Jenis Jenis Printer

Jenis Jenis Printer - Printer yakni perangkat elektronik yang berfungsi untuk mencetak dokumen atau foto ke atas kertas. Dengan kata lain, printer berfungsi untuk merubah dokumen atau foto berupa digital menjadi bentuk fisik. Teknologi printer yang tersedia di sekarang ini makin meningkat dengan pesat. Pada awalnya, printer cuma sanggup dipakai untuk mencetak dokumen saja tetapi di sekarang ini sudah ada printer yang sanggup dipakai untuk menscan ataupun mengcopy.

Jenis - Jenis Printer

Saat ini tersedia aneka macam jenis printer yang sanggup dipakai untuk mencetak dokumen dan foto dengan cara kerja dan fungsi spesifik yang berbeda. Berikut yakni 11 jenis printer yang sanggup menjadi opsi untuk mencetak dokumen atau foto.

1. Printer Inkjet

Printer inkjet yakni jenis printer yang paling banyak dijumpai di wilayah percetakan. Cara kerja printer inkjet yakni tinta disemprotkan ke atas kertas dan akan membenuk gambar maupun tulisan. Tinta yang mau dipakai pada printer inkjet disimpan di dalam catridge tinta. Printer inkjet memiliki mutu grafis yang sungguh bagus sehingga printer inkjet sungguh sesuai dipakai untuk multimedia.

2. Printer Laserjet

Printer laserjet pada proses pencetakannya menggunakan laser sesuai dengan namanya. Laser disinarkan pada alat mirip drum untuk menciptakan contoh gambar dan goresan pena yang mau dicetak. Printer laserjet sanggup mencetak dengan lebih singkat dari printer inkjet.

3. Printer LED/LCD

Spesifikasi printer LED/LCD nyaris sama dengan printer laser tetapi printer LED/LCD tidak menggunakan laser melainkan menggunakan light emitting diode. Printer LED/LCD sanggup mencetak dokumen maupun foto dengan lebih baik.

4. Printer Dot Matrix

Printer dot matrix yakni printer yang menggunakan set pin yang tersusun rapat untuk mencetak abjad dan karakter lainnya. Printer dot matrix memiliki cara kerja yang mirip dengan mesin tik dengan kecepatan cetak 50 hingga 500 karakter per detik.

5. Printer Solid Ink

Printer solid ink yakni printer yang menggunakan tinta solid (tinta yang sudah dililinkan). Tinta yang mau dipakai dilelehkan dan ditampung pada suatu tempat. Setelah itu tinta dipindahkan ke sejenis drum dan didinginkan sebelum dipakai untuk mencetak ke media kertas.

6. Printer Thermal

Printer thermal yakni printer yang menggunakan kertas yang sanggup bermetamorfosis gelap pada di saat dipanaskan. Printer thermal biasanya dipakai pada mesin fax maupun mesin kasir perbelanjaan. Pada printer thermal terdapat kepala cetak yang berisi penghangat elektronik dan bisa mencetak teks dan grafik sederhana pada kertas. Printer thermal perawatan dan penggunaannya sungguh gampang alasannya yakni tidak membutuhkan tinta, toner atau peralatan sejenis lainnya.

7. Printer All In One (Printer Multifungsi)

Printer all in one atau printer multifungsi yakni printer yang serbaguna. Selain dipakai untuk mencetak dokumen, printer all in one juga sanggup dipakai untuk scanner, fax, telephone dan lainnya.

8. Printer Plotter / Wide Format Printing

Printer plotter yakni printer yang sanggup mencetak grafis pada stiker, vinyl, surface kertas dan beraneka ragam materi lainnya. Printer plotter sanggup mencetak dalam ukuran yang besar dengan hasil yang memuaskan. Printer plotter cocok dipakai untuk mencetak poster, cutting sticker, banner dan lain sebagainya. Printer plotter memiliki tingkat keakuratan yang sungguh sanggup diandalkan. Printer plotter sanggup mencetak dengan kecepatan dan mutu cetak yang sungguh bagus tetapi walaupun sanggup mencetak dengan segera printer plotter tidak mengeluarkan bunyi yang bising.

9. Printer Bubble Jet

Printer bubble jet sanggup menciptakan cetakan yang seumpama hasil cetakan film tetapi printer ini cuma sanggup mencetak di kertas dengan ukuran kecil. Pada umumnya, printer bubble jet dipakai untuk mencetak foto secara eksklusif dari kamera tanpa mediator komputer. Pada di saat hasil cetakan keluar, printer bubble jet memiliki bunyi yang sungguh lembut.

10. Printer DTG (Direct To Garment)

Printer DTG (Direct to Garment) yakni printer yang sanggup dipakai untuk mencetak kaos atau t-shirt tanpa perantara. Jenis tinta yang dipakai pada printer DTG (Direct To Garment) yakni jenis tinta tekstil. Selain dipakai untuk mencetak di atas kain katun, printer DTG (Direct To Garment) juga sanggup dipakai untuk mencetak di atas materi kayu, kain satin, kain TC dan kain handuk. Printer DTG (Direct to Garment) sanggup mencetak full color dengan hasil yang merata dan tajam, kekal dan sanggup dicuci erkali - kali. Ini alasannya yakni hasil cetakan akan meresap ke dalam serat kain yang digunakan.

11. Printer Label

Printer label yakni printer yang dipakai untuk mencetak label dengan lebih gampang dalam jumlah banyak. Beberapa printer label sanggup dipakai untuk mencetak barcode dan label dalam aneka macam bentuk.

Itulah jenis jenis printer yang sanggup diterangkan pada goresan pena kali ini, agar bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com