Mengenal Mocrosoft Office Word 2010: Penampilan Layar, Mengontrol Tampilan,Membuat Dokumen, Menyimpan Dokumen Dan Membuka Dokumen

Microsoft Office Word 2010 - Microsoft Office Word 2010 merupakan salah satu aplikasi terpopuler dalam menolong pekerjaan, khususnya pekerjaan yang bermitra dengan pembuatan teks seumpama pengerjaan surat dan lain sebagainya.

Jika diperhatikan, penampilan dari aplikasi – aplikasi di Microsoft Office Word 2010 kembali lagi ke penampilan office sebelum model 2007, yakni fungsi File yang ada di aplikasi Office 2007 berubah kembali menjadi santapan File. Tetapi isi dari fungsi – fungsi di dalamnya niscaya lebih baik dibanding model sebelumnya.

Memulai Microsoft Office Word 2010

Untuk mengawali atau melaksanakan Microsoft Word 2010, ikuti langkah berikut  ini:

  1. Klik Tombol Start yang ada pada Taskbar
  2. Pilih  Menu All Programs
  3. Cari santapan Microsoft Office 2010
  4. Lalu klik kegiatan Microsoft Office Word 2010
  5. Tunggu beberapa di saat sehingga timbul penampilan layar Microsoft Office Word 2010


Gambar Tampilan Microsoft Office Word 2010

Tampilan Layar Pada Microsoft Office Word 2010

Agar kita sanggup menggunakan Word 2010 secara optimal, semestinya kita kenal dahulu tampilan layar pada Microsoft Office Word 2010. Untuk mengenal penampilan Microsoft Office Word 2010 sanggup diamati gambar di bawah ini:


Gambar Tampilan Layar Microsoft Office Word 2010

Gambar dibawah ini merupakan penampilan Ribbon yang terdapat di dalam Microsoft Word 2010:

Gambar Ribbon Bar pada Microsoft Office Word 2010

Keterangan:

1. Baris Judul (Title Bar)
Baris judul berisi nama Jendela atau nama judul kegiatan aplikasi dan nama dokumen yang sedang dibuka.

2. Ribbon Menu (Baris Menu)
Ribbon santapan merupakan barisan perintah berupa santapan yang terletak di bawah baris judul, Word 2010 memiliki ribbon santapan yang berisikan File, Home, Insert, Page Layout, Reference, Mailings, Review dan View. 

3.  Toolbar
Toolbar dipakai untuk memutuskan dan melaksanakan sebuah perintah dengan segera dan mudah, khususnya untuk perintah – perintah yang sering digunakan. Toolbar ini berisi aneka macam icon yang mewakili perintah – perintah tertentu.

Mengatur Tampilan di Layar

Word 2010 menyediakan aneka macam bentuk penampilan yang sanggup dikelola sesuai dengan yangkita inginkan. Untuk memutuskan dokumen dijalankan dengan memutuskan ikon bentuk penampilan yang berada di sebelah kanan baris status. Atau bias juga dengan memutuskan santapan View di dalam group Document Views.


Gambar Tampilan Tombol View pada Microsoft Office Word 2010

1. Mengatur Tampilan Draft (Draft View)

Tampilan ini berorientasi pada pengetikan sebuah naskah. Untuk memutuskan penampilan ini, klik tab View, di dalam group Document View klik opsi Draft  atau klik tombol Draft yang berada di baris kanan status.

2. Tampilan Outline

Tampilan ini sering dipakai untuk menghasilkan sebuah ide secara sistematis dan menyelediki struktur dokumen. Untuk memutuskan penampilan ini, klik tab View, di dalam group Document View klik opsi Outline  atau klik tombol Outline yang berada di baris kanan status.

3. Tampilan Web (Web Layout View)

Tampilan ini sering dipakai untuk menyediakan dokumen seumpama ditampilkan dalam browser. Untuk memutuskan penampilan ini, klik tab View, di dalam group Document View klik opsi Web Layout  atau klik tombol Web Layout yang berada di baris kanan status.

4. Tampilan Print Layout (Print Layout View) 

Tampilan ini sering akan menyediakan dokumen seumpama hasil cetakan printer. Untuk memutuskan penampilan ini, klik tab View, di dalam group Document View klik opsi Print Layout  atau klik tombol Print Layout yang berada di baris kanan status.

Menyimpan Dokumen (Ctrl+S)

Untuk menyimpan dokumen, kerjakan langkah berikut ini : 

1. Klik File, kemudian klik Save kemudian arahkan ke folder yang diinginkan, jangan lupa berikan nama Dokumen. Jika memutuskan Save, maka dokumen akan tersimpan dengan format file default dari Word 2010 yaitu .docx 

2. Jika ingin menyimpan dalam format yang lain, misalnya untuk bentuk Word 97- 2003, maka klik   File, kemudian klik Save as kemudian pilih bentuk file yang diinginkan.

3. Atau sanggup eksklusif menekan tombol Ctrl+S.

Membuat Dokumen Baru

Untuk menghasilkan atau merencanakan dokumen baru, maka ikuti langkah berikut ini : 

1. Klik File, kemudian klik santapan New  atau tekan Ctrl+N.
2. Di layar akan terlihat kotak pembicaraan New Document.
3. Pada bab Blank and Recent , klik Blank Document.

Gambar Tampilan New Document 

4. Klik tombol Create

Apabila diharapkan kita sanggup memutuskan dan menggunakan template yang sudah ditawarkan di Microsoft Office Word 2010. Untuk menggunakan template, ikuti langkah berikut ini : 

1. Klik File, kemudian klik santapan New  atau tekan Ctrl+N.
2. Di layar akan terlihat kotak pembicaraan New Document.
3. Pada bab Sample Templates.
4. Pilih salah satu bentuk template yang diinginkan.

Gambar Tampilan Memilih Templates

Keluar Dari Microsoft Word 2010

Apabila sudah final mengetik dokumen, maka untuk keluar dari aplikasi ini sanggup mengikuti langkah – langkah di bawah ini : 

1. Klik File, kemudian klik santapan Close 
2. Atau klik tombol Close (X) yang ada pada pojok kanan atas dari jendela Word 2010 atau sanggup juga dengan menekan tombol Alt+F4

Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com