalam satu detik. Superkomputer memiliki ribuan prosesor yang saling berhubungan.

Superkomputer utamanya dipakai dalam aplikasi ilmiah dan teknik seumpama prakiraan cuaca, simulasi ilmiah, dan observasi energi nuklir. Superkomputer pertama dikembangkan oleh Roger Cray pada tahun 1976 .

Karakteristik atau aplikasi superkomputer:

  • Memiliki kesanggupan untuk mendekripsi kata sandi Anda untuk mengembangkan proteksi untuk argumentasi keamanan.
  • Menghasilkan hasil yang sungguh bagus dalam animasi.
  • Digunakan untuk pengujian virtual senjata nuklir dan tes medis kritis.
  • Dapat mempelajari dan mengerti pola iklim dan memperkirakan keadaan cuaca. Itu sanggup berjalan di metode NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) yang sanggup mengeksekusi semua jenis data sederhana dan logis.
  • Membantu dalam mendesain simulator penerbangan untuk pilot di tingkat pemula untuk pembinaan mereka.
  • Membantu dalam mengekstraksi warta yang berkhasiat dari sentra penyimpanan data atau metode cloud. Misalnya di perusahaan asuransi.
  • Memainkan kiprah penting dalam mengurus dunia mata duit online seumpama pasar saham dan bitcoin.
  • Membantu dalam diagnosis banyak sekali penyakit kritis dan dalam menciptakan hasil yang akurat pada cedera otak, stroke, dll.
  • Membantu dalam bidang observasi ilmiah dengan menganalisis secara akurat data yang diperoleh dari menjelajahi tata surya, satelit, dan pergerakan Bumi.
  • Digunakan dalam metode kendali asap di mana ia memprediksi tingkat kabut dan polutan yang lain di atmosfer.

2. Komputer Mainframe

Komputer mainframe dirancang untuk mendukung ratusan atau ribuan pengguna secara bersamaan. Mereka sanggup mendukung beberapa aktivitas secara bersamaan. Komputer mainframe sanggup melakukan proses yang berlawanan secara bersamaan. Fitur komputer mainframe ini menjadikannya ideal untuk organisasi besar seumpama sektor perbankan dan telekomunikasi, yang perlu mengurus dan memproses data dalam jumlah banyak yang memerlukan operasi bilangan lingkaran seumpama pengindeksan, perbandingan, dan lain lain.

Karakteristik Komputer Mainframe:

  • Dapat memproses data dalam jumlah besar, umpamanya jutaan transaksi dalam satu detik di sektor perbankan.
  • Memiliki umur yang sungguh panjang. Ini sanggup berjalan dengan tanpa kendala hingga 50 tahun setelah pemasangan yang benar.
  • Memberikan kinerja yang sungguh bagus dengan administrasi memori skala besar.
  • Memiliki kesanggupan untuk membuatkan atau mendistribusikan beban kerjanya di antara prosesor lain dan terminal input/output.
  • Ada kemungkinan lebih minim kesalahan atau bug selama pemrosesan di komputer mainframe. Jika terjadi kesalahan sanggup memperbaikinya dengan segera tanpa mempengaruhi kinerja.
  • Memiliki kesanggupan untuk melindungi data yang disimpan dan pertukaran warta dan data yang lain yang sedang berlangsung.

Aplikasi komputer mainframe:

  • Dalam perawatan kesehatan, ini memungkinkan rumah sakit untuk menyimpan catatan jutaan pasien mereka untuk menghubungi mereka untuk perawatan atau terkait dengan kontrak temu mereka, pembaruan obat atau pembaruan penyakit.
  • Di bidang pertahanan, memungkinkan departemen pertahanan untuk membuatkan sejumlah besar warta sensitif dengan cabang pertahanan lainnya.
  • Di bidang pendidikan, ini menolong universitas besar untuk menyimpan, mengelola, dan mengambil data yang terkait dengan kursus, penerimaan, siswa, guru, karyawan, dan sekolah serta perguruan tinggi tinggi yang berafiliasi.
  • Di sektor ritel, perusahaan ritel yang memiliki basis konsumen dan cabang yang besar memakai komputer mainframe untuk menanggulangi dan mengeksekusi warta yang terkait dengan administrasi inventaris, administrasi pelanggan, dan transaksi besar dalam waktu singkat.

3. Miniframe atau Minicomputer

Miniframe atau Minicomputer merupakan komputer multiprocessing menengah. Miniframe berisikan dua atau lebih prosesor dan sanggup mendukung 4 hingga 200 pengguna sekaligus. Komputer miniframe dipakai di forum dan departemen untuk tugas-tugas seumpama penagihan, akuntansi, dan administrasi inventaris. Komputer mini terletak di antara mainframe dan komputer mikro alasannya lebih kecil dari mainframe tetapi lebih besar dari komputer mikro.

Karakteristik miniframe atau komputer mini:

  • Bobotnya yang ringan menjadikannya gampang dibawa dan pas di mana saja.
  • Lebih murah ketimbang komputer mainframe.
  • Sangat cepat dibandingkan dengan ukurannya.
  • Tetap diisi untuk waktu yang lama.
  • Tidak memerlukan lingkungan operasional yang terkendali.

Aplikasi komputer mini:

  • Komputer mini utamanya dipakai untuk melaksanakan tiga fungsi utama, yakni selaku berikut:
  • Kontrol proses: Digunakan untuk kendali proses di bidang manufaktur. Ini utamanya melaksanakan dua fungsi utama yakni menghimpun data dan umpan balik. Jika ada kelainan yang terjadi dalam proses, itu dideteksi oleh komputer mini dan pembiasaan yang diperlukan akan dilakukan.
  • Manajemen data: Ini merupakan perangkat yang sungguh bagus untuk organisasi kecil untuk mengumpulkan, menyimpan, dan membuatkan data. Rumah sakit dan hotel lokal sanggup menggunakannya untuk menyimpan catatan pasien dan konsumen mereka masing-masing.
  • Portal Komunikasi: Hal ini juga sanggup memainkan kiprah perangkat komunikasi dalam metode yang lebih besar dengan melayani selaku portal antara operator insan dan prosesor sentra atau komputer.

4. Workstation

Workstation merupakan komputer pengguna tunggal yang dirancang untuk aplikasi teknis atau ilmiah . Workstation memiliki mikroprosesor yang lebih cepat, sejumlah besar RAM dan adaptor grafis berkecepatan tinggi. Biasanya Workstation melaksanakan pekerjaan tertentu dengan keahlian yang hebat. Karenanya, Workstation memiliki tipe yang berlawanan seumpama Workstation grafis, Workstation musik dan Workstation konsep teknik.

Karakteristik komputer workstation:

  • Workstation merupakan metode komputer berkinerja tinggi yang dirancang untuk satu pengguna untuk penggunaan bisnis atau profesional.
  • Workstation memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar, grafik yang lebih baik, dan CPU yang lebih besar lengan berkuasa ketimbang komputer pribadi.
  • Workstation sanggup menanggulangi animasi, analisis data, CAD, pengerjaan dan pengeditan audio dan video.
  • Setiap komputer yang memiliki lima fitur berikut, sanggup disebut selaku workstation atau sanggup dipakai selaku workstation.
  • Multiple Processor Cores: Ini memiliki lebih banyak inti prosesor ketimbang laptop atau komputer sederhana.
  • ECC RAM: Dilengkapi dengan memori kode koreksi kesalahan yang sanggup memperbaiki kesalahan memori sebelum mempengaruhi kinerja sistem.
  • RAID (Redundant Array of Independent Disks): Ini mengacu pada beberapa hard drive internal untuk menyimpan atau memproses data. RAID sanggup dari jenis yang berbeda, misalnya, mungkin ada beberapa drive untuk memproses data atau drive cermin di mana apabila satu drive tidak berfungsi ketimbang yang lain mulai berfungsi.
  • SSD: Lebih baik ketimbang hard disk drive konvensional. Itu tidak punya kepingan yang bergerak, sehingga kemungkinan kegagalan fisik sungguh kecil.
  • Dioptimalkan, GPU kelas atas: Ini meminimalkan beban pada CPU. Misalnya, CPU mesti melaksanakan lebih minim pekerjaan di saat memproses output layar.

5. Komputer Mikro

Komputer mikro juga dipahami selaku komputer pribadi. Ini merupakan komputer lazim yang dirancang untuk penggunaan individu. Komputer mikro memiliki mikroprosesor selaku unit pemrosesan pusat, memori, area penyimpanan, unit input dan unit output. Laptop dan komputer desktop merupakan pola mikrokomputer. Komputer mikro cocok untuk pekerjaan pribadi yang mungkin menciptakan tugas, menonton film, atau di kantor untuk pekerjaan kantor.

Ciri-ciri mikrokomputer :

  • Komputer mikro merupakan yang terkecil dalam ukuran di antara semua jenis komputer.
  • Sejumlah perangkat lunak terbatas sanggup digunakan.
  • Komputer mikro dirancang untuk pekerjaan dan aplikasi pribadi. Hanya satu pengguna yang sanggup melakukan pekerjaan pada satu waktu.
  • Komputer mikro kurang ekspansif dan gampang digunakan.
  • Komputer mikro tidak mewajibkan pengguna untuk memiliki kemampuan atau pembinaan khusus untuk menggunakannya.
  • Umumnya, dilengkapi dengan chip semikonduktor tunggal.
  • Komputer mikro bisa multitasking seumpama mencetak, memindai, menjelajah, menonton video, dll.

Itulah jenis jenis komputer menurut kesanggupan dan ukuran pembuatan datanya yang sanggup disampaikan pada potensi kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com