Mengenal Jenis Energi Yang Digunakan Dalam Kehidupan Manusia

Jenis - Jenis Energi - Energi yakni kesanggupan untuk mengerjakan usaha. Energi sanggup dicicipi akan tapi sukar untuk dilihat keberadaannya. Di dalam aturan thermodinamika pertama disebutkan bahwa energi itu bersifat kekal, artinya energi itu tidak sanggup diciptakan dan juga tidak sanggup dimusnahkan tapi sanggup dikonversi (diubah) dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Sebagai pola pada proses pembakaran pada mesin motor atau mobil, bensin yang ialah jenis energi kimia dikonversi menjadi kerja berupa energi gerak atau energi mekanik sehingga sanggup menggerakkan kendaraan beroda empat atau motor.

Jenis Jenis Energi Dalam Kehidupan Manusia

Di alam ini ada terdapat banyak sekali jenis - jenis energi yang sanggup dimanfaatkan oleh manusia. Kebutuhan insan akan energi terus meningkat setiap harinya. Jenis - jenis energi tersebut di antaranya adalah:

1. Energi Mekanik

Energi mekanik yakni energi gerak menyerupai turbin air yang merubah energi berpeluang menjadi energi mekanik untuk memutarkan generator listrik. Energi mekanik ialah salah satu energi yang paling banyak digunakan oleh manusia.

2. Energi Potensial

Energi berpeluang yakni energi yang terdapat pada benda - benda yang berada di wilayah tinggi. Contoh energi berpeluang yakni air di bendungan yang mengalir ke bawah memutar turbin, buah yang jatuh dari pohon dan lain sebagainya.

3. Energi Listrik

Energi listrik yakni energi yang berhubungan dengan arus elektron dan dinyatakan dalam watt-jam atau koli watt-jam. Arus listrik akan mengalir jikalau penghantar listrik dilewatkan pada medan magnet. Energi listrik sanggup disimpan selaku energi medan elektrostatis yang ialah energi yang berhubungan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakumulasinya muatan elektron pada pelat - pelat kapasitor.

4. Energi Elektromagnetik

Energi elektromagnetik yakni bentuk energi yang berhubungan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi dinyatakan dalam satuan energi yang sungguh kecil yakni elektron volt (eV) atau mega elektron volt (MeV).

5. Energi Kimia

Energi kimia yakni energi hasil interaksi elektron di mana dua atau lebih atom/molekul berkombinasi sehingga menciptakan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia cuma sanggup terjadi dalam bentuk energi tersimpan. Jika energi dilepas dalam sebuah reaksi, maka reaksinya disebut dengan reaksi eksotermis. Jika dalam reaksi kimia energinya terserap maka disebut dengan reaksi endodermis. Eksotermis ialah sumber energi materi bakar yang penting bagi insan atau disebut dengan reaksi pembakaran. Reaksi pembakaran melibatkan oksidasi dari materi bakar fosil.

6. Energi Nuklir

Energi nuklir yakni energi dalam bentuk energi yang tersimpan. Energi nuklir sanggup dilepas dengan interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi ini dilepas selaku kerja keras partikel - partikel untuk mendapatkan keadaan yang lebih stabil. Pada reaksi nuklir sanggup terjadi peluluhan radioaktif, fisi dan fusi.

7. Energi Thermal

Energi thermal yakni bentuk energi dasar atau dengan kata lain semua energi sanggup dikonversikan secara sarat menjadi energi panas. Proses konversi energi thermal ke energi lain dibatasi oleh aturan thermodinamika II. Bentuk energi transisi dari energi thermal yakni energi panas, disamping itu sanggup juga alam bentuk energi tersimpan selaku kalor laten atau kalor sensible yang berupa entalpi.

8. Energi Angin

Energi angin ialah energi yang tidak akan habis. Dalam pemanfaatannya, energi angin umumnya dikonversikan menjadi energi gerak mekanik menyerupai pada pembangkit listrik tenaga angin. Angin dengan kecepatan tertentu yang perihal bilah turbin akan menciptakan turbin bergerak memutar sehingga energi angin bermetamorfosis energi mekanik kemudian kemudian energi mekanik tersebut diubah oleh generator menjadi energi listrik.

Itulah jenis jenis energi yang digunakan dalam kehidupan manusia, supaya bermanfaat.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com