Jenis Jenis Monitor Dan Perkembangannya

Jenis Jenis Monitor - Monitor merupakan perangkat keluaran (output) elektronik yang juga dimengerti selaku video display terminal (VDT) atau video display unit (VDU). Monitor dipakai untuk memperlihatkan gambar, teks, video, dan gunjingan grafik yang dihasilkan oleh komputer yang terhubung lewat kartu video komputer (video card). Meskipun menyerupai dengan  TV, resolusi monitor jauh lebih tinggi dibandingkan dengan TV. Monitor komputer pertama kali diperkenalkan pada 1 Maret 1973, yang merupakan bab dari tata cara komputer Xerox Alto.

Monitor bau tanah dibentuk dengan menggunakan layar fluorescent dan Cathode Ray Tube (CRT), yang menjadikannya berat dan berskala besar sehingga memicu lebih banyak ruang di meja. Saat ini, semua monitor dibentuk dengan menggunakan teknologi layar panel datar, lazimnya backlit dengan LED. Monitor terbaru ini mengambil lebih minim ruang di meja dibandingkan dengan monitor CRT yang lebih tua.

Sejarah Monitor

  • Pada tahun 1964 , mesin Uniscope 300 menambahkan layar CRT built-in, yang bukan merupakan monitor komputer yang sebenarnya.
  • A. Johnson mendapatkan teknologi layar sentuh pada tahun 1965.
  • Pada tanggal 1 Maret 1973, komputer Xerox Alto diperkenalkan, yang memiliki monitor komputer pertama. Monitor ini dilengkapi layar monokrom dan menggunakan teknologi CRT.
  • Pada tahun 1975, George Samuel Hurst memperkenalkan performa layar sentuh resistif pertama, walaupun gres dipakai sebelum tahun 1982.
  • Pada tahun 1976, sistem komputer Apple I dan Sol-20 diperkenalkan. Sistem ini memiliki port video built-in yang memungkinkan mereka untuk melakukan layar video pada monitor komputer.
  • Pada tahun 1977, James P. Mitchell mendapatkan teknologi display LED. Tetapi bahkan 30 tahun kemudian, monitor ini sukar didapatkan untuk dibeli di pasar.
  • Pada bulan Juni 1977, Apple II dirilis, memungkinkan performa warna pada monitor CRT.
  • Pada tahun 1987, IBM merilis IBM 8513, monitor VGA pertama.
  • Pada tahun 1989, VESA mendefinisikan persyaratan SVGA untuk performa komputer.
  • Pada simpulan 1980-an, monitor CRT berwarna bisa mendukung performa resolusi 1024 x 768.
  • Eizo Nanao memproduksi Eizo L66, monitor LCD pertama untuk komputer desktop, dan merilisnya pada pertengahan 1990-an.
  • Pada tahun 1997, monitor LCD berwarna mulai dikembangkan oleh IBM, Viewsonic, dan Apple yang berbincang mutu dan resolusi yang lebih baik dibandingkan dengan monitor CRT.
  • Pada tahun 1998, monitor LCD berwarna untuk komputer desktop dibuat oleh Apple.
  • Kemudian pada tahun 2003, monitor CRT terjual lebih banyak untuk pertama kalinya dari monitor LCD. Hingga tahun 2007, monitor CRT secara konsisten terjual lebih banyak dibandingkan dengan monitor LCD, sehingga monitor ini menjadi monitor komputer yang lebih populer.
  • Pada tahun 2006, Jeff Han merilis monitor berbasis sentuh pertama yang bebas antarmuka di TED.
  • Pada tahun 2009, monitor LED MultiSync EA222WMe dirilis oleh perusahaan NEC. Itu merupakan monitor pertama yang dirilis oleh NEC.
  • AMD dan Intel memberi tahu untuk menyelesaikan pertolongan untuk VGA pada bulan Desember 2010.
  • Pada tahun 2017, monitor LCD layar sentuh menjadi lebih terjangkau bagi konsumen alasannya merupakan harganya mulai turun.

Inilah 8 Jenis Monitor dan Perkembangannya

1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube)

CRT merupakan teknologi yang dipakai pada permulaan monitor ditemukan. Monitor CRT menggunakan seberkas elektron untuk menciptakan gambar di layar. Terdiri dari gun yang menembakkan seberkas elektron di dalam layar. Berkas elektron beberapa kali tentang permukaan layar. Gun ini bertanggung jawab untuk menciptakan warna RGB (Merah, Hijau, Biru), dan lebih banyak warna lain sanggup dihasilkan dengan memadukan ketiga warna ini. Saat ini monitor panel datar telah mengambil alih monitor CRT.

2. Monitor Panel Datar

Jenis monitor panel datar merupakan jenis monitor yang ringan dan cuma memerlukan sedikit ruang. Monitor panel datar mengonsumsi lebih minim daya dibandingkan dengan monitor CRT. Monitor ini lebih efektif alasannya merupakan tidak berbincang radiasi berbahaya. Monitor ini lebih mahal dibandingkan dengan CRT. Monitor panel datar dipakai di PDA, komputer notebook, dan telepon seluler. Monitor ini tersedia dalam banyak sekali ukuran menyerupai 15", 17", 18" & 19" dan banyak lagi. Tampilan monitor panel datar dibentuk dengan proteksi dua pelat kaca. Pelat ini mengandung zat, yang diaktifkan dalam banyak cara.

Layar monitor panel datar menggunakan dua jenis teknologi, yaitu:

  • Liquid Crystal Display: Layar LCD (Liquid crystal display) berisi zat yang dimengerti selaku kristal cair. Partikel zat ini disejajarkan sedemikian rupa sehingga cahaya terletak di bab belakang layar, yang memungkinkan untuk menciptakan gambar atau blok. Layar kristal cair memperlihatkan gambar yang terang dibandingkan dengan layar CRT dan memancarkan lebih minim radiasi. Selain itu, ia mengonsumsi lebih minim daya dan memerlukan lebih minim ruang dibandingkan dengan layar CRT.
  • Gas Plasma Display: Layar ini menggunakan teknologi plasma gas, yang menggunakan lapisan gas di antara 2 pelat kaca. Ketika tegangan diterapkan, gas melepaskan sinar ultraviolet. Dengan sinar ultraviolet ini, piksel pada layar bersinar dan membentuk gambar. Layar ini tersedia dalam banyak sekali ukuran sampai 150 inci. Meskipun memperlihatkan warna yang efektif dibandingkan dengan monitor LCD, harganya lebih mahal. Makanya jarang dipakai.

3. Monitor Layar Sentuh

Monitor layar sentuh memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dengan menggunakan jari atau stylus dibandingkan dengan menggunakan mouse atau keyboard. Ketika pengguna menjamah layar dengan jari mereka, terjadi insiden dan meneruskannya ke pengontrol untuk diproses. Jenis layar ini meliputi gambar atau kata-kata yang menolong pengguna berinteraksi dengan komputer. Dibutuhkan masukan dari pengguna dengan menjamah sajian atau ikon yang dihidangkan di layar.

Ada tiga jenis monitor layar sentuh, yaitu:

  • Layar Sentuh Resistif: Umumnya, layar ini meliputi lapisan logam tipis konduktif dan resistif. Saat sentuhan ditekan, terjadi pergeseran arus listrik yang dikirim ke pengontrol. Saat ini, layar ini banyak digunakan. Monitor ini lebih jago alasannya merupakan tidak terpengaruh oleh cairan atau debu.
  • Layar Sentuh Gelombang Permukaan: Monitor ini memproses input lewat gelombang ultrasonik. Ketika pengguna menjamah layar, gelombang diproses dan diserap oleh komputer. Ini kurang sanggup diandalkan alasannya merupakan sanggup rusak oleh air atau debu.
  • Layar Sentuh Kapasitif: Layar ini dilengkapi epilog dengan materi bermuatan listrik. Bahan ini terus mengalirkan arus di atas layar. Layar ini lebih banyak dipakai oleh jari dibandingkan dengan stylus. Monitor ini memiliki kejelasan yang lebih baik dan tidak rusak oleh debu. Saat ini, layar sentuh kapasitif banyak dipakai di smartphone.

4. Monitor LED

Monitor LED merupakan monitor komputer layar datar, yang merupakan abreviasi dari light-emitting diode display. Monitor LED memiliki bobot yang ringan dan memiliki kedalaman yang pendek. Sebagai sumber cahaya, monitor LED menggunakan panel LED. Saat ini, banyak sekali perangkat elektronik, baik perangkat besar maupun kecil menyerupai layar laptop, ponsel, TV, monitor komputer, tablet, dan lainnya, menggunakan display LED.

Diyakini bahwa James P. Mitchell merupakan penemu layar LED pertama. Pada tanggal 18 Maret 1978, prototipe pertama dari display LED diterbitkan ke pasar di SEF (Science and Engineering Fair) di Iowa. Pada tanggal 8 Mei 1978, layar LED ditampilkan lagi di Anaheim California, di SEF. Prototipe ini memperoleh penghargaan dari NASA dan General Motors.

5. Monitor OLED

Monitor OLED merupakan teknologi layar pemancar cahaya datar baru, yang lebih efisien, lebih cerah, lebih tipis, dan memiliki fitur dan kontras refresh rate yang lebih baik dibandingkan dengan layar LCD. Monitor OLED berisikan rangkaian film tipis organik antara dua konduktor. Tampilan ini tidak memerlukan lampu latar alasannya merupakan merupakan performa yang memancarkan. Selain itu, monitor OLED berbincang mutu gambar yang lebih baik.

Saat ini, monitor OLED banyak dipakai di laptop, TV, ponsel, kamera digital, tablet, headset VR. Permintaan vendor ponsel, lebih dari 500 juta layar AMOLED dibuat pada 2018.

6. Monitor DLP

DLP merupakan abreviasi dari Digital Light Processing, yang dikembangkan oleh Texas Instruments. Monitor DLP merupakan teknologi yang dipakai untuk penyajian dengan memproyeksikan gambar dari monitor ke layar besar. Sebelum membuatkan DLP, sebagian besar tata cara proyeksi komputer menciptakan gambar yang pudar dan buram alasannya merupakan didasarkan pada teknologi LCD. Teknologi DLP menggunakan perangkat micromirror digital, yang merupakan cermin kecil yang diposisikan pada jenis microchip khusus. Selain itu, monitor DLP memperlihatkan mutu gambar yang lebih baik yang juga sanggup terlihat di ruangan yang terang secara normal.

7. Monitor TFT

Monitor TFT merupakan jenis layar panel datar LCD, yang merupakan abreviasi dari transistor film tipis. Pada monitor TFT, semua piksel diatur dengan proteksi satu sampai empat transistor. LCD panel datar bermutu tinggi menggunakan transistor ini. Meskipun monitor berbasis TFT berbincang resolusi yang lebih baik dari semua teknologi panel datar, monitor TFT ini sungguh mahal. LCD, yang menggunakan teknologi transistor film tipis (TFT), dimengerti selaku layar matriks aktif. Tampilan matriks aktif memperlihatkan mutu yang lebih tinggi dibandingkan dengan performa matriks pasif yang lebih lama.

8. Monitor Layar Plasma

Layar plasma merupakan layar tipis, panel datar, dan sanggup digantung di dinding menyerupai televisi LCD dan LED. Monitor layar plasma merupakan layar yang lebih terang dibandingkan dengan layar LCD dan lebih tipis dari layar CRT. Monitor layar plasma sanggup dipakai untuk mode performa input komputer digital atau sinyal video analog, dan adakala dipasarkan selaku performa 'panel tipis'. Tampilan plasma memiliki sudut pandang lebar, rasio kontras tinggi, dan kecepatan refresh tinggi, yang dipakai untuk meminimalisir video buram. Selain itu, monitor layar plasma berbincang mutu gambar yang lebih baik alasannya merupakan mendukung resolusi tinggi sampai 1920 x 1080.

Layar plasma juga memiliki beberapa kehabisan menyerupai kemungkinan layar terbakar, mengonsumsi lebih banyak daya, kehilangan kecerahan seiring waktu, bisa lebih berat.

Itulah jenis jenis monitor yang sanggup diterangkan pada peluang kali ini. Semoga bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com