Peralatan Las Listrik

Peralatan Las Listrik dan Fungsinya - Peralatan las listrik yakni perlengkapan yang digunakan untuk menyambungkan dua buah logam atau lebih dengan menggunakan busur listrik. Terdapat tiga jenis mesin las listrik yakni mesin las listrik DC, mesin las listrik AC dan mesin las listrik AC-DC. Setiap mesin las listrik berisikan beberapa elemen yang digunakan secara bareng pada dikala melakukan pengelasan.

Pengetahuan tentang elemen mesin las listrik sungguh penting alasannya dengan mengenali elemen mesin las listrik maka akan lebih gampang dalam proses pembelajaran pengelasan dengan menggunakan mesin las listrik tersebut. Pada goresan pena kali ini akan diterangkan tentang elemen mesin las listrik beserta fungsinya.

Apa saja perlengkapan las listrik?

Komponen Mesin Las Listrik

1. Transformator DC/AC
2. Kabel Massa
3. Klem Massa
4. Kabel Elektroda
5. Holder Elektroda
6. Elektroda

Peralatan Tambahan:

1. Palu Las
2. Sikat Kawat

Fungsi Peralatan Las Listrik

1. Transformator DC/AC

Transformator AC/DC yakni elemen yang terdapat di dalam mesin las listrik. Transformator AC/DC berfungsi untuk memaksimalkan atau menurunkan tegangan sesuai dengan kebutuhan. Karena suplai listrik tidak senantiasa stabil bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah maka transformator digunakan untuk menstabilkan arus listrik.

2. Kabel Massa

Kabel massa yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk menyambungkan massa listrik dari mesin las ke benda kerja.

3. Klem Massa

Klem masa yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk menghubungkan kabel massa dengan benda kerja. Klem masa digunakan dengan cara dijepitkan ke benda kerja yang hendak dilas.

4. Kabel Elektroda

Kabel elektroda yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari mesin las ke holder elektroda. Kabel elektroda mesti fleksibel, besar lengan berkuasa dan bisa menahan listrik arus besar mudah-mudahan tidak bocor ke luar.

5. Holder Elektroda

Holder elektroda yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk memegang elektroda pada dikala akan digunakan untuk mengelas. Karena las listrik merubah energi listrik menjadi energi panas maka holder elektroda ini mesti yang dibikin dari material yang tahan kepada temperatur yang tinggi.

6. Elektroda

Elektroda yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi selaku pembakar dan membuat busur api. Elektroda akan melebur menjadi cair dan menyatu dengan logam induk yang disambungkan.

7. Palu Las

Palu las yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk membersihkan terak las atau slag. Penggunaan pal las ini cukup gampang yakni dengan cara dipukulkan ke terak yang hendak dibuang.

8. Sikat Kawat

Sikat kawat yakni perlengkapan las listrik yang berfungsi untuk membersihkan permukaan logam yang hendak dilas dari kotoran seumpama karat, oli dan kotoran - kotoran yang lain yang sanggup menyebabkan pengelasan menjadi tidak sempurna.

Itulah penggalan mesin las listrik dan fungsinya yang umumnya digunakan oleh tukang las listrik.


Sumber http://keluargasepuh86.blogspot.com