Macam - Macam Tang Beserta Fungsinya

Macam - Macam Tang Beserta Fungsinya

Tang yakni alat tangan yang banyak digunakan oleh teknisi di banyak sekali bidang. Tang biasanya yang dibikin dari logam dengan handle (pegangan) yang dilapisi karet atau plastik. Tang mempunyai konstruksi mirip tuas pengungkit yang mempunyai dua batang yang saling bersilangan di satu titik. Tang biasanya digunakan untukmenjepit benda kerja berskala kecil.

Tang ialah hal yang wajib dibawa oleh seorang teknisi. Pada umumnya, tang memilk bentuk yang sukup kecil sehingga mudah dibawa kemana mana. Tuntutan pekerjaan yang berlawanan - beda memicu tang yang digunakan kian meningkat dan beragam. Terdapat berbagai jenis tang yang di saat ini digunakan oleh para teknisi. Jenis - jenis tang tersebut diantaranya yaitu:

Tang Kombinasi (Linesman Pliers)

Sesuai dengan namanya, tang variasi yakni tang yang memiliki faedah variasi yakni untuk memotong, menjepit atau membengkokan benda - benda kecil. Bagian tengah tang variasi berupa oval dan bergerigi sehingga sanggup digunakan untuk mencengkaram benda kerja dengan lebih kuat.

Tang Potong

Tang potong mempunyai rahang yang yang sanggup digunakan untuk memangkas kawat, kabel dan sanggup digunakan untuk mengupas insulasi kabel.

Tang Lancip

Tang lancip biasanya digunakan untuk menjepit benda - benda berskala kecil atau benda - benda di celah. Tang lancip mempunyai rahang yang meruncing.

Tang Pembulat

Tang pembulat mempunyai bentuk yang mirip dengan tang lancip. Tang pembulat berfungsi untuk membulatkan kawat atau inti kabel.

Tang Press

Tang press atau disebut juga tang buaya memiliki faedah utama untuk mencengkram benda kerja denan kuat. Selain itu, tang ini sanggup digunakan untuk membuka baut yang menyibukkan dibuka dengan kinci ring atau kunci pas. Di dalam bahasa inggris tang ini disebut dengan locking pliers.

Tang Snap Ring

Tang snap ring berfungsi untuk membuka atau memasang snap ring. Terdapat dua jenis tang snap ring yakni tang snap ring yang normalnya rahangnya menutup dan di saat ditekan handelnya akan membuka mirip pada biasanya tang lainnya. Tang snap ring ini disebut dengan snap in. Jenis tang snap ring yang lain yakni tang snap ring dengan posisi wajar rahang terbuka dan pada di saat ditekan handelnya maka rahangnya akan menutup. Tang snap ring ini disebut dengan snap out.

Tang Burung

Tang ini dinamakan dengan tang burung alasannya yakni bentuknya yang mirip dengan paruh burung. Tang burung mempunyai pengungkit yang lebih panjang. Tang ini biasa digunakan pada pekerjaan perbaikan pipa.

Tang Pengupas Kabel

Tang pengupas kabel disebut juga dengan wire stripper dalam bahasa inggris. Tang ini berfungsi untuk mengupas insulasi kabel berskala kecil. 

Tang Crimping/Tang Skun

Tang crimping atau tang skun berfungsi untuk memasangkan skun ke ujung kabel. Tang skun menjepit skun ke kabel lalu mengepresnya sehingga pemasangan skun pada kabel menjadi lebih kuat.

Tang Pemotong Baut

Tang pemotong baut digunakan unutk memangkas baut yang menyibukkan untuk dibuka atau baut yang telah tidak digunakan lagi.

Tang Kaka Tua

Tang ini  disebut dengan tang kaka bau tanah alasannya yakni bentuk rahangnnya yang seumpama aruh burung kaka tua. Tang kaka bau tanah ini sanggup digunakan untuk memangkas kawat, mencabut paku dan memilin kawat yang digunakan unutk mengikat.

Tang Krone

Tang krone mempunyai bentuk yang berlawanan dengan tang yang lainnya. Tang krone berfungsi untuk menyambungkan kabel telepon dengan terminal SLA telepon. Oleh alasannya yakni itu tang ini juga dinamakan tang tusuk LSA.

Tang Fencing

Tang Fencing memilki bentuk seumpama palu dengan dua pegangan. Tang fencing sanggup digunakan untuk memangkas kawat kecil dan bab yang lancip sanggup digunakan untuk membuka stapler atau catutan paku. Bagian bawah tang ini memiliki faedah yang serupa dengan palu yakni untuk memukul.

Tang Rivet

Tang rivet biasanya digunakan pada pekerjaan konstruksi. Tang rivet ini berfungsi untuk memasangkan rivet yakni berupa paku keling yang hendak menyambungan dua buah benda atau lebih.

Tang Pembolong

Tang pembolong digunakan untuk membolongi. Biasanya digunakan untuk membolongi sabuk.

Tang Press Hdrolik

Tang press hidrolik ditenagai dengan sumbangan hidrolik. Tang hidrolik ini biasanya digunakan untuk memasang skun ke kabel. Dengan adanya sumbangan tenaga hidrolik, tenaga yang dikeluarkan menjadi condong lebih sedikit.

Tang Rahang Plastik

Tang rahang plastik mempunyai rahang yang lembut yang yang dibikin dari logam yang dilapisi dengan plastik. Tang rahang plastik biasanya digunakan pada pemipaan utamanya pipa yang yang dibikin dari materi bukan logam. Penggunaan tang rahang plastik sanggup menyingkir dari pipa dari tabrakan pada di saat dijepit.

Tang Ampere

Tang ampere memiliki faedah yang berlawanan dengan jenis tang yang lainnya. Jika tang pada biasanya berfungsi untuk mengepress atau menjepit benda kerja, tang ampere ini berfungsi ntuk mengukur mempunyai pengaruh arus listrik yang mengalir pada sebuah rangkaian kabel.

Itulah jenis- jenis tang yang sanggup disampaikan pada goresan pena kali ini, jikalau masih ada jenis tang yang lain yang belum ditulis pada goresan pena ini silahkan sampaikan pada kolom komentar.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com