Jenis - Jenis Palu Dan Fungsinya

Jenis - Jenis Palu Dan Fungsinya

Pernahkan anda menancapkan paku ke dinding? Alat apa yang anda pakai untuk menancapkan paku ke dinding?

Idealnya alat yang digunakan untuk menancapkan paku ke dinding merupakan palu. Palu merupakan perlengkapan kerja dingklik yang berfungsi untuk menghantam benda kerja dan menyediakan pengaruh tumbukan kepada benda yang dipukulnya. Palu yang digunakan untuk menancapkan paku biasanya yang dibikin dari materi logam keras mirip baja. Selain untuk menancapkan paku, palu juga memiliki banyak fungsi lainnya. Untuk menyanggupi keperluan kerja dingklik yang berlawanan - beda maka palu dibentuk dengan banyak sekali jenis material biar sesuai dengan kebutuhan.

Palu tersusun dari dua bab yakni gagang dan kepala. Gagang palu biasanya yang dibikin dari kayu meskipun ada juga gagang palu yang yang dibikin dari besi, sedangkan untuk kepala palunya yang dibikin dari materi yang diadaptasi dengan keperluan mirip besi, karet dan plastij. Di bawah ini merupakan macam macam jenis palu dan fungsinya.

Palu Konde (Ball Peen Hammer)

Palu konde yang dibikin dari materi besi. Kepala palu konde memiliki bentuk yang berlawanan antara sisi kepala yang satu dengan sisi kepala yang lainnya. Satu sisi kepala palu konde berupa rata, bab ini digunakan untuk menghantam palu atau benda kerja dan sisi yang lain berupa lingkaran yang sanggup digunakan untuk membengkokan plat besi.

Palu Muka Ganda (Club Hammer)

Sama mirip palu konde, palu tampang ganda juga yang dibikin dari materi besi. Palu tampang ganda memiliki sisi yang datar di kedua sisinya dan memiliki beban yang lebih berat dari palu konde. Palu tampang ganda berfungsi untuk pekerjaan pada konstruksi pada umumnya, menghantam paku atau anchor dan sanggup digunakan juga untuk menghantam lembaran logam atau proses pembongkaran.

Palu Muka Rata dan Gepeng (Cross and Straight Pein Hammer)

Palu tampang rata dan gepeng memiliki bentuk runcing di salah satu sisinya. Bentuk kepalanya ini akan menyediakan pengaruh pukulan yang stabil apabila daripada club hammer. Fungsi palu tampang rata dan gepeng yakni sungguh sesuai digunakan untuk menghantam paku. Seperti dua palu sebelumnya, palu bentuk tampang rata dan gepeng juga yang dibikin dari besi.

Palu Cakar (Nail Hammer)

Palu cakar memiliki bentuk seumpama cakar di salah satu sisinya. Palu cakar ini yang dibikin dari besi dan berasal dari negara barat. Palu cakar ini biasanya digunakan pada pekerjaan pertukangan. Sisi palu yang berupa mirip cakar sanggup digunakan untuk mencabut paku.

Palu Bingkai Sementara (Temporary Frame Hammer)

Palu bingkai sementara biasanya digunakan untuk menghasilkan frame yang bersifat sementara. Palu bingkai sementara ini yang dibikin dari besi dan memiliki bentuk yang mirip dengan nail hammer yakni memiliki bentuk mirip cakar di salah satu siainya yang sanggup digunakan untuk membuka paku. Perbedaan palu bingkai sementara dengan nail hammer terletak pada panjang kepalanya dimana palu bingkai sementara memiliki kepala yang lebih panjang sehingga relatif lebih gampang digunakan untuk mencabut paku yang panjang.

Palu Terak (Chipping Hammer)

Fungsi utama palu terak merupakan untuk membongkar kerikil bata atau balok. Palu terak ini memiliki kepala datar berupa persegi di salah satu sisinya dan di sisi yang lain memiliki ujung yang runcing. Bagian yang runcing ini sanggup digunakan untuk menghasilkan retakan pada kerikil bata atau balok lalu menghancurkannya dengan sisi palu yang datar. Palu terak ini ada yang yang dibikin dari logam ada juga yang yang dibikin dari batu.

Palu Godam/Palu Kepala Batu (Stone Head Hammer)

Palu godam/palu kepala kerikil memiliki ukuran dan berat yang lebih besar dari palu normal. Palu godam beratnya meraih 1 hingga 2 Kg. Palu godam memiliki bentuk kepala datar di satu sisi dan cembung di sisi lainnya. Palu godam ini biasanya yang dibikin dari kerikil dan digunakan untuk merusak kerikil baik itu pada di saat proses penggalian maupun pekerjaan memecahkan kerikil lainnya.

Palu Inspeksi (Test Hammer/Inspection Hammer)

Palu inspeksi digunakan untuk melakukan pengecekan mulai dari pengecekan mesin atau kendaraan hingga pengecekan kekuatan struktur beton. Palu inspeksi ini memiliki gagang yang panjang biar sanggup menghantam bab yang tidak sanggup dijangkau dengan palu biasa. Palu inspeksi yang dibikin dari logam tapi ada juga yang yang dibikin dari batu.

Palu Listrik (Electric Hammer)

Palu listrik yang dibikin dari logam dan digunakan untuk perlengkapan konstruksi listrik. Biasanya bab bawah pegangan palu listrik berupa kunci pas soket.

Palu Pengelasan (Welding Hammer)

Palu pengelasan digunakan untuk menetralisir material pelindung (terak) las yang tidak diperlukan. Palu pengelasan berupa titim pada satu sisi dan berupa pahat pada sisi lainnya. Keduanya sanggup dipergunakan sesuai dengan fungsinya masing - masing. Sama mirip pada lazimnya palu lainnya, palu pengelasan ini yang dibikin dari logam.

Itulah jenis - jenis palu beserta fungsinya yang sanggup diterangkan pada goresan pena kali ini.

Terima kasih.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com