Mengenal Kiprok Sepeda Motor: Pemahaman Dan Fungsinya

Mengenal Kiprok Sepeda Motor: Pengertian Dan Fungsinya - Sepeda motor berisikan aneka macam komponen yang memiliki kegunaan masing-masing. Salah satu komponen yang terdapat pada sepeda motor yakni kiprok. Sebagian besar pengguna sepeda motor mungkin sudah mengenali komponen ini tetapi banyak juga yang belum mengenali apa itu kiprok.

Apa itu kiprok motor?

Apa yang dimaksud dengan kiprok?

Kiprok atau disebut juga dengan regulator yakni komponen kelistrikan pada sepeda motor. Kiprok memiliki kegunaan utama yang sungguh penting yakni mengendalikan arus listrik dari sepul. Biasanya satu jenis kiprok digunakan untuk berbagai macam sepeda motor seumpama Honda Grand dan Honda Supra usang yang menggunakan jenis kiprok yang sama.

Di dalam kiprok motor terdapat beberapa komponen seumpama dioda, resistor, transistor, IC dan komponen - komponen lainnya. Dioda pada kiprok memiliki kegunaan yang serupa dengan dioda pada perangkat elektronik yakni untuk menyearahkan arus listrik. Dioda pada kiprok berisikan dua buah semikonduktor yang digabungkan dan masing-masing diberi materi komplemen berbeda.

Jika kiprok rusak apa yang terjadi?

Kiprok bertugas untuk menstabilkan listrik yang keluar dari spul. Jika terjadi gangguan pada kiprok maka kelistrikan pada sepeda motor juga akan terganggu, bahkan jikalau kiprok rusak maka sepeda motor tidak akan sanggup dihidupkan.

Fungsi Kiprok Motor

Lalu apa fungsi kiprok?

Seperti yang sudah diterangkan di atas bahwa kiprok berfungsi untuk menstabilkan tegangan utamanya tegangan pengisian yang dikeluarkan sepul sehingga tegangan yang keluar akan stabil 12v. Selain itu, kiprok juga berfungsi untuk menyearahkan arus listrik. Listrik yang keluar dari sepul yakni listrik arus bolak balik (AC) sedangkan kelistrikan sepeda motor memerlukan arus listrik searah (DC), di sinilah kiprok melakukan pekerjaan merubah listrik yang keluar dari sepul dari arus listrik AC menjadi arus listrik AC.

Kiprok motor memiliki kegunaan yang sungguh penting di dalam kelistrikan sepeda motor. Jika terjadi gangguan pada kiprok maka motor tidak akan sanggup dihidupkan atau jikalau sanggup dihidupkan juga tidak akan berfungsi dengan normal.

Setelah membaca goresan pena ini, apakah Anda sudah mengenali apa itu kiprok dan fungsinya? Mudah-mudahan sanggup dipahami ya, jikalau belum dipahami silakan dibaca kembali hingga memahami atau sanggup mengajukan pertanyaan di kolom komentar.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com